ML akan dihapus

ML Akan Dihapus Memang ada-ada saja kabar dari dunia maya dan media sosial. Setelah sebelumnya sempat beredar kabar bahwa game Free Fire akan dihapus, kini mulai merebak lagi kabar serupa.

Bedanya, kini game Mobile Legends yang dikabarkan akan dihapus. Wah, kamu yang merupakan pecinta game buatan Moonton ini pasti kaget mendengarnya.

Nah, terkait kabar bahwa ML akan dihapus, kira-kira apakah kabar tersebut valid atau sekedar hoax belaka?

Untuk mengetahui jawabannya, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu dari mana dan bagaimana kabar ini bermula.

Karenanya, yuk simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Kontroversi Mobile Legends

ML akan dihapus

Di luar kabar yang menyebutkan bahwa MLBB akan dihapus, sebenarnya Mobile Legends sendiri sebelumnya sempat menuai kontroversi.

Contohnya, di awal rilisnya pada 2016, game yang dikembangkan oleh Moonton ini sempat dituntut oleh Riot Games selaku developer untuk game League of Legends atau LoL. Alasannya, Mobile Legends dianggap melakukan plagiat terhadap LoL.

Tuntutan ini menyebabkan Moonton saat itu menghapus game yang masih bernama Mobile Legends: 5 vs 5 MOBA dari Playstore maupun App Store. Meski begitu, Moonton akhirnya kembali merilis game ini dengan nama baru yaitu Mobile Legends: Bang Bang.

Sekitar satu tahun kemudian yaitu pada 2017, Riot Games kembali menuntut Moonton. Tuntutan kali ini diajukan Riot Games karena menganggap Moonton telah meniru berbagai elemen yang ada di game LoL.

Beberapa elemen yang dituduhkan ditiru oleh Moonton di antaranya adalah karakter hero, rancangan peta, desain karakter, artwork, hingga desain monster dalam game. Bahkan nama Mobile Legends sendiri dikatakan mirip dengan nama League of Legends.

Gugatan ini sempat dibawa ke Pengadilan Distrik Pusat California yang terletak di Amerika Serikat. Namun akhirnya kasus ini dibatalkan karena alasan forum non conveniens.

Awal Kabar ML Akan Dihapus Berasal

ML akan dihapus

Kabar mengenai akan dihapusnya game Mobile Legends sebenarnya berawal dari mana, sih? Kabar ini sebenarnya muncul pertama kali dari sebuah unggahan di platform Tiktok.

Sebuah akun Tiktok bernama @hsugabriel merupakan pihak yang pertama kali mempopulerkan kabar mengenai Mobile Legends akan dihapus.

Dalam unggahannya kala itu, ia membagikan sebuah hasil tangkapan layar berupa cuitan Twitter yang berasal dari akun resmi Mobile Legends: Bang Bang.

Cuitan tersebut menyebutkan bahwa game ML akan segera dihapus dari Playstore dan App Store pada Januari 2022. Lebih lengkapnya, cuitan berbahasa Inggris tersebut jika diartikan akan berbunyi seperti ini:

“Sebagai sebuah perusahaan, sudah saatnya Moonton memutuskan untuk pindah kepada hal baru dan lebih besar. Karena itu, mulai 5 Januari 2022, Mobile Legends: Bang Bang akan dihapus dari App Store dan Google Playstore.

Hasil screenshot yang dibagikan oleh akun tersebut harus diakui memang terlihat seperti asli. Namun meskipun terlihat sangat meyakinkan, cuitan yang ada di hasil screenshot tersebut sebenarnya adalah hoax

Mengapa hoax? Karena setelah dicek ke akun media sosial resmi milik Mobile Legends, tidak ditemukan cuitan seperti yangtertera di unggahan akun Tiktok itu.

Namun sayangnya, kabar hoax ini sudah terlanjur tersebar dan menghebohkan para pemain Mobile Legends. Padahal sangat mudah untuk mengecek keaslian kabar tersebut.

Nah, agar kamu tidak perlu lagi khawatir akan kabar bahwa MLBB akan dihapus, berikut ini sederet alasan mengapa game populer tersebut akan terus ada dalam jangka waktu lama.

