Bisnis

Kurs Rupiah Hari Hal ini Masih Loyo di tempat Rp15.799 per USD, Apa Sebabnya?

Gragehotels.co.id – JAKARTA – Skor tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan hari ini di tempat awal pekan, Awal Minggu (25/3/2024) berakhir menguat 16 poin ke level Rp15.799 pasca sebelumnya sempat turun ke level Rp15.783.

Sementara itu Kurs Rupiah mengalami pelemahan jikalau meninjau data JISDOR BI hari ini untuk menyentuh level Rp15.795 per USD. Pergerakan mata uang Garuda masih merosot dibandingkan pertemuan kemarin di dalam tempat Rp15.773 per USD.

Pengamat pangsa uang, Ibrahim Assuaibi mengatakan, indeks dolar menguat sebab The Fed mempertahankan suku bunga semalam antara 5,25%-5,5% kemudian terjebak pada proyeksi tiga kali pemotongan pada akhir tahun.

“Namun pihaknya juga menyatakan pihaknya tak akan melakukan pemotongan sampai merekan yakin bahwa pemuaian akan menurunkan secara berkelanjutan menuju target 2%,” tulis Ibrahim di risetnya, Mulai Pekan (25/3/2024).

Sekitar 84 basis poin pemotongan diperkirakan terjadi pada tahun ini jarak jauh lebih banyak rendah dibandingkan sekitar 160 basis poin pada awal tahun ini, namun tambahan tinggi dari awal minggu ini seiring dengan semakin menguatnya pertaruhan penurunan suku bunga.

Di Timur Tengah, pasukan negara Israel mengepung dua rumah sakit pada Wilayah Gaza pada hari Minggu, menembaki regu medis pada bawah tembakan keras, kata Bulan Sabit Merah Palestina. negara Israel menyatakan sudah menangkap 480 militan pada bentrokan yang mana berkelanjutan di dalam rumah sakit utama Al Shifa pada Gaza.

Dari sentimen domestik, pangsa terus mengamati Surplus Neraca Dagang Indonesia yang digunakan terus menunjukkan tren penurunan beberapa waktu terakhir ini perlu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah. Bahkan, jikalau produk-produk impor yang mana tak terdaftar yang tersebut masuk ke Indonesia lebih lanjut berbagai ketimbang yang dimaksud terdaftar.

“Sedangkan, produk-produk yang tersebut masuk ke Indonesia dari luar negeri dapat belaka adalah item ilegal terdiri dari tekstil dan juga sebagainya yang mana sebenarnya sejumlah sekali masuk ke Indonesia,” kata Ibrahim.

Related Articles

Back to top button