Ketahui Perbedaan iPad 2020 dan iPad 2021

Ketahui Perbedaan iPad 2020 dan iPad 2021 – Seperti yang telah diketahui oleh orang banyak bahwa Apple terbilang rajin melakukan update dengan produk tabletnya. Dalam seri iPad sendiri, Anda bisa membedakan produk-produk antar generasi yang juga menyebutkan tahun rilis, seperti iPad 2020 dan iPad 2021. Oleh karena itu, mari kita simak secara mendalam tentang perbedaan iPad 2020 dan iPad 2021 berikut ini.

Ketahui Perbedaan iPad 2020 dan iPad 2021

Di Bawah Ini Beberapa Spesifikasi iPad 2020

Perbedaan iPad 2020 dan iPad 2021

  1. Varian Warna

iPad 2020 dijamin mampu membuat penggunanya terlihat tampil semakin kece dengan balutan warna yang sangat indah. Produk tersebut menghadirkan warna Space Gray dan Silver yang terbilang cukup memukau. selain itu, Anda dapat memperoleh warna Gold yang banyak diburu oleh konsumen. Beberapa varian warna yang dihadirkan tersebut membuat iPad 2020 tampak memiliki desain yang berkelas.

  1. Resolusi Kamera Selfie

Resolusi kamera pada iPad 2020 ini sudah mampu memenuhi berbagai kebutuhan konten ataupun hal lain sebagainya. Produk yang satu ini menyuguhkan sensor kamera depan dengan kekuatan 1.2 MP. Hal ini juga menjadi sebuah perbedaan iPad 2020 dan iPad 2021 yang cukup mencolok.

Kamera depan dari produk tersebut dilengkapi juga dengan LiDAR serta pembaharuan kamera. Selain itu, iPad 2020 tersebut dihadirkan pula dengan jeroan yang baru.

  1. Bobot Bodi

iPad 2020 diketahui mempunyai berat 490 gr untuk yang varian wifi, sementara pada versi selulernya mempunyai berat 495 gr (LTE). Bobot ini juga dapat menjadi sebuah jawaban yang jarang dilontarkan apabila ada yang bertanya mengenai perbedaan iPad 2020 dan iPad 2021.

Pasalnya, kedua produk tersebut memang tidak memiliki selisih bobot yang terlalu signifikan. iPad 2020 ini dibekali oleh bezel yang tebal serta tombol home fisik yang akan berguna sebagai sensor pemindai pada sidik jari pengguna.

  1. Memori Internal

Walaupun terbilang masih lebih banyak orang yang menggunakan smartphone dibandingkan dengan tablet, akan tetapi kondisi dari storage tetaplah menjadi salah satu hal utama dalam mempertimbangkan kelayakan dari suatu perangkat. Dalam hal ini misalnya, iPad 2020 yang menghadirkan opsi kapasitas 32 GB serta 128 GB.

Di samping itu, produk tablet yang satu ini juga telah dibekali oleh chipset yang terbilang cukup gahar. Chipset yang digunakan yaitu Apple A12Z Bionic.

  1. Harga Rilis

Untuk masalah harga rilisnya, Anda sudah tidak perlu merasa khawatir lagi. Meskipun Apple memiliki reputasi bahwa harga produknya terbilang selangit, tetapi nyatanya iPad Series biasanya dijual dengan harga yang tergolong lebih bersahabat.

Untuk varian wifi, tablet yang satu ini dibanderol dengan harga sebesar 6 juta 499 ribu rupiah dengan garansi digimap. Sementara, untuk tablet yang berisi iBox maka akan dibanderol dengan harga sebesar 6 juta 299 ribu rupiah. Kedua versi yang telah disebutkan ini adalah varian yang menggunakan kapasitas memori internal paling rendah.

Di Bawah Ini Beberapa Spesifikasi iPad 2021

Perbedaan iPad 2020 dan iPad 2021

  1. Varian Warna

iPad 2021 ini sebetulnya juga dihadirkan dengan bezel yang tebal. Walaupun begitu, namun desainnya tetap memiliki kesan yang minimalis. Tablet ini pun menawarkan pilihan warna Space Gray dan Silver yang masing-masing memiliki keunikannya tersendiri. Berbeda dengan iPad 2020 yang menyediakan warna Gold, namun iPad 2021 ini tidak menyediakan varian warna tersebut.

