Sudahkah Anda Tahu Cara Setting Router TP Link? Berikut Penjelasannya!

Cara Setting Router TP Link – Jika anda baru saja membeli Router TP Link namun tidak mengerti bagaimana cara menyetingnya atau menggunakannya berikut penjelasannya.

Pada dasarnya, router itu sendiri mempunya kegunaan dalam menghubungkan dua jaringan atau lebih yang mana dapat membuat sejumlah perangkat dapat tergabung dalam suatu jaringan yang sama.

Nah dengan adanya kegunaan inilah router dapat menyediakan koneksi internet untuk perangkat apapun yang terhubung dengan router itu sendiri.

Kemudian dari begitu banyaknya jenis atau merek router wifi terbaik yang pernah ada, merek TP Link yang selalu menjadi primadona yang tentunya kualitasnya tak perlu ditanya lagi serta mendapat banyak kepercayaan dari para pengguna.

Nah jika anda baru saja membeli sebuah router dengan brand TP Link ini kemudian belum mengerti cara setting router TP Link atau cara konfigurasinya, anda dapat menyimak penjelasan dibawah ini.

Cara Setting Router TP Link Dengan Mudah

TP Link itu sendiri ialah dapat dikatakan sebuah perusahaan penyedia alat-alat jaringan wifi yang berasal dari Tiongkok yang mendistribusikan produknya ke lebih dari 170 negara yang ada di dunia.

Tentunya hal ini dapat membuat produk TP Link mudah sekali ditemukan di market. Belum lagi alat-alatnya yang diproduksi tidak sulit digunakan serta beberapa diantaranya bahkan dapat dibawa kemanapun tanpa ribet karena berbentuk portable.

Terdapat banyak kegunaan walaupun harga cenderung murah dan bersahabat. Router telah menjadi pilihan sebagai alat untuk memperkuat sinyal WiFi di berbagai tempat, baik itu di rumah, di tempat kerja atau kantor hingga restaurant / café.

Oleh sebab itu, dalam penggunaannya agar lebih maksimal dan sesuai oleh kapasitas, anda perlu mengetahui cara setting router TP Link tersebut terlebih dahulu ya!

Cara Mengeset Router TP Link (Set Up)

Cara Setting Router TP Link

Selain berguna dalam menghubungkan perangkat, kegunaan router juga dapat digunakan yakni sebagai Repeater dan Access Point yang mana hal tersebut mampu mengembalikan sinyal yang hilang pada ruangan yang sulit menangkap sinyal WiFi.

Setelah membahas cara konfigurasi atau menyeting router baru pada pembahasan sebelumnya, kemudian selanjutnya akan dibahas yakni cara mengatur router TP Link secara detail atau spesifik.

Siapkanlah router serta alat-alat perlengkapan bawaannya sebelum anda mempraktekan cara menyeting router WiFi TP Link yang akan dijelaskan pada tulisan dibawah ini.

Pertama. nyalakanlah routernya yang mana anda dapat menyambungkan kabel daya dengan mencolokkan kabel daya router ke stop kontak listrik dan colokan lainnya ke stop kontak router belakang.

Kedua, sambungkan modem dengan memakai kabel. Salah satu kabel ke port internet atau WAN. Port biasanya memiliki warna khusus yakni biru atau abu-abu.

Kemudian sambungkan kabel lainnya ke port Ethernet atau LAN dengan LAN kuning. Pastikan kabel yang Anda pasang tidak tercampur dan alat modem dikenali oleh router.

Ketiga, hubungkanlah PC anda dengan router. Sambungkanlah kedua perangkat dengan menggunakan sambungan kabel ke port LAN ke masing-masing gadget. Jangan memakai koneksi WiFi dari router saat proses instalasi supaya koneksi stabil.

Keempat, bukalah web TP-LINK. Masukanlah alamat web pada address bar yakni di http://linkwifi.net. Jika tak dapat diakses, cobal anda buka melalui alamat IP seperti http://192.168.1.1 atau http://10.0.0.1.

Kelima, login-lah menuju akun TP-LINK. Input username serta passwordnya. Nah umumnya, username serta passsword default yaitu admin, tetapi anda dapat mengecek pada buku panduan atau bawah router untuk memastikan nama pengguna dan kata sandi.

Keenam, cantumkan data dan konfigurasi router Masukkan data serta konfigurasi router berdasarkan provider internet yang anda gunakan. Pastikan juga bahwa seluruh lampu indikator telah menyala dengan seharusnya.

