Nasional

Tersangka TPPU, Penyanyi Windy Dicegah Bepergian ke Luar Negeri

Gragehotels.co.id – JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pencegahan ke luar negeri terhadap Penyanyi Windy Yunita Bestari Usman terkait perkara dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan terdakwa Sekretaris MA nonaktif Hasbi Hasan .

“Maka KPK telah dilakukan ajukan cegah untuk tak bepergian pergi dari negeri pada Dirjen Imigrasi Kemenkumham RI terhadap 1 orang pihak swasta yang mana diduga mempunyai kaitan erat dengan perkara ini,” ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, Rabu (27/3/2024).

Ali menjelaskan pencegahan dilaksanakan agar Windy bersikap kooperatif di penyidikan yang digunakan sedang dijalankan KPK. “Diperlukannya sikap kooperatif dari pihak yang dimaksud dicegah untuk dapat mengikuti proses penyidikan perkara dugaan TPPU dengan terdakwa HH (Sekma RI) dkk,” jelasnya.

Lebih jauh, ia menuturkan pencegah diadakan selama enam bulan pertama. Jika diperlukan untuk diadakan pencegahan, akan dilalukan perpanjangan penangkapan oleh regu penyidik.

“Ini terhitung sejak 21 Maret 2024 hingga 6 bulan ke depan dan juga dapat diperpanjang untuk 6 bulan berikutnya,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Windy mengaku bahwa dirinya telah menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait persoalan hukum perbuatan pidana pencucian uang (TPPU) sama-sama Hasbi Hasan.

Windy mengungkapkan bahwa SPDP yang disebutkan telah diterimanya sejak bulan Januari 2024 lalu. “(Terima SPDP) sudah, sudah. (Diterima) bulan Januari,” kata Windy usai menjalani pemeriksaan di tempat Gedung Merah Putih KPK, DKI Jakarta Selatan, Selasa (26/3/2024).

Dia tak menjelaskan secara detail terkait dengan SPDP tersebut. Ia juga mengaku bahwa dirinya sudah ada menjadi tersangka, walaupun pemeriksaan hari ini masih berkapasitas sebagai saksi.

“Iya seperti yang digunakan dibicarakan aja (sudah tersangka),” ucapnya.

Related Articles

Back to top button