Daftar Wilayah Layanan 5G XL Axiata

Daftar Wilayah Layanan 5G XL Axiata. XL Axiata adalah salah satu provider yang ikut berlomba menyediakan jaringan 5G bagi para penggunanya. Hingga saat ini, baru ada beberapa daftar wilayah layanan 5G XL Axiata yang ditetapkan. Jika kamu ingin mengakses 5G, mau tidak mau kamu harus berada di wilayah yang masuk dalam daftar tersebut.

Sebenarnya, mendatangi wilayah 5G dari suatu provider, adalah salah satu langkah yang harus dilakukan agar pengguna bisa mengakses jaringan 5G. Tanpa pergi ke sana, percuma saja. Pengguna tidak akan bisa mendapatkan berbagai keuntungan yang disediakan oleh jaringan 5G.

Keuntungan yang bisa didapatkan oleh penggunanya, sangat banyak. 5G, memberikan sekian perubahan signifikan dalam teknologi jaringan. Bisa dikatakan, jauh lebih baik dibandingkan dengan teknologi jaringan sebelumnya, yakni 4G. Bisa dikatakan, 5G merupakan lompatan jauh dalam teknologi jaringan.

Tidak seperti sebelumnya antara 2G, 3G, dan juga 4G, perbedaan yang dibawa oleh 5G lumayan mencolok. Jika kamu ingin mengetahuinya lebih lanjut, silakan simak uraian kelebihan dari 5G berikut ini. Setelah itu, kamu juga akan diberikan informasi lainnya mengenai teknologi jaringan terbaru satu ini.

Kelebihan Jaringan 5G

Daftar Wilayah Layanan 5G XL Axiata

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh jaringan 5G dibandingkan dengan teknologi jaringan lainnya. Kelebihannya yakni sebagai berikut:

  1. Latensi Lebih Rendah

Kelebihan dari jaringan 5G yang pertama adalah tingkat latensi yang lebih rendah dibandingkan dengan teknologi jaringan generasi sebelumnya. Latensi adalah jeda waktu yang dibutuhkan saat pengiriman data ke pihak penerima maupun perangkat tertentu.

Pada konsepnya, semakin tinggi tingkat latensi, pengiriman data akan semakin lambat. Sedangkan jika latensinya rendah, maka pengiriman data bisa semakin cepat. Konsep ini adalah yang digunakan dalam setiap pengembangan generasi dari teknologi jaringan.

Tujuan yang disasar memang untuk mengurangi tingginya latensi atau untuk mendapatkan tingkat latensi yang rendah. Pada jaringan 5G, latensi yang dimiliki hanya kurang dari lima milidetik. Artinya, dengan tingkat latensi tersebut, bisa dikatakan bahwa 5G memiliki pemrosesan visual yang lebih cepat dibandingkan manusia.

Dengan kecepatan visual ini, 5G bisa digunakan untuk memantau dan juga mengontrol perangkat secara realtime dari jarak jauh. Selain untuk hal ini, teknologi 5G juga sangat bermanfaat untuk berbagai sektor seperti pekerjaan, bisnis, dan juga sangat berguna untuk gamers.

Pasalnya, teknologi 5G akan memberikan kamu koneksi dengan kecepatan yang sangat tinggi serta memiliki keterlambatan minimal sempurna ketika digunakan pada aplikasi dengan konsep Augmented Reality (AR) dan juga Virtual Reality (VR).

  1. Memiliki Koneksi yang Jauh Lebih Cepat

Kelebihan utama yang dimiliki oleh teknologi jaringan 5G adalah koneksinya yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan teknologi jaringan pada generasi sebelumnya. Dapat dikatakan bahwa perbedaan kecepatan yang diberikan memang signifikan. Menurut beberapa data, 5G memiliki kecepatan 100 x lipat dibandingkan dengan 4G.

Kecepatan yang dimiliki oleh 5G adalah 10 GBps. Dengan kecepatan setinggi ini, kamu bisa mendownload file dalam ukuran yang besar hanya dalam waktu yang singkat. Kamu hanya membutuhkan sekian detik saja hingga file berhasil didownload.

Misalnya saja, ketika kamu mengunduh file video yang memiliki resolusi tinggi, dengan jaringan 4G kamu bisa menyelesaikan proses pengunduhan dalam waktu tujuh menit. Memang cukup cepat. Namun, tidak secepat ketika mengunduh melalui jaringan 5G.

Dengan menggunakan jaringan 5G, kamu bisa mendownload file video yang sama, hanya dalam waktu enam detik saja. Perbedaannya sangat mencolok, bukan? Hal ini tentu saja menjadi tanda bahwa jaringan 5G juga bisa digunakan sebagai alternatif koneksi broadband yang sangat cepat.

