Otomotif

Toyota Masih Menjadi Produsen Mobil Terlaris pada Tengah Terpaan Skandal Manipulasi

Gragehotels.co.id – Toyota Motor berhasil mempertahankan tempat sebagai produsen mobil terlaris pada dunia dengan total pemasaran 11,2 jt unit sepanjang tahun 2023.

Toyota melaporkan lonjakan jualan grup global sebesar 7,2% pada tahun lalu, termasuk unit truk Hino Motors dan juga Daihatsu, dibantu oleh rekor pemasaran pada luar Negeri Sakura sebesar 8,9 jt kendaraan.

Hal ini tentu menjadi sedikit angin segar bagi Toyota pada berada dalam sebagian persoalan hukum yang mana menerpa nama besar perusahaan di beberapa bulan terakhir.

Khusus Toyota dan juga Lexus, mencapai rekor 10,3 jt kendaraan pada tahun 2023.

Melansir The Economic Times, Selasa (30/1/2024), pemasaran kendaraan hybrid Toyota mencapai sepertiga dari total penjualan. Sedangkan mobil listrik menyumbang kurang dari 1 persen dari total penjualan.

Di berada dalam pencapaian positif Toyota sepanjang tahun lalu, perusahaan berkali-kali diterpa kabar tak sedap sejak akhir tahun lalu.

Seperti diketahui, Daihatsu yang digunakan merupakan anak perusahaan dari Toyota terbukti melakukan penyimpangan prosedur pengujian pada akhir tahun lalu.

Alhasil Daihatsu dan juga Toyota harus menyetop pengiriman mobilnya di dalam Negeri Sakura serta di tempat berbagai negara.

Daihatsu mengumumkan terkait adanya penyimpangan prosedur untuk proses sertifikasi uji tabrak pada model Daihatsu Rocky Hybrid lalu Toyota Raize hybrid.

Terbaru, Toyota Industries Corporation (TICO) yang dimaksud bertugas mengembangkan mesin diesel Toyota melaporkan untuk Toyota Motor Corporation (TMC), bahwa mereka menerima laporan dari komite investigasi khusus yang tersebut menemukan kejanggalan pada hasil uji sertifikasi.

Penyelidikan menemukan bahwa kejanggalan terjadi selama proses pengujian horse power beberapa orang model produksi Toyota yang mana menggunakan mesin diesel.

Selama pengujian sertifikasi, kinerja output dari horse power mesin diukur menggunakan ECU dengan perangkat lunak yang dimaksud berbeda dari yang tersebut digunakan untuk produksi massal.

Dengan demikian hasil yang mana dikeluarkan lebih tinggi baik dari yang seharusnya. Tercatat ada sepuluhan model kendaraan menggunakan mesin yang dimaksud terkena dampak secara global, termasuk enam pada Jepang.

Kesepuluh model yang disebutkan adalah Land Cruiser Prado, Hiace, Hilux, serta Fortuner yang digunakan menggunakan kode mesin 1GD. Selain itu ada juga model Hilux juga Innova yang digunakan menggunakan kode mesin 2GD.

Sedangkan dua model lainnya adalah Land Cruiser 300 lalu Lexus LX500 yang menggunakan kode mesin F33A.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button