Kesehatan

Penyakit Ginjal Bisa Dialami di area Usia Muda, Junk Food Jadi Salah Satu Penyebab Utamanya?

Gragehotels.co.id – Penyakit ginjal menjadi salah satu yang dimaksud menjadi permasalahan bagi sejumlah orang. Pasalnya, kondisi ini apabila dibiarkan dapat berbahaya, hingga mengancam nyawa. Oleh sebab itu, penyakit ginjal menjadi salah satu yang dimaksud harus diwaspadai.

Di sisi lain, penyakit ginjal juga bukan hanya saja menyerang orang dewasa. Saat ini, banyak anak muda yang dimaksud juga didiagnosis penyakit ginjal. Berdasarkan keterangan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital Bekasi, dr. Maria Aulia Sandjaja, Sp.PD, ada beberapa pasien yang digunakan alami penyakit ginjal di tempat usia 30 tahun.

Lalu apa yang tersebut menjadi penyulut anak muda mampu terkena penyakit ginjal?

dr Maria mengatakan, salah satu penyulut anak muda alami penyakit ginjal ini dikarenakan kebiasaan makan yang buruk. Ia menjelaskan, pada waktu ini banyak generasi muda yang cenderung konsumsi makanan cepat saji alias junk food.

Padahal, pada junk food itu sendiri terdapat komposisi gula dan juga lemak yang tinggi. Kandungan yang dimaksud yang digunakan terlalu rutin menyebabkan permasalahan pada ginjal seseorang.

Ilustrasi sakit pinggang oleh sebab itu penyakit ginjal. (Shutterstock)
Ilustrasi sakit pinggang dikarenakan penyakit ginjal. (Shutterstock)

“Yang paling rutin (sakit ginjal) akibat pola makan mereka terlalu berbagai junk food dan juga konsumsi gula berlebihan. Saat ini terlalu berbagai junk food junk food kemudian merek (anak muda) lebih tinggi suka makanan seperti itu. Padahal yang mana bahaya dari makanan junk food itu gulanya berlebihan lalu penyedap yang digunakan berlebihan,” jelas dr Maria di Health Talk Eka Hospital Hari Ginjal Sedunia, Kamis, (7/3/2024).

Bukan cuma itu, kebiasaan lain seperti kurangnya olahraga juga informasi yang digunakan cukup terkait menjaga kebugaran ginjal juga menjadi faktor. Menurut dr. Maria, beberapa anak muda masih kurang sosialisasi terhadap hal-hal yang tersebut untuk menjaga kemampuan fisik ginjal.

“Sama nggak pernah olahraga lalu kurangnya sosialisasi juga mungkin saja mampu menjadi penyebab,” jelas dr Maria.

Gejalanya jarang diketahui

Penyakit ginjal ini juga termasuk silent killer. Biasanya, beberapa orang bukan sadar apabila dirinya mengalami penyakit ginjal. Hal ini yang dimaksud menjadi kendala oleh sebab itu terapi dijalankan pada waktu kondisi sakit yang disebutkan telah parah.

Untuk itu, dr Maria menganjurkan untuk mengawasi berbagai tanda-tanda yang patut diwaspadai. Berdasarkan keterangannya, apabila memiliki tekanan darah tinggi alias hipertensi, orang yang disebutkan harus telah mulai lakukan kontrol.

Cara Memperbaiki Fungsi Ginjal (shutterstock)
Ilustrasi Ginjal (shutterstock)

Hal ini untuk mengetahui apakah ada komplikasi di dalam ginjal atau organ lainnya. Dengan melakukan kontrol, hal ini akan membantu orang yang dimaksud mengetahui kondisi kondisi tubuh ginjalnya maupun organ lainnya.

“Kalau sudah ada ada gangguan seperti darah tinggi hipertensi itu sudah ada harus dari awal mulai dikontrol. Jadi kontrol itu gunanya untuk mengamati komplikasi atau tiada pada ginjal dan juga organ lainnya. kalau kontrol ada gangguan, dapat dipilihkan obat gula atau tensi yang mana aman untuk ginjal jadi enggak sembarang kita kasih,” jelasnya.

Sementara itu, untuk orang dengan kondisi tubuh sehat, dr Maria menyarankan untuk menjaga pola hidup sehat. Hal ini dapat diadakan dengan tidaklah merokok, konsumsi makanan sehat, juga berbagai pola hidup baik lainnya.

“Kalau sehat paling menjaga hidup pola hidupnya aja. Kalau orangnya tiada ada penyakit apapun dan juga orang usia muda maka gaya hidup sehatnya seperti jangan merokok, makan yang baik dan juga kalau nggak ada penyakit nggak perlu kontrol, tapi terapkan gaya hidup sehat,” jelasnya.

Related Articles

Back to top button