Otomotif

4 Tahun Absen, GIICOMVEC 2024 Jadi Solusi Bisnis Satu Atap

Gragehotels.co.id – GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo atau GIICOMVEC 2024 akan segera pentas pada Ibukota Convention Centre (JCC) pada 7-10 Maret 2024. Bila disebut sebagai pameran otomotif, ya benar. Akan tetapi, formatnya bukanlah menyuguhkan passenger car seperti GIIAS (GAIKINDO Indonesia International Auto Show), melainkan kendaraan komersial.

“Konsepnya adalah business to business atau B2B. Jadi kami tidak menyelenggarakan untuk pengunjung, akan tetapi mengundang potential buyers. Mulai sasis, karoseri, sampai perusahaan pembuat aksesoris ada. Inilah pameran one stop business solution,” papar Rizwan Alamsjah, Ketua III GAIKINDO sekaligus Ketua Penyelenggara pameran GAIKINDO, pada press conference GIICOMVEC 2024 di tempat JW Luwansa Hotel, Kuningan, DKI Jakarta Pusat, Rabu (7/2/2024).

Dengan model pameran one stop business solution atau solusi industri satu atap inilah, GIICOMVEC akan menjadi solusi lengkap bagi semua keperluan kendaraan komersial. Mengingat keinginan para pelaku usaha berbeda-beda sehingga memerlukan kustomisasi untuk menyesuaikan ranah sektor yang digunakan digelutinya, GIICOMVEC siap mempermudah para trade visitor mencari semua kebutuhannya di satu waktu.

Yaitu lewat pameran ini, yang digunakan menyediakan kendaraan komersial dari para trade visitor. Mulai teknologi terbaru, sasis, karoseri, sektor pendukung, hingga perusahaan pembiayaan.

Sedangkan Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau GAIKINDO menyatakan bahwa pameran GIICOMVEC dijalankan pertama pada 2018, kemudian 2020, mengikuti format pameran dua tahunan.

“Akan tetapi negara kita diadang pandemi Wabah kemudian acara ini baru bisa jadi diselenggarakan bila kondisi kegiatan ekonomi telah benar-benar pulih,” ungkap Yohannes Nangoi.

Press conference GIICOMVEC 2024 pada Rabu (7/2/2024) dalam Hotel JW Luwansa, Kuningan Ibukota Indonesia [Suara.com/CNR ukirsari]
Press conference GIICOMVEC 2024 pada Rabu (7/2/2024) di dalam Hotel JW Luwansa, Kuningan Ibukota Indonesia [Suara.com/CNR ukirsari]

Setelah melintasi 2022 atau empat tahun kemudian dari penyelenggaraan GIICOMVEC 2020, pertumbuhan dunia usaha nasional terus mengalami kenaikan positif dan juga iklim pembangunan ekonomi yang mana semakin kondusif. Situasi positif ini menjadikan Indonesia sebagai pangsa yang sangat potensial bagi lapangan usaha kendaraan komersial yang mana terus meningkat memenuhi permintaan bursa nasional.

Kondisi tadi harus dimanfaatkan para pelaku industri, juga salah satu faktor vital pada mendirikan kegiatan bisnis adalah alat lalu sarana transportasi yang mana efektif. Sehingga 2024 dirasa GAIKINDO sebagai peluang tepat untuk menyelenggarakan kembali pameran kendaraan komersial.

“Saat ini ruas jalan tol yang digunakan beroperasi dalam seluruh Indonesia hampir mencapai 3.000 kilometer, sebuah sarana luar biasa yang dimaksud diperuntukkan hanya sekali untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih, untuk itu kami sangat mengapresiasi eksekutif RI. Infrastruktur jalan ini membuka konektivitas antardaerah juga oleh dikarenakan itu kegiatan perniagaan makin terbuka luas mulai dari sektor barang konsumsi, produk-produk komoditas, logistik, pariwisata, pertambangan serta lainnya. Dengan kendaraan komersial yang digunakan tepat serta didukung teknologi terkini, kegiatan industri akan berjalan tambahan efektif dan juga tentunya menguntungkan,” jelas Yohannes Nangoi.

Dengan dukungan penuh dari Kementerian Industri Republik Indonesia lalu Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, maka GIICOMVEC 2024 siap digelar.

Selain infrastruktur jalan yang digunakan terus ditingkatkan, pemerintahan RI juga mendirikan juga melengkapi berbagai infrastruktur sarana lalu prasarana transportasi massal yang mana juga membutuhkan komoditas juga teknologi terbaru dari kendaraan komersial.

“Karena itu GIICOMVEC 2024 akan menghadirkan item serta teknologi terkini yang dibutuhkan untuk dapat menggalang keperluan pemerintah kemudian permintaan kegiatan para pelaku bidang usaha industri dalam sektor swasta, mulai dari light commercial vehicle, heavy commercial vehicle hingga karoseri,” tukasnya.

Selain memenuhi permintaan lingkungan ekonomi niaga atau komersial nasional, kompetisi GIICOMVEC menjadi turnamen yang dimaksud mampu memberikan informasi positif untuk bursa internasional, serta menjadi dorongan kegiatan ekspor bidang kendaraan bermotor Indonesia yang sedang terus diupayakan pertumbuhannya.

Pameran kendaraan komersial ini dilakukan di area Hall A lalu Hall B, Ibukota Indonesia Convention Center (JCC) dengan total area lebih tinggi dari 14.000 meter persegi. Dimeriahkan sederet brand di tempat Indonesia dari bidang kendaraan komersial serta lapangan usaha pendukungnya, termasuk brand Daihatsu, Foton, Hino, Isuzu, Mercedes-Benz Truck & Bus, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Scania, Suzuki, Toyota, UD Trucks, VKTR, kemudian Wuling. Ditambah bidang karoseri Indonesia lalu sektor pendukung lainnya.

Juga akan hadir lebih lanjut dari 10 ribu trade visitors kemudian mempertemukannya dengan merek-merek terkemuka kendaraan komersial untuk membuka prospek baru bagi sektor kendaraan komersial di area Indonesia.

Trade visitors GIICOMVEC ditargetkan akan datang dari sektor transportasi, logistik, proses pembuatan juga infrastruktur, ritel, operator tur juga perjalanan, pertambangan, minyak, gas, kemudian energi, konstruksi, jasa keuangan serta asuransi, barang konsumsi, restoran, kafe, lalu layanan catering, bidang usaha kecil serta menengah (UKM), lembaga kesehatan, badan pemerintah atau perusahaan swasta, lapangan usaha pertanian, kehutanan, lalu peternakan, juga militer.

Mereka bisa saja menikmati berbagai penawaran khusus yang mana sangat menarik dari para sponsor, yakni Astra Financial sebagai Official Financial Partner dengan dengan Astra Credit Companies, Toyota Astra Financial Services, Asuransi Astra, Surya Artha Nusantara Finance, Bank Jasa Jakarta.

GIICOMVEC 2024 juga bekerja identik dengan asosiasi-asosiasi yang dimaksud berkaitan erat dengan bidang kendaraan komersial, termasuk APTRINDO, IPOMI, ASKARINDO kemudian ALI. Sedangkan Pertamina Lubricants menjadi sponsor.

Related Articles

Back to top button