Bisnis

Kisah Maju Usaha Budidaya Ikan, Modal 1 Kolam Kini Punya 34 Empang

Gragehotels.co.id – JAKARTA – Perjalanan kisah sukses entrepreneur budidaya ikan air tawar jika Bogor Muhamad Azim Sadiki. Awalnya, semata-mata memiliki satu kolam hingga sekarang punya 34 empang.

Pada 2014, Azim memutuskan terjun perniagaan budidaya ikan air tawar untuk memutar roda perekonomiannya. Bisnis itu beliau pilih sebab melimpahnya mata air di dalam wilayahnya, Cinagara, Cijeruk, Daerah Bogor.

“Di di sini peluang sumber airnya sangat melimpah. Jadi, perniagaan budidaya ikan cukup potensial,” ucap Azim pada waktu ditemui Sindonews.com, belum lama ini.

Bapak dua anak itu cukup penting memulai kegiatan bisnis budidaya ikan. Oleh dikarenakan, ia sampai mengambil sertifikasi profesi dalam Institut Pertanian Bogor (IPB) agar makin matang memulai budidaya ikan.

“Itu saya belajar tambahan detail terkait budidaya ikan. Hal yang dimaksud agar saya mampu menjalani industri dengan baik juga benar,” ucapnya.

Seiring berjalannya waktu usahanya mulai tumbuh meskipun secara perlahan. Oleh dikarenakan, dimulai menambah kolam hingga akhirnya miliki 17 kolam budidaya lalu 17 kolam pemancingan.

“Ada 34 kolam. Sekarang ikan hasil budidaya pun dimaksimalkan untuk pemancingan. Selain itu, cuma juga sempat memasok ikan di area wilayah Jabodetabek,” ucapnya.

Sempat Merugi dikarenakan Ikan Mati

Pria kelahiran 1993 itu ternyata sempat merasakan kerugian di perjalanan bisnisnya. Oleh dikarenakan, ikan-ikan pada beberapa kolam mati sebab kondisi cuaca tiada menentu. “Usaha saya pernah merugi sampai Simbol Rupiah 10 jt di satu hari itu sebab ikan mati. Itu dukanya,” ucapnya.

Related Articles

Back to top button