Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad 10.4, Wajib Diketahui Sebelum Beli

Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad 10.4, Wajib Diketahui Sebelum Beli – Pada kesempatan kali ini Metroandalas akan membagikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Huawei MatePad 10.4 untuk kalian semua. Tablet keluaran Huawei ini rilis di Indonesia hanya beberapa bulan dari saudaranya Huawei MatePad Pro tepatnya pada bulan Juli 2020. Bagi yang penasaran dengan Huawei MatePad 10.4 kita akan kulik sedikit seperti apa sih spesifikasi dari tablet keluaran Huawei yang satu ini.

Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad 10.4, Wajib Diketahui Sebelum Beli

Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad 10.4

Spesifikasi Huawei MatePad 10.4

Tablet Huawei MatePad 10.4 ini dilengkapi dengan sistem operasi Android 10 dan menawarkan ukuran layar 10.4 inci yang memiliki aspect ratio 5:3 dengan 2000:1200 pixel dengan jenis layar IPS LCD Capacitive Touchscreen yang dapat menampilkan 16 juta warna. Selain itu Huawei MatePad 10.4 memiliki Chipset Hisilicon Kirin 990 (7 nm) dan RAM sebesar 4 GB serta kapasitas ROM sebesar 64 GB. Pada bagian belakang tablet ini memiliki kamera 8 MP yang dilengkapi dengan fitur LED flash, HDR dan Panorama. Pada bagian depan pun juga diberikan kamera 8 MP. Selain itu, Huawei MatePad 10.4 ini juga memiliki kapasitas baterai yang sama besarnya dengan Huawei MatePad Pro, yakni Li-Po 7250 mAh. 

Harga Huawei MatePad 10.4

Pada sejumlah marketplace di Indonesia tablet Huawei MatePad 10.4 dibandrol dengan kisaran harga Rp. 4 jutaan (Oktober 2021). Apakah dengan harga Rp. 4 jutaan tablet ini worth it untuk kalian beli? Kalau begitu mari kita lihat kelebihan dan kekurangan Huawei MatePad 10.4 yang selanjutnya dapat kalian pertimbangkan untuk dibeli.

Kelebihan Tablet Huawei MatePad 10.4

Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad 10.4

Apa sajakah kelebihan yang ditawarkan tablet keluaran Huawei ini? Berikut informasi lengkapnya.

  1. Daya Tahan Baterai

Kelebihan pertama dari Huawei MatePad 10.4 ini adalah kapasitas baterai yang terbilang besar. Menurut klaim dari Huawei, tablet Huawei MatePad 10.4 ini memiliki baterai dengan daya tahan yang dapat mendukung untuk menonton video selama 12 jam atau bermain game 3 dimensi selama 7 jam dalam sekali pengisian daya penuh.

Tetapi sangat disayangkan butuh setidaknya 3 jam 40 menit bagi tablet ini untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh. Hal ini dikarenakan dalam paket penjualannya hanya disertakan charger 10 W saja, yang padahal Huawei MatePad 10.4 terbilang support untuk melakukan fast charging dengan charger 18 W.

  1. Speaker Keras dan jernih

Sama seperti Huawei MatePad Pro, tablet Huawei MatePad 10.4 ini juga disertai dengan speaker dari Harman Kardon yang tidak diragukan lagi kualitasnya. Dengan adanya quad-speaker dan sistem suara quad-channel membuat tablet ini mampu menghasilkan suara yang keras nan jernih. Selain itu, tablet Huawei MatePad 10.4 juga dilengkapi dengan 4 buah mikrofon yang dengan canggih dapat mendeteksi suara kalian dengan fitur pengurangan kebisingan.

  1. Tampilan Layar Kelas Atas

Huawei MatePad 10.4 ini memiliki kualitas tampilan yang terbilang sangat baik di kelasnya. Tablet yang satu ini dilengkapi dengan layar IPS 2K 10 inci yang memiliki reproduksi warna yang lebih baik dari layar OLED yakni, mencapai sekitar 16 juta warna dengan kecerahan maksimum 470 nit. Selain itu, layar tablet Huawei MatePad 10.4 juga sudah memiliki sertifikat TÜV Rheinland Low Blue Light, karena layar tablet ini memiliki tampilan yang mengurangi cahaya biru yang berbahaya bagi kesehatan mata. Dengn kata lain, layar Huawei MatePad 10.4 memiliki tampilan yang dapat memberikan kenyamanan saat digunakan untuk membaca dalam waktu yang lama dan baik untuk kesehatan mata.

