Lifefstyle

Tanggal 9 Februari 2024 Apakah Libur? Catat Jadwal Liburan Long Weekend Siklus Hal ini

Gragehotels.co.id – Tanggal 10 Februari merupakan hari raya Imlek, di tempat mana masuk sebagai hari libur nasional dan juga tampak sebagai tanggal merah. Lantas bagaimana dengan tanggal 9 Februari 2024, apakah libur?

Berdasarkan SKB 3 Menteri, tanggal 9 Februari 2024 termasuk tangga merah. Ditetapkannya tanggal 9 Februari 2024 sebagai tanggal merah ialah berkaitan dengan hari libur peringatan tegas hari raya Imlek yang jatuh pada 10 Februari 2024. Tanggal 9 Februari 2024 kemudian ditetapkan sebagai hari cuti sama-sama untuk Hari Raya Imlek 2575 Kongzili. 

Hari Raya Imlek

hari Raya Imlek dikenal juga sebagai perayaan tahun baru China. Hal ini merupakan peluang sakral bagi rakyat Tionghoa di dalam mana mereka akan beribadah lalu berdoa untuk leluhur mereka. Perayaan Imlek biasanya diakhiri dengan perayaan Cap Go Meh, puncak acara Imlek itu akan berisi festival barongsai serta lampion. 

Perayaan Imlek dalam negara asalnya juga mempunyai sebutan lain terdiri dari Festival Musim Semi, oleh sebab itu kedatangan hari raya Imlek terus-menerus bersamaan dengan kedatangan musim semi, sehingga disebut juga sebagai festival musim semi. 

Perayaan Imlek menjadi momen untuk memanjatkan rasa syukur terhadap sang Pencipta, sekaligus berdoa untuk satu tahun ke depan agar segalanya berjalan lancar. Tahun baru Imlek dalam Indonesia juga dirayakan oleh warga Tionghoa-Indonesia dengan mengadakan festival yang telah mengalami akulturasi dengan budaya Indonesia. 

Perayaan Imlek di dalam Indonesia umumnya dimulai dengan membersihkan seluruh area rumah juga menghiasinya dengan warna merah. Setiap rumah juga akan menciptakan kue keranjang, berbagi angpau, kemudian memakan kudapan khas Imlek. Sementara itu, festival untuk perayaan Imlek di dalam Indonesia umumnya merupakan parade barongsai lalu kuliner. Festival yang mana cukup terkenal di area berbagai area Indonesia untuk Imlek antara lain:

– Festival kuliner serta penghargaan kirab Imlek di dalam Semarang
– Festival kuliner khas China juga Wishing Tree di tempat Jakarta
– Festival kelenteng bernuansa merah pada Ciamis 
– Festival 2000 lampion pada Palembang
– Sembahyang dalam Klenteng Po Hwa Kong di dalam Lombok

Demikian itu informasi yang mana dapat menjelaskan tanggal 9 Februari apakah libur? Ya, tanggal yang dimaksud ditetapkan sebagai hari cuti sama-sama agar umat Tionghoa dapat melaksanakan ibadah Imlek. Semoga bermanfaat. 

Kontributor : Mutaya Saroh

Related Articles

Back to top button