Kenapa IG keluar sendiri

Kenapa IG Keluar Sendiri – Di zaman sekarang, kebanyakan orang memiliki akun Instagram. Platform media sosial yang satu ini memberikan kesempatan penggunanya untuk membagikan berbagai momen berharga lewat bentuk foto ataupun video.

Tak hanya sekedar berbagi, pengguna pun dapat menambahkan berbagai filter, musik, dan caption. Instagram pun sering mengembangkan fitur-fiturnya, seperti membuat instastory lebih menyenangkan dengan tambahan animasi, tulisan, dan sebagainya.

Karena itulah aplikasi yang dapat dipasang di android maupun iPhone ini menjadi salah satu media sosial terpopuler dan merupakan favorit banyak orang.

Meski memiliki banyak kelebihan dan menjadi favorit banyak orang, tentunya Instagram tak terlepas dari kekurangan pula. Salah satunya adalah terdapat beberapa orang yang entah mengapa keluar sendiri saat menggunakan aplikasi ini.

Jika mengalami hal seperti itu, tentunya kita akan bertanya-tanya kenapa IG keluar sendiri? Hal ini pun dapat dikatakan sebagai pengalaman yang kurang menyenangkan.

Sebenarnya fenomena Instagram yang tiba-tiba keluar sendiri bukan hal yang terjadi tanpa sebab. Jika ditelusuri, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi.

Lalu apa saja sebenarnya faktor yang merupakan penyebabnya? Kemudian jika faktornya sudah diketahui, apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan semacam itu, berikut ini pembahasan lengkapnya.

Kenapa IG Keluar Sendiri dan Cara Mengatasinya

Nah, kamu perlu mengetahui apa penyebab dari seringnya aplikasi Instagram keluar dengan sendirinya. Jika sudah diketahuinya, tentunya hal tersebut harus segera diatasi agar tidak mengganggu kenyamanan kamu dalam menggunakan Instagram.

Berikut ini beberapa kemungkinan penyebabnya beserta cara mengatasinya:

Memori Handphone Penuh

Memori handphone yang telah mencapai batas maksimum, biasanya menyebabkan aplikasi yang berjalan menjadi terganggu. Bisa jadi aplikasi tersebut menjadi lambat, macet, bahkan tiba-tiba tertutup dengan sendirinya.

Tak terkecuali dengan aplikasi Instagram. Karena itu, bisa jadi Instagram kamu tiba-tiba keluar sendiri saat digunakan penyebabnya adalah memori yang penuh.

Jika ini yang terjadi, maka kamu perlu segera menghapus data-data yang tidak terpakai. Kamu bisa memeriksa apakah ada foto-foto atau video yang berukuran besar dan sekiranya tidak lagi dibutuhkan.

Membersihkan memori HP juga bisa dilakukan dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah jarang sekali dipakai, atau aplikasi yang sekiranya tidak lagi dibutuhkan.

Selain itu, coba kosongkan juga RAM di HP kamu. Setidaknya kamu membutuhkan RAM kosong sebesar 110 MB hingga 300 MB agar Instagram dan aplikasi lainnya bisa berjalan dengan lancar.

Instagram yang Digunakan Belum Diperbarui

Kenapa IG keluar sendiri

Instagram merupakan salah satu aplikasi yang rutin memberikan update terbaru untuk meningkatkan performa yang dirasakan penggunanya.

Jika kamu masih menggunakan IG versi lama, maka bisa jadi ada beberapa fitur yang belum dapat kamu rasakan dan masih ada beberapa bug yang terdapat di versi yang kamu pakai. Bug tersebut bisa jadi penyebab kenapa Instagram keluar sendiri.

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan update aplikasi Instagram tersebut ke versi terbaru. Bagi pengguna android, bisa memperbarui aplikasi ini lewat Google Playstore. Sedangkan pengguna iPhone, dapat melakukan update melalui Apps Store.

HP Perlu Direstart

Kenapa IG keluar sendiri

Kasus Instagram yang keluar dengan sendirinya bisa jadi dikarenakan ada suatu error atau masalah kecil yang dialami oleh HP kamu. Kemungkinan karena HP sedang terlalu banyak membuka lebih dari satu aplikasi sekaligus.

Kamu bisa menutup aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan, kemudian cobalah lakukan restart pada HP tersebut. Ketika handphone sudah direstart, cobalah membuka dan menjalankan Instagram lagi. Seharusnya masalah selesai dan Instagram tidak keluar sendiri.

