Bisnis

Potongan Tarif 20% Tol Jakarta-Semarang Berlaku Hari Ini, Simak Ketentuannya

Gragehotels.co.id – JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk sama-sama kelompok usahanya beserta beberapa orang Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya dalam Jalan Tol Trans Jawa mulai memberlakukan potongan tarif sebesar 20% untuk Jalan Tol Trans Jawa dari Ibukota Indonesia menuju Semarang pada periode arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1445/Tahun 2024.

Potongan tarif tol 20% yang mana berlaku pada hari ini, Rabu (3/4/2024) pukul 05.00 Waktu Indonesia Barat hingga hari terakhir pekan (5/4/2024) pukul 05.00 Waktu Indonesia Barat ituhanya untuk perjalanan menerus dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada arus mudik.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, potongan tarif tol ini untuk mendistribusikan lalu lintas yang dimaksud diprediksi akan mulai meningkat pada hari hari terakhir pekan (5/4) kemudian menghindari terkonsentrasi satu titik waktu pada puncak arus mudik yang tersebut diprediksi jatuh pada Hari Sabtu (6/4/2024).

“Hal ini sejalan dengan imbauan pemerintahan untuk melakukan perjalanan mudik lebih banyak awal dan juga menghindari puncak arus mudik sehingga rakyat dapat memanfaatkan waktu pemberlakuan potongan tarif tol ini untuk menghindari wilayah yang digunakan berpotensi menjadi titik kepadatan dalam jalan tol Jasa Marga Group, khususnya dari Ibukota Indonesia s.d Semarang,” jelasnya, melalui keterangan resmi, Rabu (3/4/2024).

Sejalan dengan itu, Lisye mengingatkan pengguna jalan tol bahwa potongan tarif ini hanya sekali akan berlaku jikalau operasi dilaksanakan dengan menggunakan uang elektronik (e-toll). Dia menambahkan, potongan tarif bukan berlaku apabila operasi dengan keseimbangan pembayaran tol elektronik tak mencukupi atau tidaklah terbaca selama lalu golongan kendaraan.

“Untuk itu sebelum memulai perjalanan, sekali lagi pastikan kecukupan nilai tol elektronik minimal Rp500.000 untuk kendaraan golongan I yang mana melakukan perjalanan dari Ibukota Indonesia ke Semarang untuk menghindari kekurangan jumlah pada waktu melakukan operasi pada GT Kalikangkung untuk menghindari antrean di area gerbang tol,” ujarnya.

Lisye menambahkan, potongan tarif 20% akan diberlakukan bagi semua golongan kendaraan. Untuk perjalanan menerus tersebut, pengguna jalan akan menyeberangi beberapa ruas jalan tol baik jalan tol Jasa Marga Group diantaranya Jakarta-Cikampek, Palimanan-Kanci, Batang-Semarang kemudian Semarang Seksi ABC dan juga jalan tol Non Jasa Marga Group di dalam antaranya Cikampek-Palimanan, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang kemudian Pemalang-Batang.

“Pemberlakuan potongan tarif tol akan dihitung pada pada waktu melakukan tap out di tempat gerbang tol meninggalkan yaitu di dalam GT Kalikangkung pada periode arus mudik atau GT Cikampek Utama pada periode arus balik sesuai dengan tanggal lalu waktu yang tersebut telah lama ditentukan. Potongan tarif menjadi bukan berlaku apabila pengguna jalan tap out pada hari terakhir pemberlakuan potongan tarif melebihi pukul 05.00 WIB. Maka dari itu, kami mengimbau pengguna jalan untuk mempersiapkan waktu perjalanan pada arus mudik kemudian arus balik sebaik mungkin saja agar dapat memanfaatkan potongan tarif 20%,”paparnya.

Related Articles

Back to top button