Bisnis

Pos Indonesia Salurkan Bansos PKH dan juga Sembako 500 KPM di tempat Salatiga

Gragehotels.co.id – JAKARTA – PT Pos Indonesia (Persero) atau Pos IND melanjutkan penyaluran bantuan sosial (bansos) PKH kemudian sembako di dalam Pusat Kota Salatiga, Jawa Tengah pada awal April 2024. Pembagian bansos di tempat kota yang dimaksud merupakan bagian dari rangkaian jadwal penyaluran triwulan I tahun ini. Penyaluran bansos ini dilaksanakan di area Kantorpos KC Salatiga. Total, merekan berhasil menyalurkan bantuan ke 500 keluarga penerima faedah (KPM).

“Hari ini bisa saja kita lihat ada penyaluran bansos PKH yang mana kita mulai untuk triwulan satu. Kebetulan, pada hari ini, ada penjadwalan di dalam khusus Perkotaan Salatiga, Kecamatan Sidomukti. Ada sekitar 500 KPM yang tersebut disalurkan,” ujar Executive Manager Kantorpos KC Salatiga, Semarang, Danang Ardi Hasto, Hari Jumat (26/4/2024).

Danang juga menjelaskan ada beberapa tahap yang tersebut dijalankan di penyaluran PKH. Seluruh tahap yang dimaksud dilaksanakan dengan baik.

“Kalau temanya bantuan ini kan bantuan kerawanan pangan. Di situ mencakup tiga tahap. Pertama itu yang dimaksud PKH sembako kemudian PKH murni. Untuk PKH murni ini kan sudah ada kita salurkan sampai tanggal 22 Maret kemarin sudah ada selesai, kemudian yang mana sekarang ini kita salurkan itu yang mana sempat tertunda pertengahan Februari kemarin oleh sebab itu vouchernya, penerima bantuan ini harusnya menerima dua tahap sekaligus,” kata Danang.

“Tapi, di area tahap yang mana kemarin itu hanya saja menerima satu tahap saja. Jadi makanya di-pending kemudian diganti voucher yang tersebut baru. Makanya masuk ke jadi batch yang terakhir, yaitu sebesar Rp400 ribu,” ujarnya.

Saat melakukan penyaluran, Kantorpos KC Salatiga melakukan koordinasi dengan beberapa pihak seperti Dinas Sosial dan juga Tenaga Kepuasan Sosial Kecamatan (TKSK). Hal yang disebutkan dilaksanakan agar penyaluran mampu berjalan dengan baik kemudian juga tepat sasaran.

“Pertama kami harus koordinasi dengan Dinas Sosial selaku yang digunakan pemberi kerja. Kemudian, kami menggandeng TKSK, masing masing kecamatan. Seperti yang tersebut kita lihat sendiri, yang dalam sana itu bapak TKSK untuk wilayah kota Salatiga,” papar Danang.


Kemudian, pihak Kantorpos melakukan beberapa langkah seperti penyusunan jadwal, pembagian undangan, kemudian memilih tempat penyaluran. Langkah koordinasi yang dilaksanakan Kantorpos disambut baik oleh Tenaga Keseimbangan Sosial Kecamatan (TKSK). Mereka pun mengaku koordinasi ini terus dijalankan demi kelancaran penyaluran bantuan.

“Tugas kami selaku TKSK, kami selalu diminta oleh Pos, selalu berkoordinasi terkait dengan proses kelancaran penyaluran antara lain: dari awal, kami diajak koordinasi. Kemudian, kami menyampaikan undangan untuk KPM. Itu terkoneksi dengan segera dengan kelurahan maupun kami dengan dibantu PSM, kader sosial untuk menyampaikan undangannya,” ujar pendamping TKSK KPM, Muslih.

Related Articles

Back to top button