Bisnis

SIG Catat Belanja Barang Dalam Negeri Rp23,7 Ribu Miliar di dalam 2023

Gragehotels.co.id – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) mencatatkan realisasi belanja hasil pada negeri mencapai Rp23,742 triliun atau mencapai 92,92% dari total belanja barang serta jasa sebesar Rp25,552 triliun.

Hal ini pun menciptakan BUMN semen ini kembali meraih Penghargaan Pemanfaatan Sistem Dalam Negeri (P3DN) tahun 2024 sebagai Konsumen Layanan Dalam Negeri Terbaik kategori Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari Kementerian Perindustrian. 

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita untuk Direktur Supply Chain SIG, Yosviandri di rangkaian acara Business Matching Belanja Sistem Dalam Negeri Tahun 2024 yang tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Industri akhir pekan lalu.

Menteri Koordinator Sektor Kemaritiman dan juga Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan yang digunakan juga memberikan apresiasi terhadap kementerian, lembaga, pemerintah daerah, BUMN juga BUMD melawan upaya peningkatan belanja komoditas di negeri, kemudian berharap penghargaan ini menjadi pemacu untuk terus memperbaiki implementasi belanja item di negeri (PDN).

“Harapan kita, aksi afirmasi PDN ini dapat menggalakkan industrialisasi sehingga berkontribusi terhadap Ekonomi Nasional (Produk Domestik Bruto), menuju Indonesia Maju 2045,” kata Luhut Binsar Pandjaitan dikutipkan Hari Senin (11/3/2024).

Sementara itu, Direktur Supply Chain SIG, Yosviandri mengatakan, SIG menyampaikan rasa terima kasih berhadapan dengan apresiasi pemerintah terhadap komitmen lalu konsistensi Perusahaan menggunakan komoditas di negeri pada kegiatan operasional untuk menyokong kemajuan sektor Tanah Air.

“SIG membuka kesempatan yang mana luas bagi bidang besar juga usaha kecil menengah di negeri untuk menjadi bagian pada rantai pasok SIG. Dalam upaya meningkatkan capaian Level Komponen Dalam Negeri (TKDN), SIG juga memberikan pembinaan kemudian pendampingan bagi UMKM agar mampu memasok hasil yang digunakan andal secara teknis kemudian ekonomis sesuai standar kualitas, biaya kemudian pengiriman,” kata Yosviandri.

Menurut Yosviandri, belanja hasil pada negeri SIG terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2023, SIG serta anak usahanya mencatatkan realisasi belanja hasil pada negeri sebesar Rp23,742 triliun atau mencapai 92,92% dari total belanja barang dan juga jasa sebesar Rp25,552 triliun. Capaian yang disebutkan meningkat 6,4% dari realisasi belanja pada pos yang tersebut serupa pada 2022 sebesar Rp22,317 triliun. 

“Belanja barang di negeri merupakan langkah strategis untuk merancang bidang Tanah Air yang berdaulat juga mandiri. Dengan begitu diharapkan akan banyak lapangan kerja yang tersebut terbuka sehingga memperkuat pemerintah pada menghurangi bilangan pengangguran juga mempercepat peningkatan perekonomian nasional,” tutup Yosviandri.

Related Articles

Back to top button