  1. Resolusi Kamera Depan

Banyak pengguna yang masih tidak dapat melihat perbedaan iPad 2020 dan iPad 2021, padahal terbilang cukup berbeda. iPad 2021 memperoleh fitur kamera yang serupa dengan iPad Pro, yaitu Center Stage yang bisa menjadikan kamera secara otomatis mengikuti subjek berupa manusia. Hal tersebut tentu saja merupakan inovasi yang tergolong cukup unik.

Pasalnya, fitur satu ini bisa memudahkan penggunanya untuk keperluan kreasi konten ataupun berbagai hal lainnya. Menariknya bukan hanya terdapat fitur Center Stage saja yang disediakan oleh iPad 2021, melainkan juga terbilang lebih handal dalam segi resolusi kamera bagian depan. Diketahui bahwa produk ini memberikan sensor kamera bagian depan dengan kekuatan 12 MP.

Sensor kamera depan 12 MP ini juga memiliki field of view yang besarnya mencapai 122 derajat serta telah mendukung untuk perekaman video mencapai 1080p. Selain itu, Center Stage yang dimiliki oleh iPad 2021 ini juga bisa diintegralkan dalam sensor ultralebar yang secara otomatis melakukan penyesuaian supaya banyak orang dapat muat di dalam 1 frame ketika melakukan video call.

  1. Bobot Bodi

Walaupun tidak terlalu terlihat, namun bobot bodi termasuk ke dalam salah satu perbedaan iPad 2020 dan iPad 2021. Produk iPad 2021 ini mempunyai bobot bodi yang terbilang sedikit lebih ringan dibandingkan dengan iPad 2020. Bobot yang lebih ringan ini hadir pada kuartal ketiga 2021, yaitu 498 gr untuk varian LTE dan 487 gr untuk yang varian wifi.

Di atas kertas, tentunya perbedaan yang sedikit ini tampaknya tidak akan berarti apa-apa. Akan tetapi, apabila Anda memakai tablet dengan intens, maka lama kelamaan pengguna juga bisa merasakan jika iPad 2021 memang terasa lebih nyaman serta tidak akan mudah membuat tangan Anda terasa pegal.

Memang yang menjadi salah satu aspek yang selalu berkembang dalam teknologi yaitu portabilitas. Sehingga, perusahaan smartphone dan tablet semakin berlomba-lomba untuk menghadirkan bobot yang ringan dalam setiap produknya. Hal tersebut bertujuan guna memberikan pengalaman yang paling ergonomis dan nyaman kepada pengguna.

  1. Memori Internal

Memori internal yang dimiliki oleh iPad 2021 dijamin dapat menarik siapa saja karena memiliki opsi kapasitas sebesar 64 GM serta 256 GB. Dengan kapasitas memori internal yang tergolong besar tersebut, tentu saja berbagai file penting seperti lagu, foto, video, dan lain sebagainya dapat ditampung secara lebih banyak lagi.

Selain itu, untuk jumlah aplikasi yang bisa Anda instal pun tentunya terbilang sangat banyak. Dengan begitu, Anda dapat menikmati berbagai macam aplikasi kesukaan Anda secara maksimal.

  1. Harga Rilis

iPad 2021 ini dipasarkan dengan harga yang dimulai dari 329 US Dollar ataupun kurang lebih 4,6 juta rupiah. Untuk pelajar, maka Apple akan memberikan penawaran harga yang terbilang lebih murah lagi yakni 299 US Dollar ataupun kurang lebih 4,2 juta rupiah.

Untuk iPad 2021 ini sendiri sudah mulai dijual di pasaran Amerika Serikat mulai tanggal 24 September 2021. Akan tetapi, masih belum terdapat keterangan resmi yang menyatakan tentang kapan produk tersebut mulai dirilis di tanah air.

Nah, itu tadi adalah berbagai macam perbedaan iPad 2020 dan iPad 2021. Walaupun memiliki berbagai perbedaan, namun kedua produk tersebut cocok Anda pertimbangkan untuk dijadikan sebagai perangkat tambahan. Keduanya mampu digunakan dalam membantu berbagai macam pekerjaan Anda secara efektif dan efisien. Selain itu, Anda juga dapat memilih produk dengan menyesuaikan dana yang dimiliki.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S7, Wajib Diketahui Sebelum Beli

5/5 - (389 votes)

Leave a Comment