Bisnis

Profil PT Thiess Batam: Siapa Pemilik, Pemegang Saham, juga Lokasi Kantornya

Gragehotels.co.id – PT Thiess Engineering Indonesia yang tersebut terletak di dalam Perkotaan Batam, Kepulauan Riau baru hanya Rebuild Center khusus kendaraan tambang pada Perkotaan Batam Selasa (30/1/2024) lalu. Lantas siapa pemilik PT Thiess Batam yang digunakan juga bergerak di area Industri pertambangan? 

Thiess merupakan perusahaan global yang mana berkantor pusat di dalam Australia. Di samping itu, mereka itu juga memiliki cabang di dalam Indonesia, India, juga beberapa orang negara pada Amerika Selatan.

Mengutip website resminya, perusahaan ini awalnya dimiliki oleh Thiess bersaudara. Mereka memulai jual jasa pada bidang kontraktor jalan dalam Darling Downs Australia. 

Lima bersaudara ini meningkat pesat di sektor konstruksi. Mereka mengungguli kontrak terbesar yang diberikan untuk perusahaan Australia pada Strategi Snowy Mountains Hydro-Electric.

Ini melambungkan perusahaan ke tingkat nasional dan juga pengiriman infrastruktur utama termasuk bendungan, pelabuhan, terowongan, jalan raya, bandara, rumah sakit, juga bangunan komersial.

Di berada dalam krisis energi Australia pada tahun 1940-an, Thiess bersaudara membuka cadangan batu bara yang dimaksud vital pada Queensland kemudian New South Wales dengan merintis penambangan terbuka skala besar. Peran kepemimpinan di tempat sektor sumber daya ini meluas ke tingkat internasional pada tahun 1960-an ketika Thiess Peabody Mitsui mendirikan perdagangan ekspor perkembangan bangsa (nation-building export trade) dengan Negeri Sakura di memproduksi batubara kokas Queensland berkualitas tinggi. 

Kini tambahan dari 85 tahun berlalu, pada 2021 Korporasi Konstruksi CIMIC melakukan penandatanganan perjanjian dengan Elliott Advisors untuk berinvestasi di 50 persen modal saham Thiess, memberikan kontrol sama-sama menghadapi Thiess untuk CIMIC kemudian Elliot.

Thiess juga berekspansi ke Amerika Utara, membuka kantor dalam Salt Lake City, Utah, menyusul pengumuman kontrak layanan pertambangan pertama kami pada wilayah tersebut. Thiess kemudian bermitra dengan Mine Energy Solutions untuk menghadirkan teknologi substansi bakar ganda yang mana lebih banyak rendah emisi ke armada pertambangannya, yang digunakan pertama untuk penyedia layanan pertambangan pada lapangan usaha ini.

Terakhir, pada 2022 Thiess mengakuisisi MACA, sebuah perusahaan kontraktor untuk mendiversifikasi operasi lintas komoditas, geografi, dan juga layanan.

Masih dari website yang tersebut sama, saat ini pemegang saham Thiess adalah CIMIC dengan kepemilikan 50 persen saham. CIMIC merupakan kontraktor terkemuka dunia.

Grup CIMIC mencakup usaha pembangunan Kontraktor CPB, termasuk Leighton Asia serta Broad, perusahaan pemrosesan mineral Sedgman, spesialis solusi aset UGL, serta lengan kemitraan publik-swasta Pacific Partnerships – semuanya didukung oleh konselor teknik internal EIC Activities.

Pemegang saham lain adalah perusahaan Inggris Elliot Advisors. Korporasi ini bergerak di area bidang manajemen aset sejak 1977. 

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button