Bisnis

Mandala Finance Kerjasama Dorong Literasi Keuangan Pelajar

Gragehotels.co.id – JAKARTA – PT Mandala Multifinance Tbk (MFIN) sama-sama Prestasi Junior Indonesia (PJI) menyelenggarakan acara edukasi keuangan bertajuk Financial Literacy Proyek (Filter) terhadap 332 siswa dari 35 SMA/ SMK di dalam Pusat Kota Padang lalu Pusat Kota Bandar Lampung.

“Para siswa belajar menimbulkan kebijakan keuangan secara efektif kemudian berkelanjutan, dengan memahami konsep perencanaan keuangan secara konvensional ataupun syariah,” ujar Lokal Business Manager Mandala Finance Hendri Saputra di pernyataannya, disitir Hari Minggu (17/3/2024).

Di akhir pembelajaran, lanjutnya, para siswa berkompetisi mengampanyekan topik keuangan dengan cara yang inovatif juga kreatif melalui beragam platform digital media sosial.

“Hasilnya, 317 proyek kampanye literasi keuangan yang tersebut dipublikasikan mampu menjangkau lebih besar dari 1,6 jt generasi muda selama dua bulan,” ujar Hendri.

Melalui rangkaian pembelajaran berbasis aktivitas, Hendri menjelaskan para siswa mengeksplorasi beberapa jumlah topik-topik keuangan fundamental, meliputi pendapatan, anggaran, tabungan serta investasi, berbelanja cerdas, kredit dan juga utang, pemeliharaan konsumen, manajemen risiko, dan juga tujuan keuangan.

“Usai menuntaskan seluruh pembelajaran, pengetahuan literasi keuangan para siswa berkembang signifikan hingga 52 persen,” ujar Hendra.

Academic Advisor and Operations Counsel PJI Robert Gardiner menyampaikan inisiatif ini menjadi aset berharga bagi para siswa sebelum memasuki tingkat lembaga pendidikan tinggi serta segera memperoleh pendapatan sendiri.

“Selain terampil, dia juga diharapkan miliki pola pikir untuk membudayakan pengelolaan keuangan pribadi yang tersebut sehat, baik untuk diri sendiri, keluarga, serta komunitas, hingga mencapai kemapanan kemudian kemandirian keuangan di tempat masa depan,” ujar Robert.

Plt Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sumatera Barat Guntar Kumala mengumumkan pemahaman keuangan yang dimaksud memadai akan meningkatkan kepercayaan diri setiap individu untuk mengambil tindakan juga perilaku keuangan yang dimaksud tepat, termasuk mengakses berbagai layanan keuangan yang tersedia di dalam industri.

“Kondisi itu akan mengarahkan mereka itu untuk mencapai prospek juga kesejahteraan keuangan yang dimaksud lebih besar baik dalam masa depan juga secara masif berdampak pada stabilitas pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata Guntar.

Related Articles

Back to top button