Nasional

Tom Lembong Sebut otoritas Jokowi Penakut di area Kancah Internasional

Gragehotels.co.id – Tom Lembong alias Thomas Lembong, Co-Captain Timnas Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar, kembali melempar kritik pedas terhadap pemerintahan Presiden Jokowi.

Termutakhir, Selasa (30/1/2024), Tom mengatakan pemerintah era Jokowi penakut di area kancah internasional.

“Pemerintah suka takut berposisi pada kancah internasional. Sebab, setiap saat lebih banyak dulu berpikiran akan berdampak pada investasi, eskpor, juga lainnya,” kata Thom Lembong di tempat Grand Hyatt.

Selain itu, terus Tom, pemerintah juga kerap berpikir takut diboikot oleh komunitas internasional atau beragam penanaman modal dibatalkan sepihak gara-gara mengambil tempat tertentu di isu-isu global.

Menurut Tom, sikap penakut yang dimaksud justru berimbas negatif. Eksesnya khususnya Indonesia dipandang sebelah mata oleh negara-negara lain.

“Sikap seperti itu menyebabkan negara lain bukan respect. Ya dikarenakan kita tidaklah konsisten. Baru terancam sedikit dalam investasi, perdagangan, segera mundur.”

Bahkan Tom mengumumkan pemerintah Jokowi plin-plan alias tak punya prinsip di tempat pergaulan internasional, “Bahasa Inggrisnya wishy washy, tak jelas, plin plan.”

Tom mengatakan, pemerintah seharusnya bersikap tegas pada setiap isu global sehingga sanggup mendapatkan penghormatan dari negara-negara lain.

Dengan begitu, kata dia, Indonesia juga akan mendapat sejumlah pemodal dari luar negeri.

“Walau pendapatnya berseberangan, kita seharusnya punya sikap, justru seperti itu sangat dihormati. Kita akan dapat kepercayaan di rantai pasok global (global spully chain).”

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button