Otomotif

Lagi-lagi MV Agusta Terancam Bangkrut

Gragehotels.co.id – MILAN MV Agusta dikabarkan sedang goyang, lagi-lagi MV Agusta harus bergelut dengan permasalahan keuangan. Hanya 1.823 kendaraan beroda dua motor yang tersebut terjual di area seluruh dunia pada tahun 2023.

Pada tahun 2018, mereka mengirimkan 2.748 unit sebelum Black Ocean Group dari Rusia mengambil alih pada tahun 2019. Penanaman Modal merekan memerlukan restrukturisasi, dengan janji untuk mencapai 10.000 perdagangan di waktu 2-3 tahun setelahnya itu. Sayangnya, rencana yang disebutkan tertahan akibat pandemi Covid-19.

Namun jualan pada tahun 2020, 2021, kemudian 2022 kurang dari target yang tersebut ditetapkan meskipun bursa sepeda gowes motor global sudah ada pulih pasca pencabutan karantina. Terlepas dari itu, pada tahun 2022 terdapat hampir 3.000 penjualan, namun jumlah total yang dimaksud kurang dari 50% perdagangan pada tahun 2015.

Grup KTM telah dilakukan membeli 25% saham MV Agusta pada tahun 2023, selanjutnya mengoperasikan dua bidang strategis yaitu pembelian lalu distribusi.

KTM tertarik untuk menghadirkan merek yang dimaksud ke bawah payungnya, namun direktur utama MV Timur Sardarov sangat menentangnya, termasuk mengeluarkan pernyataan keras untuk media.

Investasi raksasa Austria ini memberi MV dana untuk memperluas kemampuan produksinya, juga lini baru yang digunakan akan memproduksi 1.000 unit per hari akan tersedia pada akhir tahun 2023.

Namun hanya saja terjual 1.823 unit seperti disebutkan di tempat atas. Angka ini meningkat tajam sebesar 42,5% dibandingkan tahun sebelumnya.

MV Agusta telah lama bermitra dengan Loncin pada tahun 2019 pada perjanjian untuk memproduksi sepeda gowes motor 350cc – 500cc yang terjangkau untuk lingkungan ekonomi Asia. Namun rencana ini tiada disebutkan lebih besar lanjut.

Di sisi lain, MV telah lama bermitra dengan raksasa China QJ Motor pada tahun 2020. Bekerjasama ini menghasilkan kembali kendaraan beroda dua petualangan Lucky Explorer 5.5 kemudian Lucky Explorer 9.5 yang tersebut memulai debutnya di area EICMA pada tahun berikutnya. Mereka juga telah dilakukan meluncurkan Lucky Explorer 9.5 Orioli untuk tahun 2024 yang digunakan merupakan versi mewah.

Tampaknya MV hanya saja merugikan diri sendiri dengan bersikeras memproduksi sepeda gowes yang dimaksud sangat terbatas sehingga sangat mahal seperti Superveloce 98 Edizione Limitata (foto utama) yang digunakan hanya sekali dapat dibeli oleh sekelompok kecil orang.

Harus dikatakan bahwa merek MV Agusta, meskipun legendaris, telah berkali-kali berpindah tangan lalu nampaknya tidaklah ada yang digunakan mampu menahannya. Ada Cagiva (1991), Proton (2001), Harley-Davidson (2009), kemudian terakhir Black Ocean Group (25% pada 2016, kepemilikan penuh pada 2019).

Tapi itu MV Agusta. Sejarah perusahaan merek sangat melegenda, begitu pula pencapaian legendaris dia di area arena pacuan kuda.

Related Articles

Back to top button