Nasional

Kasus Dugaan Korupsi Taspen Bakal Dibawa KPK ke Tahap Penyidikan

Gragehotels.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menghadirkan perkara dugaan korupsi di tempat PT Tabungan dan juga Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) ke proses penyidikan.

Hal itu dijalankan menyusul proses penyelidikannya yang mana hampir rampung.

Baca Juga:

Titiek Soeharto Bakal Gigit Jari? Prabowo Ternyata Punya Nama Lain untuk Jadi Ibu Negara

Momen Anies Baswedan Terlihat Gelagapan Gegara Cak Imin Ucap Tiga Kata Ini

Potret Keluarga Dokter Gunawan, Dokter Kopassus yang dimaksud Kena Tegur Mayor Teddy

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri menyebut, surat perintah dimulainya penyelidikan (sprindik) masih berproses atau belum diterbitkan.

“Masih pada proses menyelesaikan administrasinya lalu belum dapat kami sampaikan,” kata Ali diambil Suara.com, Rabu (21/2/2024).

“Kenapa? Karena ini nanti menyebabkan persepsi, sebab penyidikan butuh waktu proses administrasinya dengan benar, dengan tepat. Baru kemudian setelahnya prosesnya telah selesai, semua kami akan mengumumkan secara resmi untuk masyarakat,” sambungnya.

Ali belum dapat memverifikasi waktu yang mana dibutuhkan untuk merampungkan proses administrasi sprindik, namun disebutnya dipengaruhi jumlah agregat tersangkanya.

“Tergantung, beda-beda, perkara per kasus-kasusnya. Kalau kemudian tadi tersangkanya lebih besar dari satu, kalau tersangkanya satu kemungkinan besar bisa saja cepat , kalau tersangkanya lebih lanjut dari satu puluh butuh banyak,” kata Ali.

Dugaan korupsi di area Taspen diketahui, setelahnya penyelidik KPK pernah memanggil Rina Lauwy, mantan istri Direktur Utama PT Taspen Antonius Nicholas Stephanus Kosasih pada 1 September 2023.

Rina mengaku menjalani pemeriksaan untuk tindakan hukum dugaan korupsi di tempat Taspen pada periode 2018-2020. Disebutnya di rentang waktu itu, mantan suaminya, Antonius telah menjadi direktur utama PT Taspen.

Rina juga dikonfirmasi persoalan penerimaan uang dari mantan suaminya. Namun, ia mengaku, menolak pemberian tersebut.

Related Articles

Back to top button