Kesehatan

Rahasia Panjang Umur serta Bugar di dalam Tahun Naga Kayu, Mulai dari 4 Kebiasaan Sederhana Ini adalah

Gragehotels.co.id – Perayaan Tahun Baru Imlek pada tahun 2024 ini, disimbolkan dengan shio berlambang naga. Makhluk Hidup mitos yang tersebut satu ini melambangkan kekuatan, kemuliaan, kehormatan, keberuntungan, juga kesuksesan. Dan tentu saja, agar berhasil melintasi tahun naga kayu ini, kita harus mempunyai kondisi tubuh yang mana prima.

Head of Department Underwriting Sequis dokter Fridolin Seto Pandu menghadirkan rakyat untuk memperhatikan kemampuan fisik agar dapat meraih seluruh keberuntungan yang mana ditawarkan tahun naga kayu. Berikut tipsnya:

1. Atur Porsi Makan lalu Kurangi Konsumsi Gula

Perayaan Imlek tahun ini yang digunakan jatuh pada Sabtu, 10 Februari 2024, akan mengawali tahun Naga Kayu. Saat perayaan, kita biasanya akan disuguhi dengan makanan enak yang dimaksud cita rasanya menghasilkan ingin menambah porsi makan. Nah, dokter Fridolin menyarankan untuk mengurus porsi makan dalam hari pertama tahun Naga Kayu agar tidaklah ‘kalap’ ketika makan.

“Kurangi porsi makan atau lakukan diet sebelum Imlek, minumlah air putih sebelum makan agar terasa kenyang sehingga keinginan makan sejumlah berkurang, ketika sarapan bisa jadi dengan buah, seperti pisang agar terasa kenyang sebelum pesta makan siang, hindari juga minuman bersoda, alkohol dan juga minuman yang mana mengandung pemanis buatan,” saran dr. Fridolin.

Dr. Fridolin juga mengingatkan untuk membatasi makanan manis, teristimewa jikalau kamu sudah ada mempunyai riwayat penyakit gula kemudian kolesterol. Makanan ketika Imlek identik dengan manis, seperti kue keranjang, kue mangkok, lalu lapis legit. Boleh cuma mengonsumsinya, selama di jumlah keseluruhan yang digunakan sedikit oleh sebab itu asupan makanan manis pada jumlah keseluruhan sejumlah dapat meningkatkan risiko penyakit lain, seperti serangan jantung, asam urat, serta obesitas.

2. Jangan ‘Mageran’

Kebiasan malas gerak alias mager sebaiknya mulai dihilangkan perlahan sepanjang tahun Naga Kayu ini. Ngobrol sambil makan kue juga minum kopi memang benar menyenangkan. Tapi, ada banyak aktivitas menarik lain yang bisa saja dipiluh daripada sekadar duduk sambil mengasup kalori.

Duduk terlalu lama akan menyebabkan tubuh menjadi malas juga mengganggu postur tubuh. Lebih baik, lakukan kegiatan yang mana lebih tinggi bergerak namun menyenangkan ketika senggang, seperti berjalan kaki atau melakukan permainan olahraga pada game center.

“Biasakan berolahraga minimal 150 menit per minggu agar detak jantung kemudian aliran darah dapat terjaga. Setidaknya rutin berjalan kaki hingga mencapai 10,000 langkah setiap hari,” kata dr Fridolin.

3. Cukup Istirahat

Jangan cuma fokus bekerja lantaran mampu menguras tenaga lalu menyebabkan kelelahan. Dr. Fridolin menyarankan agar bijaksana mengatur waktu dengan menyisihkan waktu 7- 9 jam per hari untuk beristirahat.

Saat beristirahat, hindari menggunakan ponsel, menonton televisi atau menggunakan earphone demi mendapatkan tidur yang dimaksud berkualitas. Dengan demikian tubuh Anda dapat tetap memperlihatkan sehat dan juga bugar setiap harinya.

4. Terapkan Protokol Kesehatan

Virus juga bakteri ada di area sekitar kita dan juga dapat mengganggu imunitas tubuh. Dr. Fridolin mengingatkan, walaupun kita tak lagi berada di tempat kondisi pandemi, tetaplah memperhatikan kebersihan diri serta lingkungan dengan rutin mencuci tangan, membersihkan rumah dari debu, menerapkan etika batuk atau bersin, menggunakan masker pada waktu di dalam kerumunan.

Related Articles

Back to top button