Lifefstyle

Ramai Kasus persoalan UKT di area ITB, Presiden lalu 4 Tokoh Ini adalah Pernah Jadi Mahasiswanya

Gragehotels.co.id – Jika tidaklah dapat melunasi Uang Kuliah Tunggal (UKT), maka tiada bisa saja melakukan pengisian rencana studi. Itulah yang tersebut dialami oleh lebih tinggi dari 120 siswa Institute Teknologi Bandung (ITB).

Pihak kampus diduga memberikan penawaran untuk peserta didik yang digunakan masih memiliki tunggakan untuk membayarnya dengan cara pinjol alias pinjaman online.

Ramai kabar di dalam platform digital X bahwa ITB telah terjadi bekerjasama dengan perangkat lunak pinjol Danacita untuk menjerat para mahasiswanya pada lingkaran hutang.

Meski tujuannya agar merekan dapat melunasi UKT, namun dengan bunga yang tersebut ditetapkan cukup besar, maka kemungkinan besar para peserta didik akan terjebak pinjol.

Buntut dari ramainya kabar tersebut, Koordinator Nasional Jaringan Pengamat Pendidikan Indonesia (JPPR) Ubaid Matraji akhirnya turut memberikan komentar.

“Orang yang digunakan jelas-jelas bukan mampu itu punya hak dibantu, tapi ini tidak. Dibikin celah pinjol supaya merek secara sistemik terbelit utang juga tak bisa saja bayar, apalagi ada intimidasi. Itu seni pemerasan,” ujar Ubaid beberapa waktu lalu.

Kendati demikian, Kepala Biro Komunikasi juga Hubungan Masyaraat ITB, Naomi Haswanto, bukan terima dengan apa yang digunakan dituduhkan oleh Ubaid Matraji.

“Apakah Pak Ubaid telah membaca atau membuka wadah Danacita? Disana ada PTN lalu PTS lain yang tersebut bekerja sebanding dengan lembaga tersebut,” ucap Naomi.

Ia menambahkan jikalau sistem pembayaran UKT dengan bantuan Danacita justru dapat membantu meringankan beban pelajar akibat bisa jadi membayar UKT sesuai kemampuan.

Ramainya pro lalu kontra melawan sistem pembayaran UTK dengan bantuan pinjol, berbagai warganet akhirnya menyoroti beberapa tokoh juga pejabat yang mana merupakan lulusan ITB.

Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Soekarno

Tokoh atau pejabat yang dimaksud merupakan lulusan ITB pertama adalah Soekarno, yang merupakan Presiden pertama Indonesia.

Soekarno diketahui menempuh sekolah pada Technische Hoogeschool te Bandung atau yang tersebut sekarang dikenal dengan Institute Teknologi Bandung (ITB).

Pria yang mana dijuluki sebagai Bapak Proklamator yang dimaksud menhambil jurusan teknik sipil pada tahun 1921, juga dinyatakan lulus pada 1926.

2. B.J. Habibie

Selain Soekarno, Presiden Indonesia lainnya yang merupakan lulusan ITB adalah B.J. Habibie. Seperti yang mana kita tahu bahwa Pak Habibie merupakan Presiden ketiga Indonesia yang mana memiliki pengetahuan sangat tinggi.

Sebelum akhirnya berkuliah di area Jerman, rupanya ia lebih besar dulu mengambil jurusan industri sains dan juga matematika di tempat ITB pada tahun 1954.

Namun, hanya saja menghabiskan waktu satu tahun sebelum akhirnya ia melanjutkan studi teknik penerbangan di area RWTH Aachen, Jerman.

3. Pramono Anung

Pramono Anung merupakan Sekretaris Kabinet periode 2019-2024 yang mana dipercaya oleh Presiden Jokowi. Pria yang digunakan lahir dalam Kediri, 11 Juni 1963 ini ternyata menrupaka alumni Institute Bandung (ITB).

Diketahui, Pramono Agung menempuh lembaga pendidikan S1 dan juga mengambil jurusan Teknik Pertambangan di area ITB pda tahun 1982.

4. Ridwan Kamil

Ridwan Kamil merupakan mantan Gubernur Jawa Barat yang memiliki popularitas cukup tinggi di dalam kalangan masyarakat. 

Pria yang akrab disapa dengan Kang Emil ini ternyata merupakan salah satu alumni ITB. Dia menempuh sekolah S1 dengan memilih kegiatan studi Arsitektur pada tahun 1995.

5. Hatta Rajasa

Tokoh juga pejabat terakhir yang merupakan lulusan ITB adalah Hatta Rajasa. Mantan Menteri Koordinator Area Perekonomian Indonesia periode 2009 hingga 2014 ini menempuh institusi belajar S1 dengan jurusan Teknik Perminyakan pada tahun 1973.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button