Bisnis

Untuk Permudah Pengelolaan Rumah Sakit, Telkom Hadirkan Solusi Digital SATUNADI

Gragehotels.co.id – Untuk memenuhi keinginan pengelolaan data kemudian informasi yang tersebut terintegrasi secara end to end, umbrella brand Leap dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk menghadirkan solusi digitalisasi rumah sakit bernama SATUNADI. SATUNADI dapat menjadi mitra strategis rumah sakit untuk meningkatkan efektivitas layanan, efisiensi biaya serta menghadirkan transparansi pada sektor kesehatan.

SATUNADI sebagai sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) menegaskan bahwa data di area rumah sakit dapat dikelola dengan efektif, efisien, akurat lalu dapat menjaga dari kebocoran data pasien.

“Melalui media SATUNADI, Telkom mengambil peran di mendigitalkan sektor kemampuan fisik agar kualitas hidup publik meningkat. Transformasi digital dengan SATUNADI membantu manajemen pada rumah sakit semakin baik dan juga pelayanan yang dimaksud diberikan untuk penduduk lebih besar maksimal,” ungkap EVP Digital Business Telkom, Komang Budi Aryasa.

Dengan SATUNADI, seluruh data rekam medis pasien sudah ada terintegrasi serta dapat dilihat pada satu platform. Tak belaka itu, pasien yang tersebut ingin berobat ke rumah sakit juga mampu melakukan pendaftaran daring secara mandiri.

Pendaftaran daring ini pun dapat mengurangi penumpukan dan juga antrean pasien di area rumah sakit. Manajemen rumah sakit juga dapat memantau jumlah agregat pasien yang mana datang per hari, mengetahui ketersediaan ruang rawat, ketersediaan obat, kemudian berbagai data lain yang digunakan dapat dilihat secara real time.

“Hadirnya SATUNADI sebagai solusi digital dari Telkom turut membantu Peraturan Menteri Kesejahteraan (PMK) No 24 Tahun 2022 yang dimaksud mengharuskan seluruh sarana kemampuan fisik mempunyai Rekam Medis Elektronik (RME) dan juga terintegrasi dengan SATUSEHAT dari Kemenkes,” tambah Komang.

SATUNADI juga terhubung dengan acara kemampuan fisik pemerintah, yaitu BPJS Kesehatan. Integrasi ini dapat meningkatkan cash flow rumah sakit,  sebab dapat membantu kelengkapan data administrasi yang mana berujung pada percepatan proses penagihan terhadap pihak BPJS Kesehatan.

Data yang tersebut disampaikan oleh rumah sakit terhadap BPJS Kesejahteraan juga mudah diakses dalam wadah SATUNADI.

Head of Digital Vertical Ecosystem Health Telkom, Dinoor Susatijo mengatakan, SATUNADI dikembangkan dengan menggunakan konsep Enterprise Resource Planning (ERP). Gagasan ERP memungkinkan pengelolaan seluruh operasional rumah sakit yang digunakan terintegrasi secara end to-end, dari mulai layanan hingga backroom.

Platform SATUNADI menggunakan basis Cloud SaaS (Software as a Service) yang miliki kemampuan pada memproses kemudian mengintegrasikan seluruh alur usaha layanan kesehatan. Pemrosesan data yang tersebut memanfaatkan Cloud SaaS dituangkan di bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan juga prosedur administrasi terintegrasi untuk memperoleh informasi secara cepat, tepat dan juga akurat.

“The World in Your Hand pada sektor kemampuan fisik benar-benar terjadi pada jaringan SATUNADI. Pihak rumah sakit sanggup lebih lanjut presisi pada memberikan pelayanannya. Bisnis rumah sakit juga semakin lancar, mudah, juga cepat sehingga memberikan benefit melalui peningkatan cash flow bagi rumah sakit,” tutup Dinoor.

Informasi tambahan lanjut mengenai SATUNADI kemudian item Leap Telkom Digital lainnya, dapat diakses melalui tautan berikut https://leap.digitalbisa.id/#products.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button