Bisnis

Telkom Bakal Bentuk Entitas Baru InfraCo Garap Bisnis Fiber Optik

Gragehotels.co.id – PT Komunikasi Jarak Jauh Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom Indonesia berada dalam merampungkan lini perusahaan terbarunya yang dimaksud akan fokus pada fiber optik. Lini bidang usaha itu akan menjadi entitas tersendiri juga menjadi anak usaha emiten bersandi saham TLKM ini yang dimaksud dinamakan InfraCo.

Direktur Group Business Development Telkom Indonesia, Honesti Basyir mengatakan, kekinian proses yang dimaksud sedang pisahkan atau spin off dari induk perniagaan yaitu TelkomMetra.

“Inisiatif yang kedua kita sebut InfraCo, InfraCo ini adalah semua kegiatan bisnis connectify network di tempat Telkom yang tersebut berbasis fiber optik. Akan kita spin off menjadi satu perusahaan sendiri, anak perusahaan,” ujarnya, pada Industri Media Gathering di dalam Jakarta, Kamis (1/2/2024).

Baca Juga: Segmen B2B Beri Kontribusi 45% ke Pendapatan Telkom

“Maka akan mengatur semua usaha network berbasis fiber-nya Telkom Group. Hal ini akan jadi anak perniagaan sendiri,” sambung dia.

Nantinya, jelas Honesti, semua aset fiber optik milik Telkom Group kecuali menara dikelola oleh InfraCo. Namun sebelum mengambil alih aset, InfraCo pada tahap awal akan fokus pada mengurus industri servis digital yang tersebut dimiliki Telkom.

“Tapi tahap pertama hanya saja konsennya mengenai digital servis, belum ada aset-aset viber Telkom yang digunakan ditransfer ke anak perusahaan induk. Dalam setahun ini kita akan lakukan usaha fiber Telkom, tapi bisnisnya belum pindah ke mereka,” kata dia.

Setelah kegiatan bisnis berjalan, Mantan Bos Bio Farma ini menuturkan, baru aset fiber optik dipindahkan ke InfraCo. Akan tetapi, pemindahan aset ini perlu adanya perhitungan, mengingat aset fiber optik milik Telkom Group bernilai triliunan rupiah.

“Rencananya baru dalam semester I tahun depan baru akan kita lakukan proses aset pemindahan ini ke InfraCo,” pungkas dia.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button