Kesehatan

Mengapa Alkohol Bisa Menyebabkan Kebutaan Seperti yang mana Dialami Kurnia Meiga?

Gragehotels.co.id – JAKARTA Alkohol bisa saja menyebabkan kebutaan seperti yang digunakan dialami oleh mantan kiper Timnas Indonesia, Kurnia Meiga . Meski demikian, alkohol tidak ada secara secara langsung menyebabkan kebutaan.

Namun, konsumsi alkohol yang digunakan berlebihan atau kronis dapat menyebabkan berbagai kondisi kondisi tubuh yang mana pada akhirnya dapat mempengaruhi penglihatan. Bahkan dapat menyebabkan kebutaan seperti yang digunakan dialami Kurnia Meiga .

Penting untuk diingat bahwa dampak alkohol pada kemampuan fisik mata dapat bervariasi tergantung pada faktor seperti jumlah keseluruhan alkohol yang mana dikonsumsi, jumlah kali konsumsi, kemudian faktor-faktor kemampuan fisik lainnya.

Mengapa Alkohol Bisa Meyebabkan Kebutaan?

Berikut cara alkohol menyebabkan kebutaan dilansir dari Health Line, Awal Minggu (11/3/2024).

1. Neuropati Optik Alkoholik

Neuropati optik alkoholik adalah kondisi yang disebabkan oleh kecacatan pada saraf optik yang mana mengirimkan sinyal visual dari mata ke otak. Konsumsi alkohol yang tersebut berlebihan atau kronis dapat menyebabkan kecacatan pada saraf optik, yang mana dapat mengakibatkan gangguan penglihatan hingga kebutaan.

2. Defisiensi Nutrisi

Kecanduan alkohol seringkali menyebabkan pola makan yang digunakan buruk, yang dapat mengakibatkan defisiensi nutrisi seperti vitamin A, C, dan juga E, yang tersebut penting untuk kemampuan fisik mata. Defisiensi nutrisi ini dapat memperburuk kondisi kemampuan fisik mata dan juga meningkatkan risiko terkena penyakit mata.

3. Degenerasi Makula

Konsumsi alkohol yang berlebihan juga sudah dikaitkan dengan peningkatan risiko terkena degenerasi makula, sebuah kondisi yang digunakan menyebabkan kecacatan pada bagian berada dalam retina. Degenerasi makula dapat menyebabkan hilangnya penglihatan pusat kemudian pada akhirnya kebutaan.

4. Katarak dan juga Galaukoma

Selain neuropati optik kemudian degenerasi makula, konsumsi alkohol yang tersebut berlebihan juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit mata lainnya seperti katarak, glaukoma, juga retinopati diabetik.

Mengurangi konsumsi alkohol atau menghentikannya sepenuhnya dapat membantu mengempiskan risiko terkena kesulitan mata yang dimaksud terkait dengan alkohol. Jika Anda miliki kegelisahan tentang kebugaran mata atau kebiasaan konsumsi alkohol, penting untuk berkonsultasi dengan dokter.

Related Articles

Back to top button