Alasan Mengapa Game ML Tak Akan Dihapus

  1. Moonton Selalu Memberikan Update MLBB Versi Terbaru

Salah satu bukti bahwa Mobile Legends tidak akan dihapus, adalah karena Moonton hingga saat ini selalu memberikan update terbaru kepada para pemain.

Tak hanya memberikan update, Moonton juga kerap memberikan event baru dan merilis berbagai hero baru pula. Hal ini tentunya merupakan pertanda bahwa Moonton akan terus menghadirkan Mobile Legends agar dapat selalu dimainkan para penggemarnya.

  1. Mobile Legends Adalah Salah Satu Game Terpopuler di Indonesia

Selain Moonton yang selalu memberikan update dan memperbarui Mobile Legends, game ini juga merupakan salah satu yang sangat populer dan digemari di Indonesia.

Kamu dapat dengan mudah menemukan pemain MLBB dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa pun gemar memainkan game satu ini.

Selain itu, di Google Playstore sendiri dapat dilihat bahwa MLBB ini telah meraih jumlah unduhan hingga lebih dari 100 juta pengunduh. Angka yang cukup fantastis, bukan?

Ditambah lagi, Mobile Legends juga memiliki basis penggemar dan komunitas yang solid. Dengan kepopuleran seperti ini, kecil kemungkinan Moonton memutuskan akan benar-benar menghapus game yang satu ini.

  1. Secara Berkala Menghadirkan Hero Baru dan Skin Baru

Moonton juga secara berkala menghadirkan berbagai hero baru beserta skin baru bagi hero yang sudah ada.

Dalam update versi terkini, sebut saja hero-hero baru yang diperkenalkan Moonton seperti Aamon dan Valentina yang membuat game ini menjadi semakin menarik.

Selain itu hadir pula berbagai skin baru seperti skin untuk Natalia, Roger, Nana, dan masih banyak lagi.

  1. Mobile Legends Sudah Dikenakan Pajak

Kemungkinan bahwa Mobile Legends akan dihapus juga kemungkinan sangat kecil, karena kini game tersebut sudah resmi dikenakan pajak oleh pemerintah.

MLBB diketahui memang merupakan salah satu game online yang dikenakan Pajak Pertambahan Nilai atau PPN sebesar 10 persen.

Ini tentu menunjukkan bahwa Mobile Legends merupakan salah satu game yang diakui oleh negara, sehingga kemungkinan besar akan beroperasi di Indonesia dalam waktu yang lama.

  1. Mencetak Prestasi Bagi Cabang Esport di Indonesia

Mobile Legends: Bang Bang adalah salah satu game online yang dilombakan di ajang esports. Bidang esports pun kini sudah merupakan cabang yang diakui oleh negara Indonesia.

Mobile Legends bahkan sempat dipertandingkan pada pagelaran Pekan Olahraga Nasional XX Papua 2021 lalu bersama sederet game online lainnya.

Tak cuma itu, Mobile Legends pun sudah melahirkan atlet-atlet esports yang mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Nah, dengan adanya faktor ini, tentu menjadi penguat bahwa Mobile Legends tidak akan dihapus.

  1. Kehadiran Mobile Legends Memperluas Lapangan Pekerjaan di Indonesia

Kebeeadaan Mobile Legends juga menambah lapangan pekerjaan bagi pemuda-pemudi di Indonesia. Beberapa pekerjaan di bidang esports seperti atlet, coach, konten kreator, brand ambassador, hingga media khusus esports hadir berkat adanya kontribusi Mobile Legends.

Ini semua berkat kepopuleran MLBB yang memiliki basis penggemar yang besar. Dengan melihat fakta ini, kamu tak perlu khawatir MLBB akan dihapus dan tidak bisa dimainkan lagi.

Seperti itulah pembahasan mengenai kabar bahwa Mobile Legends akan dihapus. Kesimpulannya, kabar tersebut hanyalah hoax belaka sehingga kamu tak perlu khawatir lagi.

Setiap ada kabar yang menggemparkan di internet terutama di media sosial, memang sebaiknya kita melakukan pengecekan lagi apakah kabar tersebut valid atau hanya kebohongan.

Semoga dengan terbuktinya kabar hoax ini, kita sebagai pengguna internet makin bijak dalam menanggapi setiap informasi yang beredar.

Baca Juga : Nama Mobile Legends Keren

5/5 - (3521 votes)

Leave a Comment