Kesehatan

Silo Antisipasi Tren Industri Kesejahteraan

Gragehotels.co.id – JAKARTA – PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di area sektor layanan kemampuan fisik mengantisipasi perkembangan tren bidang kondisi tubuh di tempat Indonesia.

Untuk itu, SILO telah lama mengindikasikan 4 megatren utama perawatan kebugaran dalam Indonesia, seperti meningkatnya demografi populasi lansia, meningkatnya tingkat adopsi teknologi digital, meningkatnya kesadaran perawatan kebugaran terhadap perawatan pencegahan, lalu digitalisasi perawatan kesehatan.

Selain itu, Indonesia akan terus mengalami peningkatan pembelanjaan layanan kebugaran yang dimaksud kuat selama beberapa tahun ke depan seperti yang dimaksud ditunjukkan oleh CAGR bidang layanan kemampuan fisik dari tahun 2022 hingga 2030 yang mana diproyeksikan sebesar 7-8%, menurut Kementerian Bidang Kesehatan Indonesia.

Group direktur utama LPKR sekaligus Komisaris Utama SILO John Riady menyampaikan bahwa SILO sebagai salah satu penyedia layanan kemampuan fisik terbesar di dalam Indonesia mengikuti tren yang disebutkan kemudian menghadirkan berbagai inisiatif kegiatan klinis kuratif dan juga teknologi digital untuk memperkuat peningkatan bidang kondisi tubuh dalam Indonesia.

Seiring dengan peningkatan bursa dan juga inisiatif-inisiatif yang dilakukan, SILO juga telah lama menetapkan jalur untuk mencapai tingkat peningkatan dua digit yang tersebut tinggi, mengungguli lapangan usaha kesehatan. Melalui inisiatif digital SILO misalnya, pasien di melakukan pemesanan secara instan, mengantri secara virtual, hingga melakukan medical check up (MCU) pada hari yang sama. Saluran digital ini termasuk Program MySiloam, situs web Siloam, pusat kontak khusus, serta nomor WhatsApp khusus.

Seiring dengan meningkatnya popularitas saluran digital Siloam, jumlah total pasien yang mana diperoleh secara digital juga meningkat. Saluran Digital Siloam termasuk Obrolan Langsung serta WhatsApp berkontribusi 21% atau sekitar 532.285 pemesanan terhadap total Kunjungan Rawat Jalan per September 2023.

SILO juga telah lama mengembangkan sistem umpan balik pasien digital yang disebut Siloam Online Feedback Aggregator System (SOFAS) sehingga pasien dapat memberikan umpan balik secara langsung yang akan diterima secara real-time oleh pasukan khusus. Melalui SOFAS yang diimplementasikan dalam semua unit Grup RS Siloam, sekitar 80% keluhan dapat diselesaikan di 2 jam.

Per September 2023, perangkat lunak MySiloam telah terjadi didownload lebih banyak dari 2 jt pengguna. Rata-rata pengguna berpartisipasi bulanan mencapai 170.000 pasien dan juga rata-rata tingkat engagement lebih banyak dari 78%. Dari sisi trafik mencapai 12 jt per bulan hingga 9M2023. Layanan program MySiloam mencakup rencana rapat dengan dokter, buku medical check up, akses personal histori medis hingga hasilnya, video telekonsultasi, hingga layanan emergensi dan juga informasi RS Siloam.

Peningkatan saluran digital MySiloam turut menggalakkan peningkatan kinerja positif SILO pada 9M2023. Setiap September 2023, SILO mencatatkan pendapatan Rp8,24 triliun, naik 21,55% dari Rp6,93 triliun per September 2022. Perinciannya, pendapatan rawat inap Rp4,73 triliun per kuartal III/2023 naik dari sebelumnya Rp3,86 triliun, juga pendapatan rawat jalan Rp3,51 triliun naik dari Rp3,06 triliun per kuartal III/2022. Siloam juga mencatatkan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan untuk pemilik entitas induk Rp858,90 miliar. Laba bersih yang disebutkan melonjak 91,20% dari sebelumnya Rp449,21 miliar.

Related Articles

Back to top button