Otomotif

Tips Mengemudi di dalam Tanjakan untuk Mobil Manual kemudian Matic: Jangan Panik!

Gragehotels.co.id – Mengemudi di area jalur menanjak seringkali menjadi tantangan tersendiri, khususnya bagi para pengemudi mobil manual yang digunakan masih pemula.

Namun, dengan beberapa tips kemudian strategi yang digunakan tepat, Anda dapat melalui tanjakan tanpa perlu panik.

Berikut adalah panduan lengkapnya, dikutipkan dari situs resmi Daihatsu:

Ilustrasi persneling mundur. (Pexels/Yan Krukov)
Ilustrasi persneling mundur. (Pexels/Yan Krukov)

Tips Mengemudi pada Jalur Menanjak untuk Mobil Manual

1. Perhitungkan Kemiringan Tanjakan

Sebelum memulai tanjakan, perhatikan kemiringan jalanan. Gigi perseneling yang mana tepat akan sangat mempengaruhi kemampuan mobil menyeberangi tanjakan.

Pada tanjakan curam, gunakan gigi perseneling rendah seperti 1 atau 2. Untuk tanjakan yang dimaksud lebih tinggi landai, gigi 2 atau 3 kemungkinan besar lebih banyak sesuai.

2. Hindari Kopling Menggantung

Jangan biarkan kopling menggantung atau setengah terinjak ketika berjalan di dalam tanjakan. Ini adalah dapat menyebabkan kopling cepat panas serta bahkan rusak.

Andalkan kopling 1 lalu 2 pada waktu menyeberangi tanjakan. Gunakan kopling sesuai dengan keperluan kemudian hindari memaksakan aliran kopling setengah.

3. Pakailah Rem Tangan dengan Bijak

Rem tangan dapat menjadi sekutu Anda ketika berhenti di dalam tengah-tengah tanjakan. Tarik rem tangan agar mobil tetap memperlihatkan berada di area sikap ketika berhenti.

Saat akan melanjutkan perjalanan, lepaskan rem tangan secara perlahan kemudian pastikan mobil mulai bergerak secara smooth.

4. Ketahui Waktu yang digunakan Tepat untuk Memakai Rem Kaki

Rem kaki dapat digunakan pada tanjakan yang mana tidaklah terlalu curam. Saat berhenti, tekan pedal rem dan juga pastikan persneling berada di sikap netral.

Lepaskan rem secara perlahan ketika ingin melanjutkan perjalanan. Pastikan gigi perseneling sudah ada sesuai dengan kecepatan perjalanan.

5. Berlatih dan juga Berlatih

Praktik memproduksi sempurna. Lakukan latihan mengemudi di tempat jalur menanjak sesering mungkin. Semakin kerap berlatih, Anda akan semakin terbiasa dengan teknik mengemudi di area tanjakan.

Ilustrasi tuas transmisi mobil matic. (Pexels/Garvin St. Villier)
Ilustrasi tuas transmisi mobil matic. (Pexels/Garvin St. Villier)

Tips Mengemudi di area Jalur Menanjak untuk Mobil Matic

1. Pindahkan Kedudukan Transmisi dengan Bijak

Jika mobil matic, hindari menggunakan sikap transmisi D pada waktu menanjak. Pindahkan ke transmisi L atau D1 untuk tanjakan curam lalu D2 untuk tanjakan yang dimaksud tambahan landai.

Pergunakan kick-down dengan bijak untuk mendapatkan tenaga optimal ketika memulai perjalanan menanjak.

2. Injak Gas pada Waktu yang Tepat

Pada mobil matic, kendalikan penyelenggaraan pedal gas dengan bijak. Injak gas dengan tepat pada waktu jalanan mulai menanjak dan juga sesuaikan dengan kecepatan perjalanan.

Kick-down dapat digunakan untuk mendapatkan tenaga maksimal pada waktu diperlukan.

3. Hindari Injak Rem pada waktu Pindah Tuas

Jangan gunakan rem pada waktu ingin memindahkan tuas transmisi. Lepaskan pedal gas juga pastikan mobil pada keadaan netral sebelum memindahkan tuas.

Perpindahan transmisi sebaiknya dijalankan secara bertahap juga perlahan untuk menghindari tekanan yang dimaksud tiba-tiba.

4. Berlatih serta Terus Berlatih

Sama seperti mobil manual, latihan adalah kunci keberhasilan. Berlatihlah mengemudi di area jalur menanjak dengan mobil matic, khususnya untuk memahami respons pedal gas.

Mengemudi dalam jalur menanjak bisa jadi menjadi pengalaman yang mana menegangkan, tetapi dengan menguasai teknik-teknik ini, Anda dapat menyeberangi tanjakan dengan lebih lanjut percaya diri.

Ingatlah untuk tidaklah panik, lakukan perhitungan dengan cermat, serta setiap saat prioritaskan keselamatan pada setiap perjalanan. Selamat mengemudi!

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button