Nasional

Mengungkap Rahasia Bisnis Ala Ahok Saat Besarkan Pertamina: Cuan, Cengli, Cincai!

Gragehotels.co.id – Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok resmi mengundurkan diri sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero),

Ahok melepas jabatan strategis itu demi membantu kampanye pasangan calon (paslon) nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Sebagai informasi, Ahok ditunjuk sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) sejak tanggal 22 November 2019 Berdasarkan Keputusan Menteri selaku Rapat Pemegang Saha, (RUPS) PT Pertamina (Persero) No.SK-282/MBU/11/2019 tanggal 22 November 2019.

Baca Juga:

Gibran Dikerubungi Mak-Mak Saat Kampanye: Mbak Selvi Gimana Perasaannya

Berbeda Kubu dengan Anang Hermansyah pada Debat Capres Terakhir, Sikap Aurel Dipuji

Selama menangani Pertamina, politisi PDI Perjuangan berusia 57 tahun itu ternyata menerapkan prinsip kegiatan bisnis orang China.

Prinsip yang dimaksud biasanya diterapkan oleh kebanyakan pelaku bisnis di dalam China. Adapun prinsip 3C adalah Cuan, Cengli juga Cincai.

“Prinsip 3C yang dimaksud biasa orang China sebut itu Cuan, Cengli juga Cincai. Ini adalah merupakan prinsip semua penanam modal untuk berinvestasi,” ucap Ahok di acara ‘2020 International Convention on Indonesian Upstream Oil serta Gas’ pada 2020 silam.

Istilah yang mana digunakan Ahok ini berasal dari Bahasa Hokkian, salah satu etnis atau suku pada China.

Prinsip yang dimaksud memang sebenarnya dikenal sebagai falsafah hidup atau pegangan publik China secara turun menurun.

Baca Juga:

Arie Kriting Jadi Saksi Komika Abdur Tolak Jadi Buzzer, Lebih Pilih Dukung Anies Sesuai Hati Nurani

Anak Jokowi Sowan ke Cikeas, SBY Sapa Gibran: Baik Kamu?

Ahok menjelaskan, prinsip pertama adalah Cuan yang digunakan berarti keuntungan. Artinya, setiap pengusaha perusahaan pada berbisnis harus mengutamakan keuntungan untuk perusahaan.

Sedangkan Cengli mempunyai beberapa makna, yakni adil, jujur, lalu terbuka. Artinya, prinsip cengli merupakan sikap pengusaha perusahaan yang mana menjunjung tinggi keadilan dan juga keterbukaan pada menjalankan bisnisnya, sehingga bisa saja mempermudah bidang usaha dengan investor.

“Cengli itu artinya keadilan, cuan itu profit, win-win solution,” tuturnya.

Yang terakhir, Cincai juga miliki beberapa makna yakni maklum, sederhana, lalu mudah diajak kompromi. Menurutnya, pada berbisnis bukan perlu sejumlah bicara.

“Ketiga, cincai itu artinya simple. Sangat simple, tidak ada bicara sejumlah ketika melakukan bisnis,” jelas mantan Gubernur DKI Ibukota itu.

Related Articles

Back to top button