Lifefstyle

Mengungkap Arti Batik Presiden Jokowi pada waktu Foto Bareng Prabowo Subianto, Kekuasaan sekaligus Keragaman?

Gragehotels.co.id – Presiden Jokowi semakin terang-terangan memberi kode mengupayakan pasangan calon (paslon) nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Seperti yang terbaru, keduanya kembali duduk satu meja serta makan bakso sama-sama di tempat Magelang, Jawa Tengah, Hari Senin (29/1/2024).

Setelah makan bersama, Jokowi dan juga Prabowo nampak foto bareng artis dan juga influencer, seperti Nagita Slavina, Rachel Vennya, Atta Halilintar kemudian lainnya.

Momen foto bareng itu diunggah akun Twitter (X) Gerindra, Selasa (30/1/2024). “Selamat pagi tweeps awali pagi yang tersebut cerah ini dengan berdoa. Selamat beraktivitas, tetap saja semangat lalu salam,” demikian cuit akun tersebut.

Terlihat Jokowi tampil beda sendiri, dikarenakan ia memakai kemeja batik sementara yang tersebut lain kompak memakai atasan putih.

Penampilan Jokowi yang mana memakai batik itu sontak belaka mencuri perhatian netizen. Banyak yang dimaksud kemudian menerka-nerka apakah Jokowi memberi instruksi tertentu lewat motif batik tersebut.

Jika diperhatikan secara seksama, yang dimaksud dipakai Jokowi diduga kuat merupakan motif batik pamiluto. Pasalnya, terdapat pola geometris yang mana membentuk sisi segitiga yang tersebut khas. Tiap segitiga kemudian diisi dengan motif berbeda seperti parang, kawung, gurda, truntum, maupun bunga.

Pamiluto sendiri berasal dari kata Pulut yang tersebut artinya lengket. Dalam bahasa Jawa rutin disebut kepilut, atau tertarik.

Oleh oleh sebab itu itu dapat diartikan bahwa pola ini diterapkan pada kain batik untuk menarik perhatian. Karena alih-alih terlihat rumit, banyaknya motif berbeda pada kain batik ini justru menjadi daya tarik.

Banyaknya motif pada batik ini pun dipercaya melambangkan keberagaman budaya di dalam Indonesia.

Kendati demikian, beberapa orang netizen menduga ada arti lain di dalam balik batik yang dipakai Jokowi, yakni kekuasaan juga kekuatan lantaran adanya motif parang.

Sebagaimana diketahui, motif parang ini bermakna kekuatan sang raja, akibat dulunya hanya saja boleh digunakan oleh raja lalu keturunannya saja.

Bagaimana menurut Anda?

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button