Nasional

Pidato Puan Di Rapat Paripurna: Negara Tak Boleh Kurangi Hak Rakyat Memilih Pemimpin

Gragehotels.co.id – Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan bahwa rakyat mempunyai hak untuk memilih secara bebas pada pemilihan umum. Ia berujar, inti dari pemilihan sendiri adalah rakyat menggunakan haknya yang dimaksud secara bebas.

Kata dia, rakyat memiliki hak untuk menjalankan kedaulatannya pada memilih pemimpin kemudian wakil-wakilnya.

“Negara tiada boleh mengempiskan hak rakyat pada menjalankan kedaulatannya. Harus diberi ruang kebebasan yang dimaksud seluas-luasnya bagi rakyat untuk memilih sesuai hati nuraninya,” ujar Puan di pidatonya pada Rapat Paripurna Penutupan Masa Persidangan III Tahun Sidang 2023-2024, Selasa (6/2/2024).

Puan menegaskan komitmen DPR RI untuk menegakkan praktik berdemokrasi yang tetap saja menjaga persatuan bangsa, menjaga konstitusi, merancang cara berpolitik juga berdemokrasi yang tersebut semakin berkeadaban yang digunakan dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan.

“DPR RI menjamin bahwa seluruh aparat negara harus dapat menciptakan kondisi politik, sosial, ekonomi, dan juga budaya yang dimaksud memungkinkan adanya praktik kebebasan, memilih secara bebas jurdil, setara juga rahasia,” beber Puan.

Ia berujar DPR RI melalui alat kelenglapan majelis atau AKD terkait terus melakukan pengawasan berhadapan dengan pelaksanaan peraturan perundang-undangan yang dimaksud terkait dengan Pemilu, netralitas ASN, netralitas TNI Polri, aturan lalu ketentuan berkampanye, KPU Bawaslu lalu lain sebagainya.

“AKD terkait yang lainnya mengambil bagian menjamin sarana lalu prasarana penyelenggaraan pemilihan raya 2024 telah lama tersedia juga terdistribusi sesuai dengan jadwal yang mana telah dilakukan direncanakan. Petugas melaksanakan pemilihan raya sudah pernah terbentuk juga memahami seluruh tahapan penyelenggaraan pemungutuan suara, perhitungan suara, pelaporan lalu lain sebagainya persiapan aparat negara pada menjaga ketertiban Pemilu,” imbuh Puan.

Related Articles

Back to top button