Kesehatan

Sakit Bahu Usai Olahraga Angkat Beban, Hal ini Cara Mengatasinya Agar Tak Jadi Cidera Serius

Gragehotels.co.id – Sakit bahu usai olahraga rutin dikeluhkan berbagai orang. Beberapa olahraga yang kerap memproduksi sakit bahu di tempat antaranya angkat beban, tenis, bulu tangkis, golf, serta juga basket. Hal ini lantaran di olahraga tersebut, bahu jadi bagian yang paling sejumlah digunakan untuk pergerakan mengayun atau menahan beban.

Konsultan Sendi Bahu serta Siku Eka Hospital BSD, dr. Erica Kholinne, Sp.OT (K) Ph.D, menjelaskan bahwa sakit bahu setelahnya olahraga angkat beban dapat disebabkan oleh robeknya ligamen, patahnya sendi atau tulang, hingga luka.

Beberapa sakit bahu yang digunakan harus diwaspadai pasca olahraga, kata dr. Erica, adalah dislokasi, fraktur atau patah tulang, radang sendi, juga robekan tendon.

Dislokasi adalah kondisi ketika tulang bahu mengundurkan diri dari dari soketnya, menyebabkan rasa nyeri yang disertai dengan pembengkakan dan juga memar. Lalu fraktur tulang dalam bahu dapat cuma patah atau retak pada pada waktu terjungkal atau terkena pukulan keras. Akibatnya, ketidakmampuan untuk mampu menggerakkan lengan atau bahu terlihat menurun.

Sedangkan radang sendi merupakan kondisi dimana bursa (kantung berisi cairan yang dimaksud menjadi bantalan di area persendian bahu) membengkak lalu teriritasi akibat dari aksi yang digunakan sejenis berulang kali.

Terakhir, yakni robekan tendon rotator cuff pada sendi bahu, yang digunakan merupakan jenis cedera otot bahu yang digunakan ditandai dengan adanya robekan pada satu atau lebih tinggi tendon kemudian otot rotator cuff.

Lalu, bagaimana cara mengatasi sakit bahu usai olahraga angkat beban?

“Nyeri bahu bisa saja mengganggu kenyamanan di beraktivitas apabila tak ditangani dengan tepat. Penanganan nyeri bahu akibat postur bisa jadi dimulai dengan melakukan peredaan nyeri dengan melakukan metode RIC,” ujar dr. Erica melalui keterangan yang dimaksud diterima suara.com, Hari Sabtu (13/1/2024).

Adapun RIC terdiri dari istirahat, kompres dingin, serta menekan dengan langkah sebagai berikut:

  1. Rest atau istirahat, yaitu dengan mengistirahatkan tangan ketika nyeri berlangsung dengan tak menggerakan tangan terlalu banyak.
  2. Ice yakni kompresi dingin, yaitu dengan mengompres area nyeri bahu menggunakan kain atau benda lunak dingin, yang dimaksud bertujuan untuk menurunkan rasa nyeri.
  3. Compression atau menekan untuk meredakan rasa nyeri, dengan menggunakan kain atau perban untuk menghindari pembengkakan semakin membesar.

“Melakukan latihan peregangan otot sebelum berolahraga juga sebaiknya dilaksanakan untuk mengurangi terjadinya adanya cedera pada bahu. Jika nyeri bahu mulai terasa, hindari lakukan aktivitas fisik berat pada bahu terlebih dahulu agar nyeri bukan bertambah parah. Namun jangan sepenuhnya berhenti menggunakan bahu sebab sanggup menghambat proses penyembuhan,” beber dr. Erica.

Sedangkan pencegahan nyeri bahu pasca olahraga angkat beban, yaitu dengan menjaga postur tubuh tidaklah berubah semakin memburuk, yaitu menjaga kedudukan tulang belakang tetap saja tegak.

“Ini dikarenakan postur tubuh yang buruk diketahui dapat meningkatkan risiko setiap orang di mengalami nyeri bahu,” pungkas dr. Erica.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button