Sebelum melakukan restart, coba tutup paksa aplikasi Instagram yang sedang kamu gunakan dengan mengikuti langkah berikut:

1 Masuk ke menu Setting pada HP kamu.

2 Pilih menu Application Manager.

3 Kemudian carilah aplikasi Instagram.

4 Klik pada aplikasi Instagram tersebut, kemudian pilih Force Stop.

Nah, jika sudah menutup paksa Instagram, sekarang kamu bisa melakukan restart pada HP.

Bersihkan Cache

Kenapa IG keluar sendiri

Cache yang dibiarkan menumpuk juga bisa menjadi salah satu faktor Instagram tidak bekerja dengan baik, dan membuatmu bertanya-tanya kenapa Instagram keluar sendiri. Oleh karenanya, penting untuk terus memantau ukuran cache pada HP kamu.

Jika cache tersebut sudah terlihat menumpuk dan berukuran hingga ratusan MB, berarti sudah saatnya kamu mulai menghapus cache tersebut.

Proses membersihkan cache bisa dilakukan dengan membuka menu Setting atau Pengaturan pada ponsel kamu. Setelah itu, pilih menu Storage atau Internal Storage.

Cari opsi Cache Data, kemudian klik pilihan Delete Cache untuk mulai membersihkannya.

Kenapa IG keluar sendiri, Lakukan Pembaruan pada OS

Apakah OS dari smartphone kamu belum diperbarui dan masih menggunakan versi lama? Jika iya, bisa jadi hal ini menjadi penyebab Instagram kamu kerap keluar sendiri saat digunakan.

Karena itu, cobalah mengecek apakah ada pembaruan OS yang diberikan oleh developer resmi dari HP yang kamu pakai sekarang. Untuk mengecek dan melakukan pembaruan pada OS, bisa dilakukan dengan cara berikut:

1 Masuk ke menu Setting atau Pengaturan

2 Scroll dan carilah menu About Phone.

3 Selanjutnya, cari pilihan System Update dan lihat apakah ada pembaruan yang tersedia.

Hapus Data dari Aplikasi Instagram

Ini merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan agar aplikasi Instagram kamu dapat berjalan dengan normal lagi. Karena kemungkinan data pada aplikasi Instagram kamu sudah menumpuk terlalu banyak.

Jika kamu sering menggunakan Instagram, lama kelamaan aplikasi tersebut memang akan menyimpan berbagai data.

Sebelum membersihkan data Instagram, ada baiknya kamu sudah memastikan untuk mengingat username dan password akunmu. Karena menghapus data Instagram akan menyebabkan kamu otomatis log out dari aplikasi itu.

Untuk mulai menghapus data IG, berikut ini caranya:

  1. Pergi ke menu Setting yang ada di HP kamu.
  2. Cari opsi menu Application Manager
  3. Carilah aplikasi Instagram, lalu klik.
  4. Lihatlah letak tombol Clear Data atau Hapus Data, jika sudah ketemu silahkan klik tombol itu.

 

Kenapa IG keluar sendiri, Install Ulang Instagram

Jika sudah melakukan hapus data dan cache, memperbarui versi Instagram, dan melakukan update pada OS namun IG masih saja kerap keluar sendiri, mungkin kamu bisa mencoba untuk install ulang Instagram.

Cara untuk melakukan install ulang pun cukup mudah. Berikut ini langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Masuk ke menu Setting.
  2. Pergi ke opsi menu Application Manager.
  3. Kemudian carilah Instagram, dan klik pada tombol uninstall.
  4. Sekarang pergilah ke Google Playstore dan install kembali aplikasi Instagram.

Demikianlah informasi terkait cara mengatasi kenapa IG keluar sendiri yang bisa kami berikan. Jika kamu sangat gemar menghabiskan waktu di Instagram, tentunya akan terganggu sekali apabila aplikasi itu kerap menutup dengan sendirinya.

Karena itu, cara-cara yang sudah dijelaskan di atas bisa kamu coba untuk mengatasi Instagram yang sering keluar sendiri. Semoga dengan mencoba cara tersebut, Instagram kamu sudah bisa normal kembali dan kamu bisa nyaman menggunakannya.

Baca Juga : Filter Instagram Yang Bagus

5/5 - (3521 votes)

Leave a Comment