Otomotif

Publik Transportasi Bumi Kepercayaan Lewat Deklarasi Ibukota Indonesia

Gragehotels.co.id – Intelligent Transportasi System (ITS) adalah organisasi nirlaba yang mana memfasilitasi kerja sebanding dan juga koordinasi sistem transportasi cerdas antarnegara atau wilayah dalam kawasan Asia-Pasifik.

ITS Indonesia adalah anggota ITS Asia-Pasifik dan juga Komunitas ITS Planet yang mana dibentuk dengan antara industri, akademisi, lembaga pemerintahan, kemudian komunitas untuk memacu inisiatif penyelenggaraan dan juga penyelenggaraan sistem transportasi cerdas.

Dikutip dari kantor berita Antara, DKI Jakarta akan menjadi tuan rumah forum sistem transportasi cerdas se-Asia Pasifik atau ITS Asia-Pacific Forum, yang mana akan berlangsung di area Ibukota Indonesia Convention Center pada 28-30 Mei 2024.

Jokowi naik taksi terbang di tempat pameran Hub Space. (ANTARA)
Presiden Joko Widodo Joko Widodo naik taksi terbang pada pameran Hub Space [ANTARA].

Forum ITS Asia-Pasifik 2024 akan dihadiri para pemangku kepentingan dan juga pelaku lapangan usaha dari berbagai latar belakang, seperti produsen otomotif, pelaku sektor bidang kecerdasan buatan (AI) untuk transportasi, operator telekomunikasi.

Kemudian institusi institusi belajar juga peneliti, otoritas kementerian serta dinas perhubungan di tempat seluruh provinsi di tempat Indonesia, serta para pelaku usaha nasional dan juga global pada bidang sistem transportasi cerdas.

Forum yang digunakan juga didukung oleh Kementerian Perhubungan RI ini diharapkan dapat dihadiri oleh 10.000 pengunjung selama tiga hari pelaksanaan.

Acara ini diharapkan dapat menciptakan Deklarasi Jakarta, dengan seluruh publik transportasi dunia berikrar untuk menyediakan sistem transportasi cerdas, efisien, berkelanjutan, lalu dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.

Forum ini juga akan datang memamerkan berbagai transportasi baru, seperti taksi terbang, bus nirawak, mobil listrik, serta moda transportasi cerdas lainnya.

“Kami berharap akan ada 20 sampai 25 pejabat setingkat menteri di tempat kawasan yang dimaksud hadir di acara ini. Diharapkan dari pertemuan menteri ini ada komitmen bersatu yang tersebut isinya semacam seruan dari para menteri untuk menyokong pengembangan transportasi cerdas juga berkelanjutan,” jelas Willian Sabandar, Presiden ITS Indonesia di konferensi pers di tempat Jakarta, Rabu (7/2/2024).

Penunjukkan top speed dari KCIC Halim-Tegalluar yang tertera di dalam display di perjalanan [Suara.com/CNR ukirsari].
Penunjukkan top speed dari KCIC atau Kereta Segera Indonesia-China atau Whoosh jurusan Halim-Tegalluar yang mana tertera di tempat display pada perjalanan. Sebagai ilustrasi transportasi cerdas [Suara.com/CNR ukirsari].

“Ini adalah satu acara transportasi terbesar ketika ini pada Asia-Pasifik. Indonesia belum punya acara serupa, sehingga kami perlu berkolaborasi. Perlu melibatkan teman-teman dari Jepang, Korea, Eropa, Amerika, agar mampu mempercepat pembangunan transportasi pada kawasan,” lanjutnya.

Sekretaris Jenderal ITS Asia-Pasifik Akio Yamamoto menambahkan bahwa forum ini juga menjadi jaringan yang tersebut strategis untuk Ibu Pusat Kota Nusantara (IKN), mengingat otoritas Indonesia ketika ini sedang merencanakan infrastruktur dan juga transportasi cerdas yang tersebut mengusung konsep hijau dan juga berkelanjutan.

Related Articles

Back to top button