Nasional

Polri Kerahkan Tim Urai Polwan untuk Atasi Kemacetan pada Jabar pada waktu Arus Mudik Lebaran

Gragehotels.co.id – JAKARTA – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan, pihaknya telah lama menyiapkan banyak rekayasa lalu lintas (lalin) hingga menurunkan regu urai kemacetan pada titik padat kendaraan pada waktu arus mudik juga balik Lebaran 2024, salah satunya di tempat Jawa Barat lalu Jawa Tengah.

Awalnya Aan mengatakan, Jawa Barat merupakan salah satu wilayah yang digunakan mempunyai titik rawan kepadatan arus lalu lintas, ketika masa mudik juga balik Lebaran 2024.

“Jawa Barat ini menjadi yang dimaksud luar biasa sebab selain dilewati oleh pemudik dari Jabodetabek, Jawa Barat juga menjadi tujuan para pemudik kemudian masuk ranking 3 selama pemudik yang dimaksud akan mudik nantinya,” kata Aan ketika hadir di Rapat Kesepahaman Persiapan Angkutan Lebaran 2024 di tempat Provinsi Jawa Barat lalu Jawa Tengah, dikutipkan Awal Minggu (1/4/2024).

Hal itu lah, kata Aan, yang digunakan menimbulkan pihaknya menyiapkan banyak antisipasi kepadatan arus lalu lintas seperti rekayasa lalu lintas hingga menurunkan kelompok urai kemacetan. “Sudah menyiapkan cara bertindak yang dimaksud akan dilaksanakan mulai contraflow, oneway sampai nanti akan menerjunkan pasukan urai,” katanya.

“Dari Korlantas juga telah mem-back up untuk kendaraan operasional kelompok urai ini nanti dari Jawa Barat akan menurunkan kelompok urai dari Polisi Wanita (Polwan) dengan harapan pada saatnya nanti ini bisa saja tambahan patuh lagi para pengemudi,” sambungnya.

Sebelumnya, Aan menjelaskan, pembentukan kelompok pengurai kemacetan adalah untuk mengantisipasi kepadatan jalan pada waktu arus mudik kemudian balik lebaran. Seperti diketahui 193,6 jt jiwa diprediksi akan melakukan perjalanan mudik.

“Kita akan bentuk regu pengurai kemacetan, akan kita distribusikan 500 kendaraan roda dua untuk membantu Sub Satgas Urai Macet sehingga mampu memaksimalkan, memperlancar, menjamin keselamatan penduduk pada pada waktu mudik,” kata Aan, Selasa, 26 Maret 2024.

Menurutnya, strategi untuk melayani penduduk sangat diperlukan mengingat jalur darat masih menjadi primadona bagi para pemudik. “Melihat anev tahun lalu sejumlah sekali trouble spot yang mana mengakibatkan kemacetan maupun perlambatan khususnya untuk para pengemudi yang digunakan berhenti di area bahu jalan atau mendapat gangguan,” ucapnya.

Aan berharap, dengan dibentuknya kelompok urai kemacetan dapat membantu memperlancar arus lalu lintas atau pengendara yang mana mendapati gangguan pada pada waktu arus mudik-balik.

“Nanti cara bertindaknya melakukan patroli sesuai dengan jam rawannya, kemudian apabila dari Command Center ada laporan gangguan, titik macet, pasukan ini yang tersebut akan turun untuk mengurai kemacetan,” katanya.

Related Articles

Back to top button