Jadi Ini Cara Agar Bisa Swipe Up Di Story Instagram

Cara Agar Bisa Swipe Up Di Story Instagram – Perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih dan pesat memberikan motivasi tersendiri bagi para developer sistem situs web dan aplikasi.

Para pegiat teknologi seperti mereka saling bahu membahu menciptakan sebuah platform yang dapat memudahkan interaksi sosial manusia yakni dengan memunculkan media sosial.

Media sosial sendiri yakni sebuah wadah sosial dalam bentuk online yang sering digunakan sebagai sarana menghubungkan manusia satu dengan yang lainnya atau yang berkenaan dengan aktifitas sosial lainnya.

Pada umumnya media sosial memiliki pemakaian dalam bentuk teknologi yang berbasis aplikasi atau situs web yang mana dapat mengubah suatu komunikasi menjadi dialog interaktif.

Berbeda dengan informasi atau komunikasi, hal ini dapat disalurkan dengan berupa teks, gambar, audio, hingga video. Nah berbicara media sosial, ada satu dari sekian banyak yang ada dan yang tentunya sangat popular akhir-akhir ini.

Media sosial tersebut ialah instagram yang mana memiliki banyak fitur yang bisa anda gunakan sesuai keinginan anda dan juga kebutuhan anda dalam bermedia sosial.

Namun dari semua fitur, ada salah satu fitur dari instagram yang menarik yakni fitur ‘Swipe Up’ yang mampu menarik pengguna untuk menggunakannya.

Nah sebelum anda mencoba fiturnya dan mengetahui lebih lanjut mengenai ‘Swipe Up’ tersebut anda perlu mengetahui cara agar bisa swipe up di story instagram terlebih dahulu.

Mengetahui Lebih Jauh Tentang Instagram

Sebelumnya telah dijelaskan secara singkat mengenai Instagram secara umumnya. Lebih lanjut, instagram ialah merupakan sebuah wadah media untuk berinteraksi sosial yang dapat membuat penggunanya berkesempatan berbagi media.

Media seperti foto, video dan lainnya yang setiap fiturnya telah ditentukan durasi yang diinginkan namun ada keistimewaan dan perbedaan pada setiap fitur-fiturnya tersebut.

Misalnya video biasa yang bisa hingga 1 menit saja, fitur story yang hanya 15 detik saja kurang lebih, kemudian IGTV yang bisa berdurasi lebih lama, serta baru-baru ini ialah Reels yang lebih seperti fitur video cuplikan sepersekian detik.

Lebih jauh, aplikasi Instagram ini dibentuk atau diluncurkan oleh Kevin Systorm dan Mike Krieger pada tahun 2010 dan terus mengalami update atau perbaikan. Kemudian beberapa waktu kebelakang instagram berhasil membuat fitur satu ini.

Fitur yang dimaksud ialah fitur instagram story yang sangat booming dikalangan masyarakat di seluruh dunia. Hingga hari ini, fitur instagram story sangat menjadi primadona di Instagram.

Nah dengan hadirnya fitur instagram story tersebut anda maupun para pengguna instagram lainnya tentu bisa memanfaatkannya sebagai sarana membagikan postingan tanpa perlu memenuhi halaman beranda anda.

Ini karena pada fitur story tersebut instagram telah menetapkan waktu penayangannya hanya 24 jam saja dan jika sudah lewat 24 jam maka story anda akan secara otomatis tersimpan dalam riwayat yang hanya bisa anda yang melihatnya.

Selain itu instagram pun membuat perkembangan pada fitur ini, dari mulai efek, penambahan musik, link website dan lain-lain hingga munculnya fitur swipe up lho. Lalu apa sih yang dimaksud dengan fitur swipe up? Berikut penjelasannya.

Cara Agar Bisa Swipe Up, Fitur Swipe Up Pada Instagram Secara Umum

Fitur Swipe Up Pada Instagram merupakan fitur yang dapat membuat para penggunanya melampirkan halaman website dan kemudian akan berguna membawa siapapun yang menggunakannya masuk ke halaman website tertentu.

Fitur ini dapat memudahkan anda dan juga para pengguna lain untuk menaikan traffic kunjungan pada situs web atau platform manapun yang anda lampirkan pada fitur swipe up.

Nah selain itu pun, fitur swipe up ini bisa juga dijadikan sebagai salah satu cara yang biasa dipakai banyak orang maupun publik figure untuk mendongkrak penjualan maupun traffic dari link tersebut yang dilampirkan pada fitur swipe up.

