MOBILE LEGENDS AKAN DIHAPUS?

Mobile Legends Akan Dihapus – Bagi kamu yang gemar memainkan game di handphone (HP) pasti sudah tidak asing lagi dengan game yang bernama Mobile Legends.

Mobile Legends atau yang sering disingkat dengan ML adalah game MOBA yang sangat populer di dunia, tidak terkecuali di Indonesia.

Setelah ada kabar bahwa game Free Fire atau FF diberitakan akan dihapus, saat ini isu yang sama juga menerpa game ML bahwa akan dihapus di Indonesia.

Isu bahwa ML akan dihapus sempat terdengar pada tahun 2020, lebih tepatnya pada bulan Maret.

Hal ini diakrenakan adanya penilaian dari Dinas Kominfo Banjarmasin yang menilai bahwa ML membuat siswa atau pelajar semakin malas.

Tidak dipungkiri bahwa bermain ML sangat mengasyikan apalagi bersama teman-teman sehingga sering membuat lupa waktu untuk belajar.

Tetapi, apakah sumber kemalasan hanya berasal dari ML saja? Tidak adil rasanya jika menilai ML sebagai sumber kemalasan belajar para pelajar.

Bukan hanya itu saja, ML juga telah menjadi game e-sports yang telah berkembang di Indonesia, dimana banyak pro player yang telah memenangkan banyak kejuaraan atau turnamen.

Bagi para player ML mendengar kabar ML akan dihapus atau diblokir pasti sangat membuat geram.

Bagaimana tidak? ML adalah salah satu game mobile yang sangat digemari di Indonesia. Tidak sedikit yang telah membeli diamond dan skin di ML menggunakan uang.

Tidak hanya itu juga, banyak yang telah berupaya menginvestasikan waktunya demi menjadi pro player ML dengan harapan bisa bergabung ke pro scene nantinya.

Tapi kamu ga perlu khawatir dulu terkait ML akan dihapus, karena berita ini adalah berita yang bisa dipastikan hoax!

Saat ini banyak sekali berita hoax yang menyebar, tanpa sumber dan data yang jelas dengan mudah suatu oknum tidak bertanggung jawab menyebarkan berita yang tidak benar.

Sehingga setelah kamu membaca berita, jangan langsung ditelan begitu saja. Kamu harus berusaha untuk mencari sumber lainnya dan menemukan fakta terkait suatu artikel yang kamu baca apakah hoax atau tidak.

Untuk mengetahui kebenaran apakah ML akan diblokir atau dihapus di Indonesia, kamu dapat membaca penjelasan di bawah ini:

X FAKTA MOBILE LEGENDS AKAN DIHAPUS ADALAH HOAX

Mobile Legends Akan Dihapus

Setelah kami cek dari sumber-sumber berita yang mengabarkan bahwa Mobile Legends akan dihapus, dapat disimpulkan bahwa berita tersebut adalah hoax.

Berita hoax tersebut telah membuat para player ML, mungkin termasuk kamu resah dan khawatir akan kehilangan ML yang sudah menemani kamu sehari-hari.

Terdapat beberapa fakta yang mendukung bahwa ML tidak akan dihapus di Indonesia, di antaranya:

1. Moonton Memberikan Update

Moonton adalah developer dari ML yang bertanggung jawab untuk kelangsungan bermain ML dengan lebih nyaman.

Terhitung sejak berita hoax ini tersebar, Moonton melakukan update pada ML, yaitu 1.5.70.6241 dengan ukuran 106MB.

Untuk dapat memainkan ML saat ini, kamu memperlukan HP dengan sistem operasi seperti Android 4.1 serta iOS yang setara untuk dapat memainkan ML.

Pada dasarnya, jika setiap developer melakukan update menjadi versi yang lebih baru maka telah melewati masa uji coba sebelum update tersebut diimplementasikan.

Baik dari segi kenyamanan, keamanan, dan fitur-fitur lainnya yang mengalami update harus dipastikan tidak membuat efek negative dalam permainan.

Tidak hanya itu juga, saat ini jika kamu perhatikan bahwa Moonton sebagai developer dari ML berupaya terus menerus untuk memperbaiki karakter agar terlihat lebih sopan.

