Nasional

Petugas Haji Wajib Pakai Seragam serta Siap Bertugas 24 Jam

Gragehotels.co.id – Petugas haji diwajibkan menggunakan seragam meskipun ketika berada di dalam Masjidilharam di tempat Makkah atau Masjid Nabawi dalam Madinah juga siap bertugas 24 jam. Penegasan itu diungkapkan Direktur Bina Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan juga Umrah (Ditjen PHU) Kemenag RI, Arsad Hidayat.

Arsad Hidayat menekankan untuk petugas haji memakai seragam ketika memberikan materi Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap 890 Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Rabu (20/3/2024) di tempat Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. Arsad mengungkapkan, petugas haji menjadi orang pertama yang akan dicari jemaah haji Indonesia ketika mereka itu menemukan permasalahan.

Seragam akan menjadi penegas eksistensi petugas haji selama menjalankan tugasnya di area tanah suci. ”Saya kasih contoh komitmen menggunakan seragam. Ketika menyatakan dirinya sebagai petugas haji harus pakai seragam,”tegas Arsad.

Arsad menghubungkan seragam sebagai jati diri petugas haji yang tersebut menunjukkan sebagai pembentuk perilaku juga pembeda dengan jemaah.”Petugas haji selalu pakai sergam. Seragam adalah jati diri petugas haji,”ungkapnya.

Dia memberikan contoh persoalan hukum ketika ada jemaah haji Indonesia yang dimaksud tersesat pada waktu menjalankan haji. ”Seragam petugas haji akan memudahkan jemaah mengajukan permohonan bantuan teristimewa yang dimaksud tersesat,” jelasnya..

Related Articles

Back to top button