Nasional

Resign Dari Menko Polhukam, Mahfud Beberkan ‘PR’ yang dimaksud Harus Dikerjakan Penggantinya

Gragehotels.co.id – Mahfud MD menyampaikan apabila ada beberapa pekerjaan rumah atau PR yang dimaksud harus dikerjakan oleh Menko Polhukam penggantinnya. Hal itu juga sudah ada disampaikan ke Presiden Joko Widodo ketika dirinya mengajukan surat pengunduran diri secara secara langsung di dalam Istana, Jakarta, Kamis (1/2/2024).

Pertama, terkait Satuan Pekerjaan Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia atau Satgas BLBI. Pihaknya baru mampu mengakumulasi Rp35,7 triliun dari targetnya sebesar Rp110 triliun.

“Karena ada yang mana masih mengelak ingin tiada membayar, ada yang dimaksud mau menawar ‘Ini jumlah agregat utangnya tiada sebegitu’ dan juga seterusnya. Saya katakan ‘Ini sudah ada kami tutup yang dimaksud sudah ada bayar, ini telah selesai, sisanya tetap saja harus ditagih Bapak Presiden’,” kata Mahfud pada konferensi persnya dalam Kantor Kemenko Polhukam, Ibukota Indonesia Pusat.

“Karena itu berdasarkan Inpres, satu tentang dana BLBI. Dana BLBI itu harus kita tagih, sebab itu orang ngemplang itu terhadap uang negara,” sambungnya.

Kemudian kedua, penyelesaian tindakan hukum hak asasi manusia atau HAM berat di area masa lalu yang fokus terhadap korban. Ia mengatakan, pihaknya sudah ada melakukan penyelesaian secara non-yudisial, berpatokan untuk Instruksi Presiden (Inpres).

“Pelaku masih terus dicari, tapi korbannya disantuni tambahan dulu. Itu resmi Dewan HAM PBB menyampaikan pidatonya, memberikan penghargaan untuk Presiden Jokowi yaitu Republik Indonesia yang dimaksud sudah pernah melangkah maju pada penyelesaian HAM,” ujarnya.

Kemudian yang mana ke tiga, kata dia, yakni mengenai revisi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2020 tentang Mahkamah Konstitusi (MK). RUU yang disebutkan merupakan inisiatif DPR sejak awal 2023.

“Saya katakan untuk Bapak Presiden, ‘Bapak Presiden saya tak setuju dan juga saya menghentikan pembahasan itu, sebab aturan peralihannya itu tiada adil bagi hakim yang digunakan ada sekarang’,” pungkasnya.

(Sumber:

Related Articles

Back to top button