Otomotif

Tips Pilih Ban Mobil untuk Dipakai Mudik ke Kampung Halaman

Gragehotels.co.id – JAKARTA – Momen mudik tinggal menghitung hari. Bagi kalian yang mana ingin mudik menggunakan pribadi terdiri dari mobil, ada hal penting yang digunakan perlu diperhatikan, salah satunya adalah memilih jenis ban, mengingat ban sendiri miliki fungsi yang digunakan krusial.

Memilih ban mobil yang tersebut tepat sebelum mudik perlu dijalankan untuk kelancaran perjalanan. Salah memilih ban dapat mempengaruhi kenyamanan di berkendara. Bahkan lebih tinggi parahnya lagi, bisa-bisa mengakibatkan kecelakaan yang digunakan dapat berujung fatal.

Sebut cuma jikalau mudik menggunakan ban full off-road padahal jalan yang tersebut dilalui adalah jalan beraspal halus. Maka mobil akan sulit seimbang kemudian daya cengkramnya rendah. Untuk itu perlu memilih jenis ban yang tersebut tepat agar perjalanan mudik aman.

Nah berikut adalah tips memilih ban mobil yang tersebut tepat agar aman untuk mudik, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber pada Mulai Pekan (31/3/2024).

Kenali jenis ban

Ban milik banyak jenis. Misalnya ban tubeless yang dimaksud memiliki cairan anti-bocor pada waktu pertama kali dipasang. Kelebihannya adalah lebih lanjut tahan udara kemudian bukan mudah kempes bahkan tanpa menggunakan ban dalam.

Kemudian ada ban bias terbuat dari lembaran cord yang mana ditenun dengan pola zig-zag membentuk sudut 40 sampai 65 derajat terhadap keliling ban. Ada juga ban All Terrain dirancang khusus untuk melaju dalam medan dengan kerikil, tanah, atau bahkan air. Ban ini cocok untuk mobil jenis offroad.

Jenis ban lainnya adalah ban radial terbuat dari lapisan serat yang menyilang pada sepanjang lingkar ban. Jenis ini cocok digunakan pada kendaraan penumpang maupun truk bermuatan ringan.

Selanjutnya ada ban RFT (Run Flat Tyre) tetap memperlihatkan dapat digunakan dengan aman pada kecepatan tertentu meskipun di kondisi kempes. Jenis ini diklaim dapat melaju dengan tekanan 0 hingga 80 km dan juga kecepatan maksimal 80 km/jam.

Dari banyaknya jenis ban, pastikan ban cocok dengan mobil yang digunakan serta pas dengan rute yang akan dilalui.

Related Articles

Back to top button