Pemilik Akun Yang Memiliki Fitur Swipe Up

Anda perlu mengetahui bahwasannya fitur swipe up ini hanya dapat dipergunakan oleh pemilik akun yang harus memiliki jumlah pengikut yang banyak dengan jumlah minimal pengikut yakni 10.000 orang.

Selain itu, akun Instagram ini juga harus terdaftar sebagai akun Instagram Business atau akun yang fokus dengan bisnis dari Instagram. Nah jika anda tidak memiliki kedua syarat yang disebutkan tadi maka anda belum bisa memiliki fitur ini.

Namun jangan khawatir, bagi anda yang ingin memiliki fitur swipe up ini, anda harus memenuhi kedua persyaratan tadi terlebih dahulu ya agar fitur swipe up bisa muncul pada akun anda.

Seberapa Penting Fitur Swipe Up?

Cara Agar Bisa Swipe Up

Hal ini dapat diukur penting atau tidaknya bisa dilihat dari masing-masing pengguna akun. Namun pada intinya fitur swipe up ini dapat meningkatkan followers serta menarik banyak orang untuk berkunjung ke tautan yang dilampirkan.

Lebih jauh, fitur swipe up ini juga sebagai metode ‘pemasaran’ akan konteks yang dilampirkan pada fiturnya. Fitur ini sangat membantu sekali dalam meningkatkan traffic pengunjung website yang anda lampirkan.

Berikut Cara Agar Bisa Swipe Up Di Story Instagram

  1. Persiapkan Instagram Story Milik Anda

Pada halaman beranda akun anda, anda tentunya bisa membuat instagaram story dengan cara mengklik symbol ‘+’ pada atas kanan layar anda kemudian anda akan masuk ke halaman postingan dan kemudian pilihlah opsi ‘story’ yang berada dibawah layar.

Atau lebih mudah lagi, jika anda di beranda instagram, anda hanya perlu menggesernya ke kanan, maka anda langsung berada di fitur instagram story.

Setelah itu anda bisa sebebasnya mengupload foto maupun video dengan scroll keatas untuk melihat galeri dan dokumen yang akan anda upload. Selanjutnya anda bisa memilih dan mengunggah dokumen yang anda inginkan.

  1. Menambahkan Link URL Sesuai Tujuan Anda

Jika dokumen seperti video maupun foto yang sudah anda pilih dari galeri sudah muncul, maka selanjutnya anda bisa menambahkan tautan URL pada postingan anda dengan memilih ikon ‘linked’.

Selain itu anda juga bisa memberi tambahan stiker, gambar, atau gif serta fitur lain yang anda inginkan untuk mendukung story anda menjadi lebih menarik untuk dicek.

Kemudian anda akan menuju ke halaman selanjutnya untuk menambahkan link situs webnya dengan ikon ‘+ web link’ (karena instagram sering update maka kurang lebih namanya seperti itu namun dengan fungsi yang sama).

Nah nanti anda akan diminta untuk mengisi alamat atau link URL nya yang ingin anda lampirkan. Anda bisa mengecek kembali linknya sebelum anda mengupload story. Jika sudah pilihlah ikon centang dibagian ujung kanan layar ponsel anda.

  1. Munculnya Notifikasi ‘Call to Action Swipe Up’

Setelah semuanya dilakukan selanjutnya nanti muncul notifikasi ‘call to action added’ dan pada ikon ‘linked’ akan berubah menjadi lebih tebal. Lalu apa yang dimaksud dengan call to action ini. Juga seberapa berpengaruh pada instagram story anda?

Call to Action disini ialah ajakan kepada audiens untuk melakukan aksi yang berkenaan dengan apa yang telah dilihat. Contohnya pada instagram story yang memakai fitur swipe up instagram, nantinya akan muncul ajakan seperti ‘see more’ atau ‘learn more’.

Dalam mendapatkan traffic, anda tidak dapat hanya memakai Link URL saja. Namun juga terdapat cara lain seperti memakai fitur GIF dan juga teks tambahan. Untuk menggunakan GIF pilihlah yang sesuai dengan tema swipe up anda.

Kemudian untuk penambahan teks, anda bisa menuliskan ‘Swipe Up to See More’ dan pesan menarik lainnya yang relevan dengan tema serta audiens dan juga tujuan anda membagikan link.

Jika semua telah dilakukan, maka anda sudah langsung bisa mengunggah instagram story anda. Demikianlah pembahasan mengenai cara menggunakan fitur swipe up, semoga bermanfaat dan selamat mencobanya!

Baca Juga : Beberapa Settingan APN Indosat Tercepat, Pengguna Indosat Wajib Tahu!

5/5 - (3521 votes)

Leave a Comment