Teknologi

Strategi Indosat di Transformatif dari Telco menjadi TechCo

Gragehotels.co.id – Indosat Ooredoo Hutchison melakukan perubahan dari Telco ke Techco.

Untuk meningkatkan kualitas layanan kemudian memperluas konektivitas pada wilayah perdesaan, Indosat meningkatkan total BTS 4G sebesar 30,7 persen dibandingkan 2022.

Indosat mencatatakan pada saat ini mempunyai 179.000 sites BTS yang tersebut tersebar dalam seluruh Indonesia.

Indosat juga menyelesaikan proses integrasi jaringan di area lebih besar dari 46.000 sites belaka pada waktu satu tahun dengan menggunakan teknologi Multi-Operator Core Network (MOCN).

Dengan penerapan teknologi ini, seluruh pelanggan Indosat, baik IM3 maupun Tri, dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih lanjut luas.

Tidak belaka itu, kualitas layanan di tempat di ruangan yang dimaksud lebih tinggi baik, dan juga pengalaman internet yang digunakan lebih banyak cepat hingga dua kali lipat.

Menara BTS. [Envato]
Menara BTS. [Envato]

Kecepatan unduh juga latensi lebih tinggi baik, meningkatkan pengalaman digital pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming kemudian gaming.

Peningkatan kualitas layanan ini berkontribusi terhadap peningkatan trafik data yang dimaksud kuat sebesar 14,8 persen dibandingkan periode 2022menjadi 14.417 Petabyte (PB).

Dalam kinerja perusahaan sepanjang 2023, belanja modal Indosat tercatat sebesar Rp12,7 triliun.

Sebagian besar digunakan untuk pengembangan perusahaan selular dan juga perluasan jangkauan jaringan hingga ke area perdesaan juga terpencil.

Tidak hanya sekali itu, perusahaan terus melakukan berbagai kerja mirip strategis dengan berbagai mitra berskala global.

Mulai dari peluncuran pusat pameran inovasi, Indosat Marvelous Xperience (MX) Center, hingga kerja serupa strategis pada pengelolaan pusat data berteknologi tinggi.

Dalam perjalanan menuju perusahaan teknologi, Indosat juga terus mengembangkan layanan internet fixed broadband.

Termasuk melalui perolehan sebagian pelanggan aset milik MNC Play pada rangka mempertegas langkahnya di tempat industri Home Broadband (HBB).

Perusahaan mencatatkan kenaikan jumlah agregat pelanggan HBB menjadi 336,9 ribu di dalam akhir 2023.

Indosat mengumumkan kampanye Pesta Hadiah IM3 pada Awal Minggu (16/10/2023) di tempat Jakarta. Pelanggan sanggup mendapatkan iPhone 14 Pro hingga Samsung Galaxy S23 Ultra gratis. [Suara.com/Dicky Prastya]
Ilustrasi Indosat . [Suara.com/Dicky Prastya]

Sedangkan pengguna bergerak bulanan (Monthly Active Users/MAU) program milik Indosat, myIM3 kemudian bima+ turut meningkat pesat sebanyak 8,6 jt YoY menjadi 37,7 jt pengguna.

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menegaskan peran strategis Indosat pada menginisiasi perkembangan infrastruktur pusat data berbasis Artificial Intelligence (AI) pada Indonesia.

Bersama mitra strategisnya, ia menambahkan di keterangan resminya, Kamis (8/2/2024), Indosat miliki tekad untuk memajukan Indonesia pada pengembangan Kecerdasan Buatan Cloud tingkat dunia.

“Dengan adopsi teknologi terbaru didukung kolaborasi sama-sama berbagai pihak yang mana didasari semangat gotong royong, kami akan melanjutkan perjalanan tanpa akhir kami di mewujudkan tujuan besar Indosat untuk menghubungkan kemudian memberdayakan seluruh penduduk Indonesia dengan mengakselerasi perubahan digital bangsa,” tutup Vikram.

Related Articles

Back to top button