Ketujuh, anda bisa mengubah nama jaringannya lho. Agar dapat mengubah nama jaringan WiFi-nya atau SSID-nya, klik Wireless 2.4GHz lalu pilihlah ‘Wireless Settings’.

Kemudian, anda dapat mengubah ‘Wireless Network Name’ yang akan anda lihat saat mencari perangkat wifi-nya. Sebagai catatan pada model router yang lain anda mungkin perlu mengklik menu ‘Advanced’ kemudian klik sub-menu Wireless.

Lanjutlah ke pilihan ‘Wireless Settings’ untuk mengubah nama jaringan atau SSID-nya. Anda hanya tinggal melanjutkannya untuk mulai mengubah nama sesuai yang anda inginkan.

Kedelapan, aturlah opsi ‘Version’

Nah sebelum mengganti kata sandinya, anda perlu mengubah ‘Version’ yang terletak sebelum field kata sandi dengan memilih opsi WPA2-PSK.

Sebagai catatan kembali bahwasannya pada beberapa model router anda perlu mengetuk sebuah pilihan Security, kemudian setelahnya anda bisa mengklik ‘Version’. Nah pilihlah WPA/WPA – 2 Personal dan WPA2-PSK.

Kesembilan, ganti kata sandinya. Anda bisa menciptakan password baru serta menginputnya dengan mengetik pada kolom Wireless Password. Kemudian klik ‘Save’ untuk menyimpan kata sandi baru tersebut yang anda inginkan.

Kesepuluh, sambungkan-lah perangkat anda pada router. Setelah anda sudah memastikan bahwa routernya telah aktif dan dapat digunakan maka sambungkan-lah gadget anda ke jaringan router dengan cara menghubungkannya pada WiFi utama.

Nah nanti perangkat anda akan dapat terhubung dengan otomatis pada jaringan wifi ketika device anda baru menyala atau ketika wifinya baru dinyalakan.

Cara Setting Router TP Link Menggunakan HP Android Maupun iPhone

Cara Setting Router TP Link

Selain anda dapat menggunakannya dengan PC, anda pun juga dapat mencoba cara menyeting router TP Link via ponsel menggunakan aplikasi Tether.

Aplikasi TP-Link Tether ini pun memang pada dasarnya dikembangkan oleh TP LINK untuk memudahkan para penggunanya dalam melakukan konfigurasi router via ponsel pintar.

Saatnya anda bisa menyimak yakni bagaimana cara seting router TP link menggunakan ponsel pintar kesayangan anda yakni dengan cara-cara sebagai berikut ini.

Sambungkan-lah ponsel anda ke jaringan router anda juga. Setelah itu anda bisa membuka aplikasi TP Link Tether. Lalu klik gambar router anda yang berada pada bawah menu yakni ‘Local Devices’.

Kemudian masukan-lah password yang baru yang ingin anda gunakan. Kemudian pilih jenis koneksi internet atau Internet Connection Type yang dipakai pada menu ‘Quick Setup’.

Nah jika anda merasa ragu bahwa setting apa yang harus digunakan maka anda bisa lihat ISP-nya. Selanjutnya ubah-lah Network Name dan password jika anda menginginkannya kemudian klik Next.

Selanjutnya cek kembali apakah informasi yang anda input sudah-lah benar. Jika sudah benar anda bisa klik Save. Tunggu-lah hingga konfigurasi selesai dan klik ‘Finish’.

Mudah sekali bukan cara setting router TP Link dengan menggunakan ponsel tersebut yakni Android maupun Iphone? Anda bisa langsung mencobanya agar mendapatkan sensasi kemudahan dan tentunya juga praktis.

Kini anda tidak perlu lagi khawatir cara menyeting router TP Link karena kini anda sudah mengetahui caranya sebelum anda menggunakannya. Semoga anda merasakan kepuasan akan kuatnya pancaran wifi dengan menggunakan router ini ya.

Khusus pengguna Android, tidak lupa juga bahwa selain pancaran wifi menjadi lebih kuat dengan router tersebut, anda juga dapat memperkuat sinyal wifi dengan berbagai aplikasi yang ada di Android lho. Praktis sekali bukan?

Baca Juga : Mengalami Kejadian Ini? Cara Lapor Gangguan Indihome

5/5 - (3521 votes)

Leave a Comment