Kesehatan

Lakukan 5 Hal Ini adalah Agar Jantung Tetap Baik pada waktu Puasa

Gragehotels.co.id – SURABAYA – Kesejahteraan jantung penting dijaga setiap waktu, termasuk pada waktu puasa Ramadan. Salah satunya dengan mengatur pola makan setelahnya seharian berpuasa.

“Saat berbuka puasa makan secukupnya saja, tidaklah perlu terlalu berlebihan sehingga seseorang merasa terlalu kenyang, sebab hal yang disebutkan akan membantu meringankan faktor risiko penyakit jantung kemudian pembuluh darah,” terang Dosen Fakultas Bidang Studi Kesejahteraan (FIK) UM Surabaya Fatin Lailatul Badriyah.

Tips kedua, perbanyak makan sayur lalu buah. Sayur juga buah rendah kalori dan juga kaya akan serat. Sayur lalu buah adalah sumber vitamin dan juga mineral yang dimaksud sangat baik. Kandungan-kandungan yang disebutkan merupakan komponen untuk sel-sel jantung, sehingga membantu tubuh mengurangi terjadinya penyakit jantung.


Ketiga, konsumsi gandum utuh sebagai sumber karbohidrat kemudian serat. Gandum utuh atau biji-bijian yang dimaksud utuh adalah sumber serat yang digunakan sangat baik yang berperan mengatur tekanan darah dan juga kemampuan fisik jantung. Pilihlah tepung gandum utuh, roti gandum utuh, oat, juga nasi cokelat sebagai menu makanan pada waktu sahur dan juga berbuka.

“Selanjutnya seseorang perlu menghindari lemak tiada sehat. Konsumsi lemak jenuh serta lemak trans harus dihindari atau dikurangi pada waktu berbuka dan juga sahur dikarenakan sangat penting untuk membantu menurunkan kadar lemak darah di dalam di tubuh,” terangnya lagi.

Tingginya kadar steroid mampu menyebabkan plak di area pembuluh darah yang disebut atherosclerosis. Hal ini dapat meningkatkan risiko Anda mengalami penyakit jantung seperti serangan jantung atau stroke. Lebih baik memilih sumber lemak dari alpukat, kacang-kacangan juga biji-bijan, minyak zaitun, atau minyak canola.

Terakhir pilih protein yang rendah lemak. Manfaat puasa untuk kebugaran jantung sangat penting. Anda sanggup memilih sumber protein yang tersebut rendah lemak. Contohnya daging tanpa lapisan kulit atau lemak, ikan, telur, kacang kedelai, tahu, tempe, juga susu skim atau rendah lemak.

“Dengan sumber protein yang digunakan rendah lemak ini, akan membantu tubuh seseorang menurunkan asupan lemak lalu lemak darah yang dimaksud dapat mengakibatkan penyakit jantung,” pungkas Fatin Lailatul Badriyah.

Related Articles

Back to top button