Bisnis

Profil Idrus Marham, Politisi Senior Punya 60 Aset Tanah dalam DKI Jakarta juga Bogor

Gragehotels.co.id – Profil kemudian kekayaan Idrus Marham, politikus Partai Golongan Karya (Golkar) disorot setelahnya mengaku pernah diangkat menjadi Komisaris PT Citra Lampia Mandiri (CLM).

Pasalnya, Direktur Utama perusahaan tersebut, Helmut Hermawan baru cuma ditetapkan sebagai terperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai penyuap mantan Wakil Menteri Hukum dan juga HAM, Edward Omar Sharif Hiariej. Idrus juga dipanggil oleh KPK Rabu (31/1/2024) untuk menjalani pemeriksaan pada statusnya sebagai saksi untuk Helmut. 

Kendati demikian, kedudukan Idrus sebagai komisaris cuma berlangsung sehari. Dia awalnya diangkat di Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada 4 Juli 2022 namun mengundurkan diri sehari kemudian oleh sebab itu merasa tak kompeten dengan jabatan tersebut. 

Profil Idrus Marham

Idrus Marham bukanlah nama baru di area tubuh Partai Golkar. Profil Idrus Marham terus-menerus dihubungkan dengan perseteruannya dengan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

Pada akhir 2023 lalu, Idrus disebut – sebut ingin melengserkan Airlangga dari kursi ketua umum Golkar. Dia bahkan membentuk Tim Pemrakarsa Kebangkitan Partai Golkar untuk melengserkan sang ketua umum. 

Idrus menyebut, Tim Pemrakarsa Kebangkitan Partai Golkar ini muncul lantaran kesadaran kolektif para mantan kader Golkar yang tersebut tiada masuk struktur kepengurusan di area bawah kepemimpinan Airlangga.

“Tim pemrakarsa adalah adanya kesadaran secara kolektif yang tersebut muncul dari sebagian keluarga Partai Golkar, utamanya para pemimpinnya bahwa kepemimpinan hari ini tidak ada produktif,” tutur Idrus di konferensi pers di dalam Jakarta, Rabu (2/8/2023).

Idrus sendiri merupakan Sekjen Golkar era Setya Novanto. Ia terjerat tindakan hukum korupsi proyek PLTU Riau-1 dan juga harus menjalani hukuman selama dua tahun di dalam penjara sejak 2020. Arsip pemberitaan pada 2019 menyebutkan awalnya Idrus Marham dituntut lima tahun penjara dan juga denda Rp300 jt subsider empat bulan kurungan penjara menghadapi perkara PLTU Riau – 1. 

Idrus bersatu mantan Wakil Ketua Komisi VII Eni Maulani Saragih diyakini menerima hadiah sebagai uang total Mata Uang Rupiah 2,250 miliar di perkara suap proyek PLTU Riau-1. Suap itu diduga mengalir ke Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar 2017.

Kekayaan Idrus Marham 

Idrus Marham tercatat di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 2017 ketika masih menjabat sebagai Menteri Sosial. Saat itu harta kekayaannya tercatat Rp25,7 miliar. Namun, Rp22 miliar di dalam antaranya terdiri dari rumah lalu bangunan. 

Idrus diketahui miliki 60 bidang tanah kemudian bangunan. Aset itu sebagian besar tersebar di tempat Bogor juga Ibukota Indonesia Selatan. 

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button