Cara Daftar dan Registrasi Ulang Kartu Telkomsel Prabayar

Registrasi Ulang Kartu Telkomsel Prabayar – Ketika kartu perdana Telkomsel baru saja dimasukkan ke dalam slot kartu SIM, Anda tidak dapat langsung menggunakannya. Ya, untuk pengguna baru, maka nomor seluler tersebut tidak akan aktif apabila belum dilakukan proses registrasi. Nah, berikut ini terdapat beberapa cara daftar dan registrasi ulang kartu Telkomsel 2021 yang wajib sekali Anda simak.

Cara Daftar dan Registrasi Ulang Kartu Telkomsel Prabayar

Registrasi Ulang Kartu Telkomsel

  1. Mengecek Status Registrasi

Tidak yakin apakah Anda telah pernah melakukan proses registrasi pada kartu prabayar? Apabila Anda telah pernah melakukan proses tersebut pada kartu Telkomsel, maka cukup lakukan beberapa langkah registrasi ulang. Apabila Anda belum pernah melakukan registrasinya, maka lakukanlah beberapa tahapan registrasi bagi pengguna baru.

Setelah itu, Anda sudah bisa langsung melakukan pengecekan status registrasi dengan beberapa langkah. Mengecek status registrasi ini merupakan cara daftar dan registrasi ulang kartu Telkomsel 2021 yang tidak boleh terlewatkan. Pertama, bukalah menu Dial Screen atau Dial Phone. Tekanlah kode panggilan yakni *444# dan tekan Call atau OK.

Setelah Anda menekan kode panggilan tersebut, nantinya akan muncul beberapa opsi menu di layar smartphone. Langkah yang selanjutnya adalah memiliki menu “Cek Status Registrasi”. Masukkanlah 16 digit NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tertera di Kartu Keluarga atau KTP. Jika sudah, maka Anda akan memperoleh SMS yang isinya tentang status registrasi dan telah disertai dengan waktu registrasi.

Anda pun dapat melakukan pengecekan Nomor Induk Keluarga (NIK) yang telah terdaftar untuk kartu prabayar tersebut. Caranya sangat mudah yaitu hanya dengan melakukan telepon atau panggilan suara ke nomor 188.

  1. Melakukan Registrasi Ulang Kartu Perdana Telkomsel Via SMS

Cara daftar dan registrasi ulang kartu Telkomsel 2021 prabayar dapat juga dilakukan via SMS. Apabila status registrasi Anda belum terdaftar juga, maka lakukanlah registrasi ulang terlebih dahulu menggunakan kartu Loop, Simpati, ataupun Kartu AS.  Pasalnya, pengguna dari ketiga jenis kartu itu merupakan pelanggan Telkomsel yang tentunya wajib juga melakukan proses registrasi ulang supaya kartu tidak terkena blokir.

Terdapat beberapa langkah yang wajib untuk Anda lakukan di dalam tata cara dan registrasi ulang kartu Telkomsel 2021 prabayar melalui SMS ini. Bukalah menu “Pesan” untuk mengirimkan pesan atau SMS baru. Setelah itu, kirimkan pesan ke nomor 4444 dengan mengetikkan isi pesan menggunakan format tertentu. Untuk format registrasi baru tersebut yaitu ketik ULANG(spasi)NIK#Nomor Kartu Keluarga#.

Misalnya saja seperti ULANG 00987654312345678#5271007511892015# dan tekan tombol Send atau Kirim. Hal tersebut pastinya telah disesuaikan oleh peraturan yang dibuat oleh Menteri Komunikasi dan Informatika. Sejak tanggal 31 Oktober 2017 lalu, pemerintah memang telah mewajibkan untuk seluruh pengguna kartu prabayar segera melakukan validasi data yang disesuaikan oleh NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang sudah terdaftar di Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil).

  1. Melakukan Registrasi Ulang Kartu Telkomsel Melalui Website

Cara daftar dan registrasi ulang kartu Telkomsel 2021 yang selanjutnya ini dapat Anda lakukan melalui website. Registrasi ulang kartu Loop, Simpati, dan Kartu AS wajib Anda lakukan sendiri. Hal tersebut bertujuan supaya proses registrasinya bisa lebih aman. Terdapat beberapa langkah yang harus dilalui terlebih dahulu untuk melakukan registrasi kartu Telkomsel prabayar via situs web Telkomsel.

