Teknologi

Waspadai Phising Manfaatkan Momen Oscar

Gragehotels.co.id – Perhelatan Oscar secara signifikan meningkatkan minat rakyat terhadap film-film yang digunakan dinominasikan, sebuah fenomena yang bukan luput dari perhatian para penjahat siber.

Memanfaatkan rasa ingin tahu yang digunakan meningkat ini, penipu menciptakan situs web phishing yang dimaksud menjanjikan akses gratis ke film-film populer tersebut.

Audiens yang dimaksud bukan menaruh curiga, juga ingin menonton karya-karya terkenal, mungkin saja menghadapi situs meragukan pada mana risiko kehilangan data pribadi tampak besar.

Kaspersky menjabarkan bentuk-bentuk penipuan yang dimaksud memanfaatkan nominasi populer tersebut, sebagaimana menyampaikan dari keterangan resminya, Awal Minggu (11/3/2024).

1. Website web streaming palsu

Para penipu menyebabkan situs web streaming palsu yang mana menjanjikan akses ke film-film nominasi Oscar.

Ilustrasi email phising. [Freepik]
Ilustrasi email phising. [Freepik]

Untuk mendapatkan akses yang digunakan dianggap “gratis”, pengguna ditipu untuk mendaftar berlangganan dengan memberikan informasi kartu kredit mereka.

Sayangnya, pasca memasukkan detail pribadi, pengguna tak menerima akses ke film tersebut, lalu sebaliknya, informasi pribadi mereka jatuh ke tangan penipu.

Praktik penipuan ini menyebabkan proses tidaklah sah juga kerugian finansial bagi para korbannya.

2. Pengunduhan film palsu

Beberapa situs web yang mana menawarkan download film populer juga dapat menjadi jebakan phishing.

Situs-situs ini kemungkinan besar menawarkan beberapa opsi pengunduhan untuk sebuah film, namun mengeklik tautannya bukan memulai pengunduhan.

Sebaliknya, pengguna dialihkan ke halaman lain yang tersebut penuh dengan penipuan, seperti pemberian uang palsu atau pengundian hadiah.

Terlibat dengan halaman-halaman ini dapat menyebabkan hilangnya data pribadi kemudian aset keuangan.

Related Articles

Back to top button