  1. Desain Stylish Serta Ergonomis

Tablet Huawei MatePad 10.4 ini dikatakan stylish dan juga ergonomis karena tablet ini didesain dengan tekstur matte yang memberi kesan professional dan tidak membentuk bekas sidik jari ketika disentuh serta sangat membantu telapak tangan untuk memegang lebih erat. Selain itu, tablet Huawei MatePad 10.4 ini juga memiliki bobot yang tidak terlalu berat yakni, 450 gram.

  1. Kemudahan Dalam Multitasking

Huawei MatePad 10.4 menawarkan sebuah fitur menarik yang sangat membantu dalam melakukan beberapa tugas sekaligus, yakni sebuah fitur Multi – Window. Fitur ini memungkinkan kalian untuk dapat melakukan beberapa kegiatan sekaligus secara efisien, terutama saat melakukan kegiatan belajar dan juga kerja yang dapat memudahkan kalian untuk beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan mudah.

  1. Hardware Gahar

Dari segi perangkat keras, Huawei MatePad 10.4 terbilang cukup unggul dibanding dengan para competitor lain di kelasnya. Tablet ini dilengkapi dengan chipset Hisilicon Kirin 810 dengan pabrikasi 7 nm yang mampu memacu hingga kecepatan 2.27 GHz. Selain itu, Huawei MatePad 10.4 ini juga dibekali dengan RAM 4 GB serta ROM 64 GB. Yang pastinya tablet yang satu ini dapat kalian andalkan dengan baik untuk berbagai kegiatan sehari – hari hingga bermain sejumlah game yang terbilang berat tanpa khawatir terjadi kendala yang dapat mengganggu aktivitas kalian.

Kekurangan Tablet Huawei MatePad 10.4

Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad 10.4

Disamping sejumlah keunggulan yang ditawarkan Huawei MatePad 10.4 apakah ada kekurangan produk Huawei yang satu ini? Berikut hasil yang kami dapat mengenai kekurangan Huawei MatePad 10.4 yang dapat kalian gunakan untuk memperhitungkan apakah tablet yang satu ini cocok untuk kalian beli.

  1. Charger Kurang Mendukung

Bukan berarti Huawei MatePad 10.4 ini tidak mampu melakukan pengisian cepat (fast charging), namun tablet ini hanya disertai dengan pengisi daya 10 W. Dengan kata lain, kalian harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli sebuah pengisi daya yang support untuk melakukan fast charging  pada tablet Huawei MatePad 10.4. Dengan charger bawaan 10 W kalian harus menunggu hingga 4 jam untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh. Hal ini sangat disayangkan karena seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa Huawei MatePad 10.4 ini sebetulnya support  untuk melakukan pengisian cepat 18 W, namun paket penjualannya di Indonesia hanya disertai dengan pengisi daya 10 W.

  1. Memiliki Layanan Google

Alih – alih ingin menggunakan chipset Kirin 810 yang lebih bertenaga justru malah mendapatkan dampak yang terbilang buruk dan cukup fatal yakni, tidak mendukung layanan Google. Selain itu tablet ini juga dinilai kurang adanya dukungan Digital Right Management yang layak, hal ini bisa kalian rasakan saat menoton Netflix yang saat videonya dijalankan bisa saja stuck pada kalitas SD

  1. Ketiadaan Jack Audio

Yang satu ini terbilang fatal, dengan ketiadaannya jack audio dapat membuat pengguna yang belum dapat terbiasa dengan audio wireless kecewa dan bahkan menjauh dari produk yang satu ini.

Setelah membahas kelebihan dan kekurangan Huawei MatePad 10.4 ini, kami akan memberikan keimpulan bahwa dengan segala hardware pada Huawei MatePad 10.4 menjadikannya sebuah tablet Android yang patut diperhitungkan di kelasnya. Tidak hanya performa yan menjadi unggulan dari tablet ini, tetapi juga harga yang terbilang cukup murah untuk ukuran tablet Android segahar ini. Tetapi, dengan ketiadaannya layanan google hingga tidak adanya jack audio membuat tablet ini terasa tidak cukup untuk memuaskan sebagian pengguna.

Itulah kelebihan dan kekurangan Huawei MatePad Pro yang dapak kalian jadikan tolak ukur apakah tablet satu ini cukup pantas untuk kalian beli dengan harga Rp 4 jutaan. Sampai jumpa kembali dengan informasi menarik lainnya di metroandalas.

Baca Juga : Ketahui Perbedaan iPad 2020 dan iPad 2021

5/5 - (389 votes)

Leave a Comment