Cara Memperbaiki Laptop Hang

Cara Memperbaiki Laptop Hang – Ada beberapa kendala saat membeli laptop. Misalnya ada aplikasi yang tidak compatible, ada yang hardware crash, bahkan harus dibawa ke pabrikan untuk ditukar karena beberapa barang yang kita beli hilang saat quality control.

Saya akan memberikan solusi saja yang bisa bermanfaat jika masalahnya sama dengan Anda. Yaitu laptop yang suka membeku, hang, saat kita mengoperasikannya. Berikut ulasan dibawah ini cara Memperbaiki Laptop Hang.

Cara Memperbaiki Laptop Hang

Cara Memperbaiki Laptop Hang terbaru 2021

Sudah setahun saya tidak menggunakan laptop Asus ini di varian Tuf Gaming. Namun selama beberapa minggu pertama saya mencobanya, ada beberapa masalah yaitu laptop sering hang tanpa sebab Ini terjadi secara tiba-tiba.

Dan jika saya membawanya kembali ke outlet tempat laptop ini berasal, saya tidak dapat memberikan alasan yang jelas mengapa laptop ini membeku dan hang. Karena itu terjadi begitu saja. Hingga beberapa bulan ke depan, laptop ini semakin sering hang.

Baru beberapa menit pakai sudah freeze, saya matikan paksa lewat tombol power (bukan cara yang bagus) dan masih seperti itu berkali-kali. Pada awalnya saya memutuskan untuk menginstal ulang laptop ini. Namun, saya takut kehilangan lisensi Windows 10 saya.

Karena Windows 10 original langsung dari pabrikan Asus yang memproduksinya. Jadi saya reset semua aplikasi bawaan dari windows 10 termasuk, ms office, obs, dan semua aplikasi yang instalasinya ada di folder c kemudian saya menggunakannya lagi. Itu baik-baik saja pada awalnya. Kemudian, pembekuan terjadi lagi Saya bingung. Akhirnya saya memperbarui Windows Dan BIOS-nya. Dan masih hal yang sama terjadi

Tips Agar Laptop Anda Bisa Bekerja Optimal

Sampai akhirnya saya berpikir untuk menguninstall Chrome. Karena jika saya perhatikan dengan seksama, pembekuan ini terjadi ketika saya menjalankan localhost dan memutar video di Youtube melalui Google Chrome (menonton video tutorial).

Ini adalah alasan mengapa laptop saya sering crash. Kemudian saya uninstall Chrome dan install aplikasi alternatif lain yaitu Mozilla Firefox. Alhamdulillah sampai blog post ini dibuat. Laptop saya berjalan dengan lancar

Saya akan memberikan tutorial atau langkah lengkap untuk mengatasi laptop hang atau freeze terutama yang terjadi pada laptop asus tuf gaming. Karena saya amati banyak orang mengalami masalah yang sama ketika saya membaca forum diskusi, di Facebook, Kaskus, dan di forum komunitas Asus itu sendiri.

Namun ada baiknya untuk memeriksa semua aktivitas kritis (atau aktivitas laptop yang dapat merusak) dengan mencari fitur Lihat riwayat keandalan di panel Mulai pencarian. Ada banyak X X. Karena sebelum saya berhasil mengatasi ini, saya selalu memaksa mematikan dan itu tidak baik untuk laptop saya

Saran saya hanya ikuti salah satu langkah di bawah ini. Jika salah satu langkah di bawah ini dapat menyelesaikan kendala, maka tidak perlu mengikuti langkah lainnya. Tapi jika anda sudah mencoba salah satu langkah di bawah ini dan tidak bekerja dengan baik, maka coba ikuti semua langkah di bawah secara berurut

1. Setel Ulang Semua Aplikasi

Cara Memperbaiki Laptop Hang

Saya sarankan Anda memilih Simpan file saya. Opsi ini akan menginstal ulang laptop Anda sepenuhnya dan hanya menyisakan file pribadi Anda. Padahal file kamu di partisi C. Saya pilih Keep my files, karena masih ada beberapa file penting (walaupun file htdocs saya diformat sobs sobs). Berikut Script Untuk Upload File Ke Cloudinary

2. Perbarui Semua Windows 10 Dan BIOS

Terkadang ada beberapa fitur di windows 10 yang kurang sehingga kita harus mengupdatenya agar semua aplikasi di laptop kita bisa berjalan dengan maksimal. Kemudian kita harus mengupdate OS dan BIOS, Cara install BIOS sangat mudah.

