Nasional

Rekapitulasi Hari ke-17: Suara Golkar Unggul pada 6 Provinsi

Gragehotels.co.id – JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus melakukan rekapitulasi pernyataan berjenjang tingkat nasional pada pemilihan raya 2024. Pada hari ke-17, KPU selesai mengesahkan 6 provinsi, yakni Nusa Tenggara Barat (NTB), Jambi, Aceh, Papua Selatan, Sumatera Utara, lalu Maluku Utara.

KPU diberikan waktu selama 35 hari pasca hari pemungutan ucapan untuk mengumumkan hasil pemilihan 2024. Artinya sebelum 20 Maret rekapitulasi kata-kata yang disebutkan sudah ada harus selesai.

Komisioner KPU August Mellaz mengungkapkan hingga pada saat ini telah 31 provinsi telah lama selesai disahkan hasil pendapat pemilihan 2024. Pihaknya juga berusaha mencapai sebelum 20 Maret 2024, rekapitulasi telah lama rampung.

“Kita ini berharap semoga sebelum tanggal 20 Maret, tapi yang tersebut jelas waktu kami kan tanggal 20 Maret jadi kalau di dalam lihat perkembangannya kami tentu semata optimis bahwa tanggal 20 Maret semuanya akan bisa saja terpenuhi sesuai dengan tenggatnya,” ujar Mellaz untuk wartawan, hari terakhir pekan (15/3/2024).

Dia mengumumkan walaupun rekapitulasi pernyataan tingkat nasional telah lama selesai sebelum 20 Maret 2024, untuk mengumumkan hasil pemilihan umum perlu diadakan rapat pleno lanjutan.

“Kita lihat nanti ya, kebetulan kami harus bicarakan ini diplenokan. Misalkan memang benar ini sudah ada diplenokan disahkan masing-masing provinsi tentu hanya kemungkinan besar ada mekanisme lain untuk kemudian dibicarakan dalam tingkat pleno terkait dengan pencermatannya seperti apa dan juga kemudian penetapan bagaimana, nanti pasti kami akan kabari lebih besar lanjut,” sambungnya.

Pada rekapitulasi hari ke-17 Partai Golkar menempati kedudukan pertama dibandingkan partai urusan politik partisipan pemilihan umum lainnya. Partai yang mana didominasi warna ikterus itu berhasil menghimpun 3.091.513 pernyataan pada 6 provinsi yang mana sudah disahkan.

Dari 6 provinsi itu, terdapat tiga dapil pada Sumatera Utara, sementara dua dapil dari Aceh dan juga NTB. Sedangkan Jambi, Papua Selatan, Sumatera Utara, Maluku Utara semata-mata satu dapil.

Berikut total pendapat partai secara keseluruhan dari 6 provinsi:

Related Articles

Back to top button