Kesehatan

Rahasia Panjang Umur serta Bugar dalam Tahun Naga Kayu, Mulai dari 4 Kebiasaan Sederhana Hal ini

Gragehotels.co.id – Perayaan Tahun Baru Imlek pada tahun 2024 ini, disimbolkan dengan shio berlambang naga. Binatang mitos yang satu ini melambangkan kekuatan, kemuliaan, kehormatan, keberuntungan, kemudian kesuksesan. Dan tentu saja, agar berhasil menyeberangi tahun naga kayu ini, kita harus memiliki kemampuan fisik yang prima.

Head of Department Underwriting Sequis dokter Fridolin Seto Pandu menghadirkan rakyat untuk memperhatikan kemampuan fisik agar dapat meraih seluruh keberuntungan yang tersebut ditawarkan tahun naga kayu. Berikut tipsnya:

1. Atur Porsi Makan serta Kurangi Konsumsi Gula

Perayaan Imlek tahun ini yang jatuh pada Sabtu, 10 Februari 2024, akan mengawali tahun Naga Kayu. Saat perayaan, kita biasanya akan disuguhi dengan makanan enak yang cita rasanya memproduksi ingin menambah porsi makan. Nah, dokter Fridolin menyarankan untuk menjalankan porsi makan pada hari pertama tahun Naga Kayu agar tidaklah ‘kalap’ pada waktu makan.

“Kurangi porsi makan atau lakukan diet sebelum Imlek, minumlah air putih sebelum makan agar terasa kenyang sehingga keinginan makan banyak berkurang, pada waktu sarapan mampu dengan buah, seperti pisang agar terasa kenyang sebelum pesta makan siang, hindari juga minuman bersoda, alkohol serta minuman yang tersebut mengandung pemanis buatan,” saran dr. Fridolin.

Dr. Fridolin juga mengingatkan untuk membatasi makanan manis, khususnya apabila kamu sudah ada mempunyai riwayat hiperglikemia juga kolesterol. Makanan pada waktu Imlek identik dengan manis, seperti kue keranjang, kue mangkok, dan juga lapis legit. Boleh cuma mengonsumsinya, dengan syarat pada jumlah total yang tersebut sedikit oleh sebab itu asupan makanan manis di jumlah total banyak dapat meningkatkan risiko penyakit lain, seperti serangan jantung, asam urat, kemudian obesitas.

2. Jangan ‘Mageran’

Kebiasan malas gerak alias mager sebaiknya mulai dihilangkan perlahan sepanjang tahun Naga Kayu ini. Ngobrol sambil makan kue lalu minum kopi memang benar menyenangkan. Tapi, ada sejumlah aktivitas menarik lain yang tersebut mampu dipiluh daripada sekadar duduk sambil mengasup kalori.

Duduk terlalu lama akan menimbulkan tubuh menjadi malas serta mengganggu postur tubuh. Lebih baik, lakukan kegiatan yang tambahan berpartisipasi namun menyenangkan ketika senggang, seperti berjalan kaki atau melakukan permainan olahraga di tempat game center.

“Biasakan berolahraga minimal 150 menit per minggu agar detak jantung dan juga aliran darah dapat terjaga. Setidaknya rutin berjalan kaki hingga mencapai 10,000 langkah setiap hari,” kata dr Fridolin.

3. Cukup Istirahat

Jangan hanya sekali fokus bekerja lantaran mampu menguras tenaga dan juga menyebabkan kelelahan. Dr. Fridolin menyarankan agar bijaksana mengatur waktu dengan menyisihkan waktu 7- 9 jam per hari untuk beristirahat.

Saat beristirahat, hindari menggunakan ponsel, menonton televisi atau menggunakan earphone demi mendapatkan tidur yang mana berkualitas. Dengan demikian tubuh Anda dapat tetap saja sehat serta bugar setiap harinya.

4. Terapkan Protokol Kesehatan

Virus juga bakteri ada pada sekitar kita kemudian dapat mengganggu imunitas tubuh. Dr. Fridolin mengingatkan, walau kita tak lagi berada dalam kondisi pandemi, tetaplah memperhatikan kebersihan diri dan juga lingkungan dengan rutin mencuci tangan, membersihkan rumah dari debu, menerapkan etika batuk atau bersin, menggunakan masker pada waktu dalam kerumunan.

Related Articles

Back to top button