  1. Daftar Wilayah Layanan 5G XL Axiata, Mengendalikan Drone

Tak hanya itu saja, ada kelebihan unik lainnya yang dimiliki oleh teknologi jaringan 5G. Salah satunya adalah bisa digunakan untuk mengendalikan drone. Biasanya, pengendalian ini dimanfaatkan untuk beberapa keperluan seperti pemetaan, pertanian, dan bahkan digunakan oleh militer.

5G sangat mungkin digunakan untuk keperluan ini lantaran kecepatan jaringan yang mulus dan juga stabil. Selain itu, dengan tingkat latensi yang rendah, pengendalian drone dari jarak jauh bisa kamu lihat secara real-time. Tentu saja, hal ini sangat bermanfaat bagi yang butuh keakuratan data.

Misalnya saja, untuk militer. Sudah diketahui bersama, bahwa dalam dunia militer dibutuhkan data yang tepat ketika mengatur strategi ketika perang. Data real-time tersebut, bisa didapatkan dengan menggunakan drone. Nah, dengan stabil, mulus, dan juga latensi yang rendah, teknologi jaringan 5G bisa digunakan untuk hal ini.

Pihak penggunanya, akan mendapatkan kondisi yang sebenarnya terjadi tanpa jeda waktu. Selanjutnya, hanya tinggal membuat strategi apa yang cocok untuk digunakan. Belum cukup di situ, jaringan 5G juga memungkinkan pengguna drone mendapatkan video dengan resolusi tinggi.

  1. Mendukung Teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)

Seperti yang telah diketahui, saat ini terdapat banyak aplikasi yang menggunakan konsep AR dan juga VR. Dengan konsep ini, penggunanya bisa mendapatkan tampilan yang realistis dan dengan grafis yang sangat baik. Nah, teknologi jaringan 5G juga bisa digunakan untuk keperluan ini.

Dengan kecepatan yang tinggi dan juga latensi yang rendah, teknologi jaringan 5G bisa digunakan untuk hal ini. Kamu bisa mendapatkan video dengan kualitas terbaik dan juga realistis tanpa harus sedikitpun mengalami masalah koneksi atau lag.

Tentu saja, pengalaman kamu bermain game AR dan juga VR bisa bertambah dengan menggunakan teknologi jaringan 5G ini. Kamu harus mencobanya agar pengalaman bermainmu menjadi semakin seru.

  1. Mobil Tanpa Awak

Perkembangan teknologi tak hanya terjadi di satu segi saja. Saat ini, teknologi otomotif juga mengalami perkembangan pesat. Dibuktikan dengan banyaknya perusahaan yang berinisiatif untuk membuat mobil tanpa awak atau tanpa pengemudi.

Dalam teknologi satu ini, perusahaan otomotif membuat mobil yang tidak membutuhkan manusia untuk mengendalikannya. Nah, teknologi jaringan 5G, juga mendukung perkembangan di dunia otomotif ini.

Jaringan 5G, bisa digunakan dalam teknologi mobil tanpa awak. Jaringan ini bisa digunakan lantaran bisa bergerak dengan kemampuan dalam memproses banyak data dalam waktu yang cepat. Dengan banyaknya data yang diproses dalam waktu cepat, maka refleks yang diberikan bisa mirip atau bahkan melebihi manusia.

Kemudahan ini, bisa memungkinkan pengendara mobil berkomunikasi satu sama lain tanpa jeda waktu. Selain itu juga bisa digunakan untuk membaca sensor yang dibangun di sekitar kota.

Daftar Wilayah Layanan 5G XL Axiata

Nah, jika kamu ingin mendapatkan seluruh kelebihan yang disediakan oleh teknologi jaringan 5G, salah satu caranya adalah dengan pergi ke tempat yang memang sudah diberikan akses jaringan 5G. Khusus XL Axiata, berikut ini beberapa tempat yang sudah ditetapkan agar bisa mengakses 5G:

  • Jakarta (XL Center)
  • Bandung (Gedung Sate dan XL Center)
  • Yogyakarta (XL Center)
  • Depok (Sebagian Jalan Margonda Raya)
  • Banjarmasin
  • Medan
  • Makassar

Itulah daftar wilayah layanan 5G XL Axiata yang sudah ditetapkan secara langsung oleh pihak XL. Sebelum itu, jangan lupa untuk mengaktifkan jaringan 5G serta menggunakan perangkat yang sudah mendukung teknologi 5G ya. Semoga membantu.

Baca Juga : Kelebihan Paket Akrab XL

5/5 - (3987 votes)

Leave a Comment