Lifefstyle

Profil Wahyu Purwanto, Adik Ipar Jokowi yang dimaksud Gagal Nyalon Kepala Daerah Gegara Tak Dapat Restu Presiden

Gragehotels.co.id – Keluarga Presiden Joko Widodo alias Jokowi satu per satu mendapatkan jabatan kekuasaan politik. Namun, hal ini tak berlaku untuk Wahyu Purwanto yang mana merupakan adik ipar orang nomor 1 RI tersebut.

Jika Jokowi menggalang Gibran Rakabuming Raka menjadi calon duta presiden juga Kaesang Pangarep menjadi Ketua Umum PSI, ia justru melarang adik iparnya untuk mencalonkan diri sebagai bupati.

Seperti diketahui, Wahyu Purwanto pernah hendak mencalonkan diri sebagai bupati pada pemilihan gubernur Gunungkidul 2020 lewat Partai NasDem. Namun, ia akhirnya memilih untuk mundur sesuai arahan Jokowi.

“Minggu kemarin sesuai dengan arahan Bapak Joko Widodo serta Bapak Surya Paloh,” kata Wahyu pada wawancara lamanya.

Kendati diminta mundur dari pencalonan bupati, Wahyu Purwanto dengan lapang dada menerima tindakan tersebut. Ia pun diminta untuk bergerak di area dunia sosial ketimbang politik. 

Berikut adalah profil Wahyu Purwanto, sosok yang mana pernah dilarang Jokowi mencalonkan diri pada pemilihan gubernur Gunungkidul 2020.

Profil Wahyu Purwanto, Adik Ipar Jokowi (Instagram/wahyupurwanto.gk)
Profil Wahyu Purwanto, Adik Ipar Jokowi (Instagram/wahyupurwanto.gk)

Profil Wahyu Purwanto

Wahyu Purwanto merupakan adik ipar Jokowi. Ia mulai terjun di tempat dunia urusan politik pada 2015. Kala itu, Wahyu Purwanto forward sebagai calon duta bupati mendampingi Subardi di dalam pemilihan kepala daerah Gunungkidul 2015, tapi tak terpilih.

Ia lantas kembali mencoba peruntungan  dengan mencalonkan diri sebagai bupati pada pemilihan kepala daerah Gunungkidul 2020 melalui Partai NasDem. Namun lagi-lagi gagal, kali ini gara-gara tak mendapatkan restu dari keluarganya yaitu Jokowi.

Sebelum terjun ke politik, Wahyu Purwanto berbagai berkecimpung di tempat dunia pendidikan. Ia pernah menjabat sebagai rektor pada Universitas Gunung Kidul. Pernah juga bekerja pada STIE Mitra Indonesia Yogyakarta sebagai Direktur Magister Manajemen.

Lalu Wakil Direktur Proyek Magister Manajemen di area STIE Widya Wiwaha,  Pembina Yayasan Pendidikan Mahisa Agni, Komisaris Utama PT Berlian Intitama Jakarta, Komisaris PT Multi Ocean Shipyard Jakarta, dan juga direktur utama Jogjakarta Institute for Educational Research.

Bicara mengenai pendidikan, Wahyu Purwanto pernah berkuliah di dalam Jurusan Teknik Pertanian, UGM pada 1980-1985. Kemudian meneruskan kuliah Jurusan Teknik Industri dalam ITB pada 1989-1991, dan juga mengambil kegiatan S3 Jurusan Sistem Bioproduksi pada Ehime University.

Related Articles

Back to top button