Bisnis

Menikmati Energi Bersih di dalam Ruas Tol Jasa Marga

Gragehotels.co.id – JAKARTA – Populasi mobil listrik di dalam Tanah Air terus meningkat. Fakta Korlantas Polri menyebutkan, hingga awal 2024 populasi mobil listrik telah lebih banyak dari 70 ribu unit dalam Indonesia Publik pun semakin merasa nyaman menggunakan mobil ramah lingkungan itu untuk melakukan perjalanan ke luar kota. Hal itu lantaran Pembangunan infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum ( SPKLU ) semakin masif dilakukan.

PT PLN (Persero) terus melakukan kolaborasi dengan pihak lain untuk menghadirkan energi bersih ramah lingkungan bagi masyarakat. Termasuk kerjasama dengan operator jalan tol terbesar di dalam Tanah Air yakni PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Dahono Fitrianto (44) pada saat ini tak lagi resah pada waktu melakukan perjalanan mudik ke Yogyakarta dengan menggunakan mobil listrik Hyundai Ioniq 5 yang mana dimilikinya. Pria yang mana bermukim pada perumahan Modern Hill, Pondok Cabe itu sudah ada dua tahun menggunakan mobil listrik untuk mobilitasnya sehari-hari.

“Sekarang di tempat tol Trans Jawa milik Jasa Marga SPKLU sudah ada berbagai tersedia. Jadi saya sudah ada tak was-was lagi,”tegasnya untuk SINDOnews, kemarin. Dengan kapasitas penyimpan daya 58 kW, Hyundai Ioniq 5 mampu dipacu hingga jarak 384 kilometer.

Baca Juga: Iklim Berusaha Kondusif, Pengkode Semakin Optimistis

Dahono pun tak ragu untuk memacu mobilnya dengan kecepatan rata-rata pada jalan tol sesuai regulasi yakni maksimal 80 kilometer per jam. “Dari arah Ibukota ke timur, saya dapat mengisi di dalam rest area tol Jasa Marga kilometer 101, 207, 228, atau 379,”ungkapnya.

Kenyamanan semakin dirasakan Dahono sebab di tempat telpon pintar (smartphone) Iphone SE miliknya terinstall perangkat lunak Travoy. Di SPKLU Rest Area Travoy pengisian daya kendaraan listrik berkisar antara 30 menit hingga 3 jam, tergantung dengan jenis SPKLU. Namun, rata-rata jenis SPKLU yang tersebut terdapat di area Rest Area Travoy merupakan fast charging (200 Kwh) lalu medium charging (50 Kwh). Dengan adanya program Travoy, pengguna mobil listrik semakin merasa nyaman.

Beberapa SPKLU Rest Area Travoy yang mana bisa jadi diakses pengguna mobil listrik diantaranya Rest Area KM 519A Solo-Ngawi, Rest Area KM 519B Solo-Ngawi, Rest Area KM 389B Batang-Semarang, Rest Area KM 379A Batang-Semarang.

Kemudian dalam Rest Area KM 207A Palikanci, Rest Area KM 208B Palikanci, Rest Area KM 10A Jagorawi, Rest Area KM 6B Jakarta-Cikampek, Rest Area KM 21B Jagorawi, Rest Area KM 13A Jakarta-Tangerang, Rest Area KM 456B Semarang-Solo. Kemudian, Rest Area KM 62B Jakarta-Cikampek, Rest Area KM 57A Jakarta-Cikampek, Rest Area KM 88A Cipularang, dan juga Rest Area KM 88B Cipularang.

Dahono pun mengaku dirinya pernah melakukan perjalanan Jakarta-Bali melintasi jalan tol Trans Jawa yang dioperasikan Jasa Marga dengan mengendarai Hyundai Ioniq 5. “Aman, lancar lantaran di tempat tol mampu isi sel di dalam banyak rest area,”ungkapnya.

Related Articles

Back to top button