Pertama kali laptop boot, tekan F1. Kemudian akan ada tanda atau peringatan bahwa BIOS harus diupdate. Jika tidak ada peringatan seperti itu, maka BIOS tidak memiliki pembaruan apa pun. Saya tidak menampilkan tangkapan layar atau gambar karena saya tidak tahu cara mengambil tangkapan layar di BIOS.

3. Copot Google Chrome juga Cara Memperbaiki Laptop Hang

Google Chrome terkenal memakan banyak RAM. Kemudian gunakan aplikasi lain seperti Mozilla, Microsoft Edge, atau Bing.

Cara-Cara Memperbaiki Laptop Hang Lainnya

Seringkali admin mendapatkan pertanyaan dari pelanggan tentang penyebab komputer atau laptop mereka lambat. Kemungkinan penyebab komputer lambat bisa bermacam-macam. Mulai dari hardware yang bermasalah atau hanya software yang bermasalah. Dibutuhkan beberapa analisa untuk mengetahui penyebab komputer atau laptop lemot dan cara mengatasi laptop atau komputer lemot.

Jika awalnya normal tetapi lama kelamaan komputer menjadi lambat, tentu ada yang salah. Tapi kalau dari awal (baru beli) sudah lemot, berarti spesifikasi hardware computer atau laptop anda Anda kurang mumpuni untuk menjalankan sistem operasi atau program aplikasi yang Anda gunakan.

Misalnya spesifikasi perangkat keras kamu berbasis intel atom, tentunya jika digunakan untuk mengedit video, game berat atau keperluan grafis akan terasa lambat dan kadang-kadang hang. Karena spesifikasi tersebut memang tidak digunakan untuk kebutuhan kinerja berat, seperti mengedit video, game, atau grafis.

1. Cek Spesifikasi Komputer Kamu

Cek spesifikasi komputer Anda, apakah mumpuni untuk menjalankan program aplikasi yang Anda gunakan. Ini bisa diketahui dengan melihat pada situs resmi program aplikasi tersebut, atau cari di google dengan kata kunci (Nama Perangkat Lunak) Persyaratan Sistem Minimum” atau sesuai dengan kreasi kamu. Dari hasil pencarian nanti akan menampilkan beberapa informasi baik dari situs aplikasi resmi atau pihak ketiga tentang Hardware minimum yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi yang kamu gunakan.

2. Ukuran RAM Terlalu Kecil

RAM (Random Access Memory) merupakan perangkat keras pada komputer yang berfungsi penyimpanan sementara saat aplikasi berjalan. Biasanya komputer atau laptop memiliki lebih dari 1 slot RAM, jadi kamu bisa menambah RAM jika dirasa masih kurang.

RAM dengan merk yang sama kadang memiliki chipset yang berbeda. Karena RAM itu cocok-cocokan, belum tentu RAM baru yang kita beli tidak bisa digunakan karena rusak, tetapi karena memang motherboard dari komputer/laptop kita tidak mendukung RAM tersebut.

3. Windows Error atau terkena Virus

Windows yang merupakan sistem operasi yang paling populer digunakan di Indonesia kadang juga mengalami error, sehingga kinerja komputer atau laptop menjadi lambat. Beberapa sistem file yang dibutuhkan oleh sistem operasi windows kadang mengalami kerusakan atau bahkan terhapus, baik karena virus atau sering mati listrik dan sebagainya.

Untuk Berkas memeriksa Sistem atau untuk memperbaiki file sistem yang hilang atau rusak kita bisa menggunakan fasilitas yang disediakan oleh windows. Jika memang terlalu banyak error, ada baiknya melakukan install ulang windows agar lebih segar dan kinerja menjadi maksimal kembali. Pada dasarnya virus merupakan sebuah perangkat lunak atau aplikasi. Dan terkadang memang dibuat untuk menggangu kinerja sistem operasi.

Demikian penjelasan tentang cara Memperbaiki Laptop Hang semoga bermanfaat, terimakasih.

Baca Juga : Cara Mengetahui Siapa Saja yang Menggunakan Wifi Kita

5/5 - (389 votes)

Leave a Comment