Hal tersebut mengingat banyaknya anak-anak yang memainkan permainan ini, sehingga menampilkan karakter dengan pakaian yang tidak sopan akan memiliki stigma negatif di mata orang tua.

2. Mobile Legends adalah Game Terkenal di Indonesia

Mobile Legends Akan Dihapus

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa ML merupakan game mobile yang sangat populer di Indonesia.

Hal ini karena ML dapat dimainkan oleh semua kalangan dan tidak terbatas pada jenis kelamin. Game ML tidak hanya dimainkan oleh anak-anak saja, tetapi juga dimainkan oleh orang dewasa baik pria atau pun wanita.

Hal ini juga dapat dilihat atau didukung dengan jumlah pemainnya yang sangat banyak, dapat kamu temukan jika ML telah diunduh hingga 100.000.000 user di Google Play Store.

Tidak hanya itu juga, ML sebagai game yang sangat populer di Indonesia mempunyai komunitas yang sangat banyak.

Biasanya antar komunitas memiliki agenda tersendiri dan pasti akan mempertahankan ML agar tidak dihapus.

Popularitas game ML juga didukung oleh banyaknya pro player yang berinteraksi langsung oleh para pemain ML lainnya.

Kamu bisa mendapatkan interaksi langsung dengan para pro player ML Indonesia dengan menonton langsung siaran live streaming.

Salah satu pemain pro player ML Indonesia yang sering melakukan live streaming adalah Oura, mantan pemain EVOS.

Oleh karena itu, ML tetap menjadi game yang populer di Indonesia mengingat banyaknya peminat dan influencer yang memainkannya.

3. Penambahan Hero Baru

Mobile Legends Akan Dihapus

Bagi kamu para pemain ML, pasti sudah tidak asing lagi bahwa Moonton sering memberikan update sekaligus menambah hero baru untuk kamu mainkan.

Terbukti untuk merespons adanya berita bahwa ML akan dihapus, Moonton melakukan update dan memberikan hero baru, yaitu Gloo.

Dengan adanya hero baru, maka permainan ML akan semakin menarik banyak orang lagi karena akan ada hal-hal baru di dalamnya.

4. Mini Games: Magic Chess S5

Saat dulu ML belum sepopuler sekarang, ML hanya memiliki 1 mode permainan saja, yaitu classic. Seiring berjalannya waktu, terdapat ranked dan saat ini sudah memiliki mode lain yang dapat dikatakan sebagai mini games.

Mini games tersebut adalah Magic Chess, dikatakan sebagai mini games dikarenakan sejatinya untuk ML adalah game MOBA 5 vs 5.

Pada tanggal 24 April 2021, Moonton memberikan update terkait dengan magic chess yang saat ini telah memasuki season 5 yang bisa ikut kamu mainkan. Hal ini menambah poin bahwa ML tidak akan dihapus.

5. Pajak

Pemerintah Indonesia memutuskan bahwa saat ini game mobile juga dapat dikenakan pajak. Hal ini dikarenakan terdapat transaksi di dalamnya.

Sebagai contoh, jika kamu membeli diamond dengan melakukan top up, hal tersebut termasuk transaksi di dalamnya.

Tidak terkecuali game ML. ML juga dikenakan pajak untuk bisa dimainkan di Indonesia. Pajak tersebut adalah pajak pertambahan nilai atau PPN sebesar 10%.

Di satu sisi, maka jika kamu melakukan top up akan bertambah mahal, tetapi di sisi lain juga hal ini membuat game ML sudah diakui oleh pemerintah.

Jika sudah diakui oleh pemerintah bahwa ML memiliki status legalitas yang jelas di Indonesia.

Poin terakhir ini adalah poin yang sangat meyakinkan bahwa ML ga akan dihapus di Indonesia karena menambah pemasukkan bagi negara.

Nah itu dia 5 hal yang membuat berita Mobile Legends akan dihapus di Indonesia bisa dipastikan sebagai berita bohong atau hoax.

Selagi kamu sudah mengetahui kebenarannya, tidak perlu khawatir lagi untuk memainkan ML bersama-sama dan melakukan top up ya guys!

 

 

5/5 - (3521 votes)

Leave a Comment