Nasional

Tersangka TPPO Mahasiswa ke Jerman Sihol Situngkir Penuhi Panggilan Bareskrim

Gragehotels.co.id – JAKARTA – Guru Besar Universitas Jambi (Unja), Sihol Situngkir (SS) memenuhi panggilan penyidik Bareskrim Polri sebagai terdakwa tindakan hukum dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) pelajar magang ke Jerman.

“Saya menghormati panggilan ini ya. Saya selaku ASN tentunya kita menghormati apa pun temuan itu,” ujar Sihol di dalam Mabes Polri, Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Sihol menilai dirinya cuma menyokong kesempatan bagi siswa untuk mendapat pengalaman magang di tempat luar negeri. Ia pun mengklaim bahwa sosialisasi yang mana dilakukannya ke beberapa jumlah kampus sesuai dengan tujuan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka).

“Selaku anak bangsa yang dimaksud punya niat baik untuk mencerdaskan Mahasiswa Indonesia juga beliau sanggup ada kesempatan mengambil bagian ada pengalaman pada luar negeri kita dorong dong,” jelas Sihol.

“Karena ini sesuai dengan tujuan MBKM itu sendiri adalah untuk meningkatkan adalah untuk meningkatkan mutu lulusan sekaligus meningkatkan kompetensi skill, apa itu? misalnya management waktu, kedisiplinan, perilaku, etika juga lain sebagainya,” sambungnya.

Sebagai informasi, Sihol Situngkir (SS) merupakan satu dari lima terperiksa persoalan hukum TPPO 1.047 pelajar berkedok inisiatif magang ke Jerman.

Adapun kelima dituduh tindakan hukum yang disebutkan adalah ER alias AW (39) serta A alias AE (37) yang dimaksud masih berada di area Jerman. Lalu SS (65), MZ (60), juga AJ (52).

Atas perbuatan, para terdakwa dikenakan Pasal 4 UU Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan TPPO dengan ancaman penjara paling lama 15 tahun penjara juga denda Rp600 juta.

Lalu Pasal 81 UU Nomor 17 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, dengan ancaman pidana penjara paling lama 10 tahun dan juga pidana denda paling sejumlah Rp15 miliar.

Related Articles

Back to top button