Pertama, Anda harus melakukan akses ke menu registrasi yang ada di situs web Telkomsel. Alamat dari situs web Telkomsel ini bisa secara mudah Anda temukan di internet ataupun dengan menghubungi call center Telkomsel. Setelah Anda berhasil melakukan akses ke situs web, maka akan muncul kolom formulir yang wajib diisi.

Isikan kolom formulir tersebut dengan nomor Kartu Keluarga, NIK, dan nomor kartu SIM Telkomsel. Pastikan untuk mengisi data tersebut secara benar agar prosesnya tidak terhambat, lalu tekan tombol yang bertuliskan “Dapatkan Password”. Tunggulah beberapa saat sampai password dikirimkan via SMS atau Pesan ke nomor yang telah didaftarkan.

Kemudian, segera masukanlah password tersebut di bagian kolom yang bertuliskan “Password” yang ada pada halaman web. Apabila telah melebihi waktu 3 menit, maka Anda perlu minta password yang baru dengan cara mengulangi langkah seperti sebelumnya tadi. Jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan ulang terhadap data registrasi yang terdaftar.

Apabila seluruh kolom teha dipastikan terisi secara lengkap dan benar, maka langkah berikutnya yaitu menekan opsi “Kirim”. Setelah itu, tunggulah beberapa saat hingga Anda memperoleh SMS atau Pesan balasan yang mengatakan bahwa nomor kartu Telkomsel Anda telah sukses didaftarkan.

  1. Bisakah Registrasi Kartu Telkomsel Tanpa KK?

Saat ini banyak sekali orang yang merasa penasaran tentang pendaftaran kartu Telkomsel yang tanpa memasukkan KK atau Kartu Keluarga. Akan tetapi, sayang sekali karena hal yang satu ini tidak dapat Anda lakukan. Bagi yang tidak mempunyai Kartu Keluarga, maka Anda dapat mencoba untuk memakai kartu perdana yang telah diaktifkan. Sehingga, Anda tidak akan perlu lagi untuk melakukan registrasi ulang dengan kartu Telkomsel.

  1. Keuntungan Memakai Kartu Telkomsel

Registrasi Ulang Kartu Telkomsel

Tentu saja cara daftar dan registrasi kartu Telkomsel yang telah dijelaskan di atas tersebut ternyata tidak sesulit atau serumit seperti yang dibayangkan oleh banyak orang. Bahkan, untuk proses registrasi tersebut tidak memerlukan biaya pulsa maupun hal lainnya. Pengguna hanya perlu mengisikan Nomor Induk Keluarga atau NIK saja dan kartu Telkomsel pun akan berhasil diaktivasi.

Keuntungan jika Anda memakai layanan yang satu ini adalah apabila Anda mengalami masalah ketika melakukan proses pendaftaran, maka dapat langsung saja bertanya atau meminta bantuan dengan menghubungi call center ke nomor 188. Selain menghubungi call center, maka Anda juga bisa bertanya melalui email Telkomsel, sosial media Telkomsel, ataupun layanan MyGraPARI.

Dengan begitu, nantinya Anda dapat memperoleh solusi yang terbaik untuk masalah atau kendala yang dialami ketika melakukan proses pendaftaran tersebut. Seperti yang sudah diketahui oleh orang banyak bahwa pengguna dari kartu Telkomsel ini seiring waktu jumlahnya semakin banyak, mulai dari karyawan yang bekerja di perusahaan hingga kalangan pelajar.

Hal itu tentu saja tidak mengherankan lagi karena memang jaringan yang dimiliki oleh kartu Telkomsel terbilang sangat cepat, dan dapat diakses di banyak wilayah yang terpencil. Bahkan, untuk kuota Telkomsel juga cocok sekali untuk dipakai dalam proses pembelajaran online. Sehingga, proses pembelajaran online tersebut bisa berjalan secara lancar, aman, dan tanpa ada hambatan yang berarti.

Cara daftar dan registrasi ulang kartu Telkomsel 2021 prabayar wajib dilakukan baik bagi pengguna yang lama maupun pengguna yang baru. Selain itu, pastikan pula bahwa Anda telah berhasil melakukan proses daftar atau registrasi kartu Telkomsel prabayar tersebut memang sudah disesuaikan dengan data-data yang benar. Dengan begitu, dijamin proses registrasi yang Anda lakukan bisa berjalan secara lancar.

Baca Juga : Cara Stop Paket Telkomsel

5/5 - (3521 votes)

Leave a Comment